Uhang Dihi
Anak Rantau

Kunjungan Industri Pasca (Batam-Singapura-Malaysia)

Kunjungan Industri ke Batamindo Industrial Park Batam

Kegiatan kunjungan berangkat Hari Jum’at tanggal 30 Agustus 2013 menuju Batam menggunakan maskapai penerbangan Citylink dengan jadual keberangkatan pkl. 09.00 WIB dari bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang menuju bandara Hang Nadim Batam perjalan dilanjutkan menuju tempat kunjungan. Sebelum tiba ditempat kunjungan sholat Jum’at terlebih dahulu dan istirahat makan di Seputaran Mall Nagoya Batam.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dan tiba ditempat kunjungan Pkl. 14.00 WIB. Acara kunjungan tersebut adalah : Sambutan dan Pemaparan dari Batamaindo dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Pascasarjana Bpk M. Izman Herdiansyah, ST, MM,. P.hD. sebagai tamu. Didapat penjelasan tentang Batamindo diantaranya adalah : Batamindo merupakan kawasan industri pertama di Asia Pasifik yang menerima penghargaan ISO 9002 pada bulan Juli 1995. Batamindo telah menjalankan dan mengembangkan operasional manajemennya lebih peduli kepada kualitas pelayanan dan memberikan peningkatan layanan secara terus menerus kepada seluruh Investor didalam kawasan Industri ini. Pembangunan Kawasan Industri Batamindo (KIB) bermula dari perjanjian kerjasama ekonomi antara Pemerintah Indonesia dengan Singapura pada tahun 1989. Batamindo adalah perintis dan pemimpin dari kawasan industri dengan konsep terpadu, yaitu kombinasi penyediaan fasilitas gedung dan pelayanan jasa industri. Batamindo yang berada di lokasi strategis di kawasan berikat khusus antara Singapura dan Indonesia. Dengan luas 320 hektar, menjadikan KIB sebagai pusat MNCs (Multi-national Companies), OEMs (Original Equipment Manufacturers), ODMs (Original Design Manufacturers) serta beberapa industri pendukung lainnya.

Setelah kunjungan perjalanan menuju Johor Malaysia untuk melakukan studi banding keesokan dan hari berikutnya dengan tujuan ke Singapore, Kuala Lumpur, Genting, Putra Jaya. Dengan kunjungan dan studi banding tersebut diharapkan menjadi bahan dan nilai tambah pengetahuan yang dapat dijarikan refrensi dalam melaksanakan pengabdian di masyarakat serta dalam melaksanakan pekerjaan dimasing-masing instansi tempat mahasiswa bekerja.

Dosen Pendamping Kunjungan tersebut:

  1. Prof. Dr. H. Zainuddin Ismail, M.M (Wakil Rektor I UBD)
  2. M. Izman Herdiansyah,ST,MM.P.hD (Direktur Pascasajana)
  3. Dr. Dedi  Rianto Rahadi, M.M (Ketua Program Studi Magister Manajemen)
  4. A. Haidar Mirza, M.Kom (Ketua Program Studi Magister Teknik Informatika)
  5. A. Yani Ranius, S.Kom., M.M (Sekretaris pasca Sarjana UBD)

Peserta kegiatan ini terdiri dari mahasiswa program pascasarjana universitas Bina Darma Palembang yang terdiri dari program studi Magister Manajemen dan Magister Teknik Informatika.

Tanggal 2 September 2013 cek-out hotel dan pejalanan menuju Bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) untuk berangkat ke bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang

Leave a Comment