Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Hanya Alloh yang kuasa menciptakan alam semesta berikut segala isinya. Hanya Alloh yang kuasa mencukupi rezeki seluruh makhluk yang di dalamnya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, semoga Alloh Swt. menggolongkan kita sebagai pecinta ilmu, pengamal ilmu dan pendakwah ilmu. Karena ilmu adalah salah satu karunia Alloh yang bisa membuat kita mendapatkan apa yang terbaik bagi dunia kita, bagi akhirat kita, maupun bagi keduanya.

Hukum mencari ilmu dalam Islam adalah wajib. Rasulullah Saw. bersabda, “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (HR. Ibnu Abdil Barr)

Ilmu adalah pemandu amal. Orang yang kurang ilmu, akan kurang amalnya. Padahal yang akan kita bawa sebagai bekal ketika kita meninggal dunia nanti adalah amal sholeh kita. Dengan kata lain, orang yang kurang ilmu itu bakal kurang amalnya dan otomatis bakal kurang juga perbekalannya untuk pulang ke akhirat nanti.

Ilmu juga adalah pupuk iman. Makanya, orang-orang yang kurang iman, akan kurang pula bahagianya. Karena kebahagiaan itu tergantung tingkat keimanan kepada Alloh, dan pupuknya adalah ilmu.

Ternyata orang yang dikehendaki kebaikan oleh Alloh itu bukan orang yang diberi duniawi, bukan diberi harta berlimpah, bukan diberi jabatan mentereng, bukan diberi penampilan yang indah, melainkan orang yang diberi pemahaman ilmu dalam agama. Sebagaimana sabda Rosululloh Saw., “Barangsiapa yang dikehendaki oleh Alloh kebaikan baginya, maka Dia akan menjadikanya mengerti tentang (urusan) agama.” (HR. Bukhori, Muslim, Ahmad, Ibnu Abdil Barr)

Kemudian, ilmu apa yang paling mendasar yang menjadi pangkal bagi ilmu-ilmu yang lainnya? Itu adalah ilmu mengenal Alloh Swt. Jadi, kalau kita belajar ilmu apapun namun tidak belajar ilmu cara mengenal Alloh, maka kita tidak akan pernah mengerti hakikat dari ilmu-ilmu yang kita pelajari. Kita pun tidak akan pernah mengerti hakikat hidup ini dan tidak akan mampu menjalani hidup ini dengan benar.

Orang yang tidak mengenal Alloh, maka dia tidak akan mengenal siapa Penciptanya. Sekalipun ilmu yang dia geluti sudah demikian besar meliputi keajaiban-keajaiban dasar samudra hingga luar angkasa, jika ia tidak belajar ilmu mengenal Alloh, maka semua pengetahuannya itu tidak akan menyampaikannya kepada kebahagiaan sejati. Sedangkan bagi orang yang belajar ilmu mengenal Alloh, maka setiap cabang ilmu yang ia pelajari akan memperkuat keimanannya kepada Alloh Swt.

Maasyaa Alloh. Maka saudaraku, marilah kita semakin bermujahadah menggiatkan diri dalam menuntut ilmu. Mari pelajari ilmu mengenal Alloh dan cabang ilmu lain yang kita minati dengan tujuan semakin memperkuat keimanan kita kepada Alloh Swt. Semoga dengan demikian Alloh ridho kepada kita dan kita dapat meraih kehidupan bahagia di dunia dan akhirat. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta

Aplikasi internet berbasis web merupakan salah satu penerapan dari aplikasi multitier.
Multi tier application adalah aplikasi yang dibagi menjadi beberapa bagian yang menjalankan fungsi masing-masing.

multitier

Secara umum, ada tiga bagian utama dari multi tier application:
* Client side presentation
* Server side business logic
* Backend storage

Client Side Presentation
Client side presentation mengatur bagaimana aplikasi berinteraksi dengan user.
Yang dimaksud dengan interaksi antara lain adalah:
bagaimana data ditampilkan dan bagaimana fungsi serta fitur aplikasi ditampilkan.
Dalam aplikasi berbasis web, client side presentation dibuat dengan bahasa HTML, CSS, dan JavaScript.
Beberapa tool yang digunakan untuk membuat client side presentation diantaranya Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver, dan sebagainya.

Server Side Business Logic
Server side business logic, sering disebut juga middle tier, adalah bagian yang bertanggung jawab atas cara kerja aplikasi.
Di dalamnya kita mengatur bagaimana fungsi dan fitur aplikasi dapat bekerja dengan baik.
Dalam aplikasi berbasis web, ada beberapa alternatif yang dapat digunakan, ditentukan oleh jenis platform yang digunakan.

Back End Storage
Bagian ini mengatur cara penyimpanan data. Penyimpanan data merupakan materi yang cukup kompleks dalam pembangunan aplikasi.
Karena kecepatan, keutuhan, dan keamanan data merupakan faktor kritis dalam aplikasi. Ada banyak solusi database yang tersedia di pasaran.
Pada umumnya, database yang digunakan bertipe relasional (Relational Database Management System – RDBMS). Manajemen data dilakukan dengan
bahasa SQL (Standard Query Language).

Archives
Kalender
July 2017
M T W T F S S
« Sep    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31