PENGARUH SIKAP DAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS SISWA SLTP NEGERI DI SEBERANG ULU PALEMBANG

Abstract: This study describes the effect of attitudes and motivation to learn the language of achievement in subjects Indonesian and English Junior High School students in Seberang Ulu Palembang with descriptive methods based on quantitative approaches. Attitude referred to in this research is the attitude of the language; attitude towards Indonesian students. Motivation question is the motivation to study the language lessons Indonesia.Populasi and the sample was Junior High School eighth grade students in the region Seberang Ulu Palembang were randomly selected. Techniques of data collection using questionnaires. Analysis using a percentage formula. The results showed that in fact the language attitudes and motivation of students not having an effect on student learning prestai. This suggests that there are likely other factors, in this case predicted that the external factors that have an influence on the interpretation of student learning.

Keywords: Attitude, Motivation, Achievement, Indonesian, English

Abstrak: Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh sikap dan motivasi belajar bahasa terhadap prestasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris siswa SLTP Negeri di Seberang Ulu Palembang dengan metode deskriptif berdasarkan pendekatan kuantitatif. Sikap yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah sikap bahasa; sikap siswa terhadap bahasa Indonesia. Motivasi yang dimaksud adalah motivasi belajar siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia.Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SLTP Negeri yang ada di wilayah Seberang Ulu Palembang yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa ternyata sikap bahasa dan motivasi belajar siswa tidak berpegaruh terhadap prestai belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan faktor-faktor lain, dalam hal ini diprediksi bahwa faktor eksternal yang memiliki pengaruh terhadap pretasi belajar siswa.

Kata kunci: Sikap,  Motivasi, Prestasi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris

This entry was posted in Uncategorized by admin. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *