Kapan era cloud computing di Indonesia

Judul ini pernah dikupas di detik(dot)com beberapa waktu lalu. Kala itu sedang ada acara NetApp Solution Daya 2010 yang diselenggarakan di Ritz Carlton, Jakarta, dengan pembicara dari vendor2 komputer terkenal didunia. Cloud computing memang masih baru untuk kita kenal di Indonesia ini, akan tetapi teknologi ini akan memaksa kita untuk menggunakannya pada suatu saat nanti, dan pasti. kenapa saya mengatakan “pasti”, karena teknologi ini sepertinya akan menjadi solusi bagi kita pengguna / penyedia jasa informasi. Semakin banyak informasi ditampilkan, dan semakin banyak masyarakat menyerap informasi kita maka kecepatan mendapatkan informasi akan menjadi kunci suksesnya jasa informasi ini. Pengalaman saya, beberapa waktu lalu sewaktu saya menginstruksikan mahasiswa saya untuk mengakses situs elearning pada satu waktu yang sama dengan jumlah mahasiswa yang hampir mencapai 300 orang, apa yang terjadi? servernya menjadi lambat. Hal ini juga pernah terjadi pada disuatu negara yang menyelenggarakan pemilihan umum. Panita penyelenggaran menggunakan web untuk menghitung cepat (quick count) dan apa yang terjadi pada saat update data bersamaan ? … ya..web server crash. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan  cloud computing/ komputasi awan.

Cloud Computing merupakan teknologi komputasi yang digabung dengan teknologi internet. “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.”  (Carl Hewitt,)

Bagaimana dengan implementasi komputasi awan di Indonesia? Indonesia, negara tercinta ini sangat memungkinkan untuk menerapkan teknologi komputasi awan dengan syarat infrastruktur jaringan internet kita mempunyai pita yang sangat lebar. Masih kita maklumi bahwa biaya untuk akses internet di Indonesia masih dikatagorikan cukup mahal dan belum terlalu cepat. Pembangunan infrastruktur masih terus dilakukan, kita bisa berharap bahwa beberapa tahun kedepan kita akan bersama-sama menikmati layanan akses internet cepat. Dengan modal kecepatan ini sangat memungkinkan teknologi komputasi awan dapat dirasakan oleh masyarakat di Indonesia dalam 5 -7 tahun ke depan, semoga.

Akbar

Bacaan lain yang berelasi :

http://www.techno-pulse.com/2009/12/cloud-computing-service-basic.html

http://www.computer.org/portal/web/csdl/doi/10.1109/MIC.2008.107

http://www.komputasiawan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*