Home » » Penyesuaian perkawinan

Penyesuaian perkawinan

25 February 2014

Memasuki dunia perkawinan antara dua orang individu dalam sebuah perkawinan dan mulai berbagi dalam hal kehidupan baik perbedaan antara mereka dalam aspek psikolois, sosial, kebudayaan yang kemudian bercampur dalam cara tertentu sehingga membuat perkawinan menjadi unik. Pada pasangan perkawinan tradisional, posisi peran suami dan istri secara jelas dibedakan. Sementara perkawinan kontemporer lebih memiliki banyak pilihan dan alasan pilihan, sehingga perkawinan benar-benar ditandai oleh kebutuhan-kebutuhan yang unik dengan keinginan dan harapan-harapan yang unik pula.

komunikasi merupakan pusat cara kedua pasangan untuk hidup harmonis satu sama lain. Serentak setelah dua pasangan berkomunikasi, maka merek berbagi dalam sistem interaksi yang selalu berubah dan bergerak maju seraya terjadinya perubahan fase kehidupan pada masing-masing pasangan disamping berbagi perasaan, pengasuhan anak-anak, waktu-waktu yang menyenangkan dan waktu-waktu menghadapi masalah.

Masa transisi dalam awal kehidupan perkawinan diharapkan dapat dilalui dengan penuh romantisme dan membahagiakan. Untuk beberapa pasangan memang demikian kejadiannya, namun tidak tertutup kemungkinan bahwa pasangan tersebut juga menghadapi beberapa kesulitan dalam masa transisi tersebut,biasanya berlanjut pada kehidupan selanjutnya dalam perkawinan. Pada umumnya dalam mencari titik temu dari berbagai perbedaan antar pasangan, akan memungkinkan kedua pasangan menghadapi berbagai dilema mendasar yang akan menciptakan permasalahan serius.

Perkawinan yang terdiri dari dua individu yang unik membawa history dari pengalaman-pengalaman, memori, dan cara bertingkah laku pada masa lalunya. Dimana perilaku masing-masing pasangan dibentuk an dipengaruhi oleh faktor genetik, fisiologis, psikologis, sosial dan budaya yang dibawa sejak lahir. Sehingga dapat dibayangkan sulitnya dua perbedaan yang mendasar dapat menyatu dengan harmonis dalam ikatan perkawinan yang mereka jalin karena sulit ditemukan cara yang membuat pendapat dan perasaan kedua pasangan terakomodasi. Kemampuan untuk mengekspresikan ide, perasaan dan mendengar pesan pasangan merupakan inti dari proses “Komunikasi”.

 

 

 

 

Uncategorized

No Comments to “Penyesuaian perkawinan”

Leave a Reply

(required)

(required)