Uhang Dihi
Anak Rantau

PROFIL PROGRAM STUDI MANAJEMEN PERUSAHAAN FAKULTAS VOKASI UNIVERSITAS BINA DARMA

Sambutan

Program Studi Manajemen Perusahaan adalah program studi yang ada di Universitas Bina Darma. Program studi Manajemen Perusahaan sebelumnya bagian dari fakultas Ekonomi Diploma III Universitas Bina Darma, selanjutnya berubah beberapa kali menyesuaikan dengan perkembangan ilmu manajemen dan ketentuan penamaan program studi oleh DIKTI. Pada tahun 2014 dibentuklah Program Vokasi yang terdiri dari seluruh pragram studi jenjang studi Diploma III dari fakultas Ekonomi dan fakultas Ilmu Komputer yang ada di Universitas Bina Darma termasuklah program studi Manajemen Perusahaan. Menyikapi perkembangan pendidikan selanjutnya nama Program Vokasi diubah menjadi Fakultas Vokasi merupakan bagian fakultas yang ada di Universitas Bina Darma yang terdiri dari semua program studi Diploma III yang ada. Pada waktu yang hampir bersamaan nama program studi yang sebelumnya berubah nama menjadi Manajemen Industri dengan konsentrasi Pariwisata dan Perhotelan, selanjutnya berubah kembali lagi ke nama Manajemen Perusahaan tetapi sesuai dengan SK Rektor Universitas Bina Darma tentang konsentrasi tetap konsentrasinya Pariwisata dan Perhotelan.

 

Program Studi Diploma III Manajemen Perusahaan pada Fakultas Vokasi Universitas Bina Darma merupakan program pendidikan yang mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan keahlian terapan, beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu dan dapat menciptakan peluang kerja. Program vokasi ini berorientasi pada kecakapan kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja.

Adapun profil lulusan sebagai berikut :

  1. Program Studi Manajemen Perusahaan Diploma III, Program Studi ini mendidik mahasiswa untuk menjadi lulusan yang terampil siap kerja atau berwirausaha.
  2. Program Studi Manajemen Perusahaan Diploma III, Program Studi ini mendidik mahasiswa untuk menjadi lulusan yang kompeten di bidang :
  • Kepariwisataan,
  • Perhotelan
  • dan memiliki softskil bidang kewirausahaan.

 

Keahlian tersebut akan dibangun melalui kurikulum sebanyak minimal 110 sks. Program Diploma III ini dapat ditempuh dan diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun akademik atau 6 Semester.

Proses belajar mengajar di program studi Manajemen Perusahaan mengedepankan model pembelajaran berbasis mahasiswa, dimana dosen lebih banyak berperan sebagai motivator dan fasilitaror. Dengan menggunakan studi kasus dunia pariwisata dan perhotelan yang riil, mahasiswa diajak berdiskusi dan memutuskan permasalahan manajemen yang ada di praktek. Selain menggunakan kasus-kasus dunia pariwisata dan perhotelan, proses belajar mengajar juga dilengkapi dengan kandungan teknologi. Sebagai tugas akhir selain tugas akhir, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti magang di perusahaan yang akan memberikan bekal manajerial yang berharga ketika mahasiswa nanti akan menjadi tenaga terampil juga dapat membangun usaha yang akan memberikan pengalaman berharga untuk menjadi wirausahawan. Program studi Manajemen Perusahaan dengan konsentrasi Periwisata dan Perhotelan adalah pilihan yang paling tepat bila akan mendalami bidang kepariwisataan.

 

Visi

Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan nasional dan internasional pada tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu membentuk lulusan yang handal dalam melakukan kegiatan manajemen perusahaan.
  1. Melaksanakan pendidikan dengan mengutamakan praktikum dan magang serta mengembangkan jaringan kerjasama dengan industri dan kemitraan yang berkelanjutan.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu membentuk lulusan yang mampu menangani aktivitas dalam perusahaan terutama di bidang industri pariwisata dan perhotelan.

Tujuan Umum

  1. Memberikan pengetahuan, keterampilan serta kemampuan sebagai tenaga terampil di manajemen perusahaan bidang pariwisata dan perhotelan.
  2. Memiliki pengetahuan, kemampuan serta sikap sebagai pelaksana manajemen perusahaan.
  3. Memiliki mental, sikap, pengetahuan, kemampuan serta keberanian berwirausaha.

 

Akreditasi Program Studi Manajemen Perusahaan Terakreditasi B terhitung TA 2014 s/d 2019

 

Keunggulan program studi Manajemen Perusahaan :

  • Matakuliah 80 % praktikum / magang
  • Beberapa matakuliah mempunyai sertifikasi lokal & nasional
  • Penempatan magang dalam dan luar negeri
  • Penerimaan kerja dibeberapa perusahaan yang telah bekerjasama.

 

Prestasi Program studi : tahun akademik 2015-2016 peningkatan jumlah mahasiswa baru menjadi 400%

Prestasi Mahasiswa : telah mengikuti magang dibeberapa hotel dan perusahaan di kota Palembang serta telah melaksanakan magang di Thailand

Leave a Comment