Expressi ( <%= %>) JSP

Expresi menyediakan cara untuk memasukkan nilai Java secara langsung kedalam output. Hal ini memilki form seperti berikut ini:

<%=Java Expression %>

Sebenarnya hal ini dapat menggunakan out.println().  Catatan bahwa tanda ( ; ) tidak ditampilkan pada akhir kode didalam tag.

Expressi java yang laindisimpan diantara <%= dan %> yang dievaluasi pada saat run-time, yang dikonversi kedalam string, dan dimasukkan kedalam page. Expressi selalu mengirim string text ke client, tetapi object yang dihasilkan sebagai hasil dari expressi yang tidak memerlukan nilai instan object sebagai string. Semua yang bukan object string secara instan dikonversi melalui method toString(). Jika hasilnya primitive, kemudian string primitive akan ditampilkan.

Hal tersebut akan dijelaskan terlebih dulu bahwa pada saat run-time(ketika ada request page), hal ini akan memberikan expressi akses penuh untuk informasi tentang request. Sebuah nomer dari variabel yang telah dikenali sebenarnya telah tersedia untuk author JSP untuk expressi yang mudah. Variableyang telah dikenali ini disebut implicit objects dan berikut ini akan kita bahas secara detail. Untuk tujuan dari expression, yang terpenting adalah:

o  request, HttpServletRequest;
o  response, HttpServletResponse;
o  session, HttpSessionassociated dengan request (jika ada); dan
o  out, PrintWriter(versi buffered dari tipe JspWriter) digunakan untuk mengirim output ke client.

Sebagai contohnya, untuk mencetak hostname, Anda hanya butuh untuk memasukkan expressi jsp dibawah ini:

Hostname: <%= request.getRemoteHost() %>

Akhirnya, syntax XML-compatible syntax untuk <%=Java Expression %>  adalah:

<jsp:expression> 
Java Expression 
</jsp:expression>