Wimax untuk Palembang, kapan?

WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul. (Wiki)

Sepertinya mimpi kita (khusus warga Palembang) untuk mendapatkan layanan data / internet yang cepat akan segera terwujud. Pasalnya Operator Wimax untuk di Indonesia telah dibagi dan telah resmi dimenangkan oleh beberapa operator.  Untuk wilayah Sumatra Selatan PT. Berca yang akan menjadi operatornya dengan mengusung produk WIGO.

bercaIni merupakan mimpi yang menjadi kenyataan, mengingat beberapa tahun lalu UBD dengan Deden Witarsyah mengenalkan WIMAX di Palembang. Pada saat itu Wimax masih sebatas wacana. Dan dari informasi yang saya dapatkan bahwa pada saat ini (Nov 2010), Wimax telah diuji coba di 2 kota di Indonisia oleh PT Berca, yaitu Medan dan Balikpapan (http://wigo.co.id/). Pertanyaanya adalah Palembang kapan?? Untuk menjawab ini saya coba kirim email ke seorang teman yang bekerja di PT. Berca dan jawabannya……awal tahun 2011.

* WiGO Wimax menggunakan teknologi 802.16-2004 juga dikenal sebagai Wimax 802.16d dengan pita frekuensi 2,3 GHz (kebijakan Pemerintah Indonesia makanya Wimax Indonesia dengan pita frekuensi yang unik sendirian di 2,3 Ghz padahal yang umum digunakan di dunia ialah pita frekuensi 2,5 Ghz). Wimax 802.16d berarti Wimax ini tidak mendukung mobilitas alias Fixed Wimax tapi kalo misalnya operator yang udah ada serta regulasi memperbolehkan Wimax sebetulnya bisa namanya Mobile Broadband karena teknologi Wimax 802.16e atau yang lebih baru sudah memungkinkan hal tersebut.
* Berikut ini perbandingannya:
*** Wimax 802.16d: Jangkauan 8 Km, maximal speed 75 Mbps (20 MHz band), Fixed.
*** Wimax 802.16e: Jangkauan 5 Km, maximal speed 30 Mbps (10 MHz band), Portable/Mobile. Jika dengan radio “MIMO-SOFDMA” maka maximal speed bisa sampai download 144 Mbps dan upload 35 Mbps (wigo.co.id)

Jadi mudah-mudahan awal tahun depan (2011) kota Palembang akan mendapatkan layanan internet cepat dan murah(mungkin) dengan WIGO… Semoga

Akbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*