Archive for the ‘Ilmu Komputer’ Category

Perkerjaan yang berkaitan dengan data mining dapat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu model prediksi (predictinon modelling), analisis kelompok (cluster analysis), analisis asosiasi (association analysis), dan deteksi anomali (anomaly detection).

Model Prediksi

Model prediksi berkaitan dengan pembuatan sebuah model yang dapat melakukan pemetaan dari setiap himpunan variabel ke setiap targetnya, kemudian menggunakan model tersebut untuk memberikan nilai target pada himpunan baru yang didapat. Ada dua jenis model prediksi, yaitu klasifikasi dan regresi. Klasifikasi digunakan untuk variabel target diskret, sedangkan regresi untuk variabel target kontinu.

Misalnya, pekerjaan untuk melakukan deteksi jenis penyakit pasien berdasarkan sejumlah nilai parameter penyakit yang diderita masuk dalam jenis klasifikasi karena disini target yang diharapkan adalah diskret, hanya beberapa jenis kemungkinan nilai target yang didapatkan, tidak ada nilai deret waktu (time series) yang harus didapatkan untuk mendapat target nilai akhir. Sementara, pekerjaan prediksi jumlah penjualan yang didapatkan pada tiga bulan ke depan termasuk regresi karena untuk mendapatkan nilai penjualan bulan ketiga nilai penjulan bulan kedua harus didapatkan dan untuk mendapatkan nilai penjualan bulan kedua, nilai penjualan bulan pertama harus didapatkan. Disini ada nilai deret waktu yang harus dihitung untuk sampai pada target akhir yang diinginkan, ada nilai kontinu yang harus dihitung untuk mendapatkan nilai target akhir yang diinginkan. Read the rest of this entry »

Keamanan Basisdata

Keamanan merupakan suatu proteksi terhadap pengrusakan data dan pemakaian data oleh pemakai yang tidak punya kewenangan.

Penyalahgunaan Database :

  1. Tidak disengaja, jenisnya :
  1. kerusakan selama proses transaksi
  2. anomali yang disebabkan oleh akses database yang konkuren
  3. anomali yang disebabkan oleh pendistribuasian data pada beberapa komputer
  4. logika error yang mengancam kemampuan transaksi untuk mempertahankan konsistensi database.
  • Disengaja, jenisnya :
    1. Pengambilan data / pembacaan data oleh pihak yang tidak berwenang.
    2. Pengubahan data oleh pihak yang tidak berwenang.
    3. Penghapusan data oleh pihak yang tidak berwenang. Read the rest of this entry »
    Archives
    Kalender
    April 2019
    M T W T F S S
    « Sep    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930