Uhang Dihi
Anak Rantau

APLIKASI PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN SMA YAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) PALEMBANG

Abstrak : Aplikasi Pengolahan Data Perpustakaan Pada SMA Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA)  Palembang selama ini belum menggunakan sistem komputerisasi dengan kata lain masih manual, sehingga kurang efesien dan efektifnya kerja dalam hal melayani peminjaman dan pengembalian buku serta informasi mengenai data buku yang tersedia, buku yang dipinjam dan buku yang dikembalikan dinilai masih kurang baik atau sering terjadinya kesalahan. Hal  tersebut jelas menghambat pekerjaan, khusunya pada bagian pegawai yang mendata buku diperpustakaan SMA YWKA Palembang. Oleh karna itu perlu dirancang dan dibuat suatu program aplikasi pengolahan data perpustakaan untuk mempermudah dalam memperoleh informasi buku, peminjaman dan pengembalian buku, pada Perpustakaan SMA YWKA Palembang sehingga menjadi lebih efektif dan efesien guna meningkatkan kinerja Perpustakaan SMA YWKA Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat program aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan diharapkan dapat membantu kinerja pegawai terutama pada pendataan buku dan pembuatan laporan pada Perpustakaan SMA YWKA Palembang.

Kata Kunci : Analisis, Aplikasi, Pengolahan Data Perpustakaan, Microsft Visual Basic 6.0.

PENDAHULUAN

Perpustakaan merupakan salah satu bagian dari kegiatan penyelangaraan pendidikan. Keberadaan perpustakaan sangat penting dan strategis dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Oleh karena itu, sebagai lembaga pelayanan siswa-siswi, perpustakaan perlu lebih aktif mengikuti perkembangan informasi. Sebagai sarana pendidikan dan sarana belajar bagi siswa, perpustakaan juga dituntut untuk dapat membimbing pengguna agar mandiri  dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Perpustakaan SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang pada saat ini memiliki 1350 buku, terdiri dari buku pelajaran, buku novel, buku pengetahuan umum, buku resep dan masih banyak buku lain. Apabila siswa ingin meminjam buku di perpustakaan SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang siswa harus mendaftarkan diri untuk menjadi anggota perpustakaan. Dengan ketentuan anggota dapat meminjam buku di perpustakaan sebanyak 3 buku, dengan waktu pengembalian buku selama 3 hari. Apabila anggota telat mengembalikan buku pada tanggal yang ditentukan maka anggota akan dikenakan denda Rp 1000,-/hari.

SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang adalah sekolah yang memiliki fasilitas sekolah yang memadai, baik pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar maupun perpustakaan yang mendukung niat baca siswa. Perpustakaan SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang pada saat ini pengelolahan data perpustakaan masih dilakukan secara manual seperti data anggota, transaksi pinjam dan pengembalian buku masih dilakukan dengan cara mencatat dibuku besar, inventaris buku yang masih menggunakan buku besar, dan pembuatan laporan perpustakaan masih dilakukan secara manual.

Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan pada perpustakaan saat ini, permasalahan yang dihadapi adalah masih adanya kesalahan pengolahan data perpustakaan. Misalnya mengetahui keberadaan status buku, lambatnya waktu untuk membuat laporan karena banyaknya data yang akan diolah seperti laporan data anggota, data pinjaman dan data pengembalian buku. Karena banyaknya data yang akan diolah dalam perpustakaan maka pegawai kesulitan dalam menyimpan data dan membuat laporan. Akan tetapi jika dilakukan menggunakan  sistem komputerisasi proses pengolahan data akan lebih efektif dan efesien. Dengan memanfaatkan aplikasi khususnya dalam pengelolahan data pada perpustakaan menggunakan aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 penulis dapat mengatasi kendala yang timbul pada pengolahan data perpustakaan SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang.

Dari uraian latar belakang diatas dapat disimpulkan pada perpustakaan SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang masih terdapat banyak pengolahan data yang dilakukan secara manual. Seperti data anggota dilakukan secara manual dengan menggunakan kartu anggota berupa lembaran kertas. Transaksi pinjam dan pengembalian buku masih dilakukan dengan cara mencatat dibuku besar, inventaris buku yang masih menggunakan buku besar. Dan pembuatan laporan perpustakaan masih dilakukan secara manual. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian, sehingga perlu dibuat suatu program pengelolahan data perpustakaan, maka penulisan tugas akhir dengan judul “Aplikasi Pengelolahan Data Pada Perpusatakaan SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang”.

Landasan Teori

1. Aplikasi

Menurut (Jogiyanto, 1999:13) Aplikasi adalah software program yang memiliki aktifitas pemprosesan perintah yang diperlukan untuk permintaan pengguna dengan tujuan tertentu dan membuhtuhkan keahlian tertentu dari pemakai, tanpa menguasai cara menggunakan program yang dibuat maka program yang ada tidak akan mempunyai fungsi apa – apa.

2. Data

Menurut (Longkutoy,1998:7)Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian dan kesatuan nyata yang terjadi pada saat tertentu. Sedangkan , menurut (Wahyono, 2004:2) Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka – angka, huruf – huruf atau simbol – simbol khusus.

3. Pengelolahan Data

Pengolahan data menurut Longkutoy (1998:4) adalah waktu yang digunakan untuk menggambarkan perubahan bentuk data menjadi informasi yang memiliki kegunaan, semakin banyak data dan kompeksnya aktifitas pengolahan data dalam suatu organisasi kecil, maka metode pengolahan data yang tepat sangat dibutuhkan.

4. Perpustakaan

Menurut (Soetimah 1992:32) Perpustakaan adalah sebuah koleksi buku atau majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan namun perpustakaan lebih umum dikenal sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi dan dimanfaat kan oleh masyrakat yang rata – rata tidak mampu mebeli sekian banyak buku atas biaya sendiri. Perpustakaan adalah insitusi pengelolah koleksi karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, informasi dan rekreasi pada pemustaka.

5. Microsoft Visual Basic 6.0

Menurut (Ario Surya Kusuma, 2010) Microsoft Visual Basic merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Intergrate Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman. Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.

6. UML (Unifled Modelling Language)

Menurut (Sitompul, 2007:5) UML itu singkatan dari Unifled Modelling Language. Sesuai dengan kata terakhir dari kepanjangan, UML itu adalah salah satu bentuk Language atau bahasa. Menurut pencetusnya, UML di definisikan sebagai bahasa visual untuk menjelaskan, memberi spesifikasi, merancang, membuat model, dan mendokumentasikan aspek-aspek dari sebuah system.

Karena tergolong bahasa visual, UML lebih mengedepankan penggunaan diagram untuk menggambarkan aspek dari sistem yang sedang dimodelkan. Memahami UML sebagai bahasa visual itu penting, karena penekanan tersebut membedakannya dengan bahasa pemograman yang lebih dekat kemesin. Bahasa visual lebih dekat ke mental model pikiran kita, sehingga pemodelan menggunakan bahasa visual bisa lebih mudah dan lebih cepat dipahami dibandingkan apabila dituliskan dalam sebuah bahasa pemograman.

Diagram-diagram dalam UML.

  1. Use Case Diagram

Use Case Diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Sebuah use case mereprentasikan sebuah interaksi antara actor dengan sistem.

  1. Class Diagram

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika di instansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class Diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class, package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti containment, pewarisan, asosiasi, dan lain-lain.

  1. Activity Diagram

Activity Diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir.

Hasil

Setelah menerapkan perancangan kedalam bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 didapatkan sebuah aplikasi pengolahan data perpustakaan pada SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang yang berguna untuk mengelolah data anggota, data buku, data peminjam, dan data pengembalian buku. Aplikasi pengolahan data perpustakaan ini merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengolah data mengenai data anggota, buku, peminjaman, dan pengembalian. Aplikasi ini akan memecahkan masalah yang terjadi pada proses pengolahan data  dan  laporan pada perpustakaan SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang.

Dengan aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 ini diupayakan dapat membantu dalam pemrosesan kinerja pegawai perpustakaan yang belum memanfaatkan teknologi komputer. Adapun file – file yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah  file anggota, file buku, file peminjaman, file pengembalian.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan pada bab-bab sebelumnya, maka kesimpulan yang diambil dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Adapun kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut :

  1. Sistem yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aplikasi pengolahan data perpustakaan pada SMA Yayasan Wanita Kereta Api Palembang menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
  2. Dengan adanya aplikasi pengolahan data perpustakaan  ini diharapkan dapat membantu dalam pengolahan data perpustakaan di SMA Yayasan Wanita Kereta Api (YWKA) Palembang.

Saran

Saran yang dapat diberikan dengan adanya penelitian yang telah dilakukan yaitu:

  1. Sebelum menggunakan sistem pengolahan data perpustakaan sebaiknya untuk diberikan pelatihan terlebih dahulu.
  2. Proses input data dikembangkan dengan menggunakan alat pembaca digital, sehingga dapat mempercepat proses.

DAFTAR RUJUKAN

Ario Surya Kusuma, 2010, Bahasa Pemrograman Microsft Visual Basic 6.0. Jakarta,PT. Elex Media Komputindo.

Jogiyanto, 1999, Pengenalan Komputer, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kriastanto, 2008,  Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta : Gava Media

Kusuma, Ario Surya, 2010, Perangkat Lunak Microsoft Visual Basic 6.0, Bandung:Gava Media

Longkutoy, Drs. Jhon J. Pengenalan Komputer, Bandung : Mutiara Sumber Widya

Noor,Slamet.B, 1990, Kamus Komputer, Jakarta : PT. Melton Putra.

Soetminah, 1995, Perpustakaan, kepustakaan, dan Perpustakaan, Yoyakarta : Kanisius.

Sitompul, 2007, Analisis dan Perancangan Sistem Dengan Metodelogi Berorientasi Objek : Mutiara Sumber Widya

One Response to “APLIKASI PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN SMA YAYASAN WANITA KERETA API (YWKA) PALEMBANG” »

  1. Sandra Ovia Says:

    Halo, aku Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, pinjaman untuk paket Natal, tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Leave a Comment