Uhang Dihi
Anak Rantau

SISTEM REMEDIAL NILAI SISWA SMA OLAH RAGA NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG MENGGUNAKAN J2ME DENGAN METODE SOFT SYSTEM METHODOLOGY (SSM)

Remedial adalah kegiatan yang ditujukan untuk perbaikan dan merubah nilai guna membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran, tujuan Remedial nilai membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku. Sedangkan SMA Olahraga Negeri Sriwijaya Provinsi Sumatera Selatan merupakan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) yang mempunyai tugas menyaring dan membina pelajar berbakat olahraga untuk mencapai prestasi baik dibidang akademis maupun olahraga. Sekolah Menangah Atas Olahraga ini selain dituntut untuk berprestasi dibidang akademik juga prestasi dibidang olah raga. Peserta didiknya sebagian berasal dari utusan Kabupaten /Kota Se-Provinsi Sumatera Selatan. Prestasi belajar siswa kenyataannya sudah mempunyai nilai prestasi belajar yang cukup baik terlihat dari cara belajar siswa dan hasil nilai yang ada. Walaupun demikian ada juga beberapa siswa yang memiliki nilai yang tidak cukup dan nilai tersebut diulang kembali (remedial). Biasanya setelah ujian selesai seluruh siswa terutama yang mengikuti pertandingan olahraga di dalam kota maupun di luar kota, mereka kesulitan untuk melihat nilai ujian semester karena mereka sudah mengikuti kegiatan yang olah raga. Sedangkan cara yang digunakan pada SMA Olahraga guna mengetahui informasi nilai yang berjalan saat ini kurang efektif dan efisien yaitu
sebagai contoh ketika siswa selesai ujian semester mereka harus menunggu 5-7 hari untuk mengetahui informasi nilai mereka apakah mereka harus mengikuti remedial atau tidak. Selain itu juga setelah siswa mendapatkan informasi nilai, siswa juga harus menunggu pengumuman jadwal ujian remedial. Hal ini mengakibatkan siswa lambat untuk mendapatkan informasi nilai. Maka dari itu dibutuhkanlah sebuah sistem untuk membantu siswa dalam mendapatkan informasi nilai secara cepat. Sistem yang dibuat dengan menggunakan aplikasi J2ME agar membantu siswa dalam menyelesaikan masalah tersebut adalah sebuah kombinasi yang terbentuk antara sekumpulan interface java yang sering disebut dengan (Aplication Programming Interface) yang dapat menggunakan telepon genggam sebagai alat bantunya.

 

http://jurnal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/view/3073

 

Leave a Comment