Mencoba cloud-nya google

Sudah beberapa waktu lalu saya mencoba berkomputasi-awan dengan menggunakan google. Dan ternyata google menyediakan “awan” gratis yang cukup membantu. Dengan google kita bisa bekerja mengolah kata, mengolah data, membuat presentasi secara online dan tanpa perlu meng-install software apapun untuk menggunakannya. Alamatnya juga sangat mudah untuk dikunjungi, kita cukup tulis alamat http://google.com pada browser dan kita bisa langsung menggunakannya. Ini sedikit tutorialnya :

1. Pilih sub menu “selengkapnya” pada menu atas di google.com

google1

Pada submenu tersebut, pilihlah “documents”, dari submenu “documents” tersebut akan menampilkan halaman baru, yaitu google docs.

2. dari Halaman “Google Docs” ini maka kita bisa mulai bekerja, mau menulis, menggambar, membuat presentasi dan lain-lain.

google 2Kita bisa menyimpan hasil kerja kita di google, bukan di hardisk, flashdisk kita. Dengan menyimpan dokumen di google, artinya kita menyimpan dokumen kerja di “awan” google. dan kita bisa membuka kembali dengan cara mengunjugi kembali alamat google dengan akun yang kita miliki. Jadi kita dapat mengakses dokumen kita dimana saja, kapan saja, dengan komputer apa saja asalkan terhubung dengan internet.

3. Memulai menulis. sebelum memulai menulis alangkah baiknya kita masuk ke akun google kita dulu (bisa menggunakan akun gmail). Dengan melakukan proses tersebut kita bisa menyimpan dokumen yang kita buat.

Setalah melakukan proses masuk ke dalam akun, maka kita telah bisa memulai membuat dokumen

dok1Lihat tampilan penyunting naskah ini ! mirip dengan “Microsoft Word” kan? Kita bisa menulis apa saja dan simpanlah di “awan”.

4. Melihat file yang tersimpan. Cara melihat file yang tersimpan cukup meng-klik Header dengan tulisan Google Docs dikiri atas.

dok3Lihatlah dokumen kita tersusun dengan rapi.

Selamat Mencoba

Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*