Perkembangan Multimedia dalam Bidang Pendidikan

Perkembangan Multimedia dalam  Bidang Pendidikan

PENDAHULUAN

Dulu sebelum komputer belum begitu dikenal di Indonesia, Guru atau Dosen dalam menyampaikan materinya masih menggunakan tulisan atau lisan kepada siswa atau muridnya, apalagi kalo kita melihat kembali kebelakang sekitar 10 yang lalu, saya juga masih mengalami dan menikmati penyampaian guru dalam memberikan materinya dengan kapur tulis dan kata-kata lisan.

Perkembangan teknoloagi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam  merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainnya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal.

Demikian juga bagi pelajar, dengan multi media diharapkan mereka akan lebih mudah  untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku semata mata tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi multimedia yang telah terhubung internet akan semakin menambah kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diharapkan.

Pada dasarnya penggunaan komputer atau yang disebut sebagai teknologi informasi   dalam menyampaikan bahan pengajaran memungkinkan untuk melibatkan pelajar  secara aktif serta dapat memperoleh umpan balik secara cepat dan akurat. Komputer menjadi popular sebagai media pengajaran karena komputer memilki keistimewaan  yang tidak dimilki oleh media pengajaran lain sebelum adanya komputer (Munir,2005). Diantara keistimewaan komputer sebagai media, yaitu :

  • Hubungan interaktif : komputer menyebabkan terwujudnya hubungan antara stimulus dan resfons, menumbuhkan inspirasi dan meningkatkan minat.
  • Pengulangan : komputer memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengulang materi atau bahan pelajaran yang diperlukan, memperkuat proses pembelajaran dan memperbaiki inagtan, memiliki kebebasan dalam memilih materi atau bahan pelajaran.
  • Umpan balik dan peneguhan : media komputer membantu pelajar memperoleh umpan balik (feedback) terhadap pelajaran secara leluasa dan dapat memacu motivasi pelajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila pelajar memberikan jawaban.
  • Simulasi dan uji coba : media komputer dapat mensimulasikan atau menguji coba penyajian bahan pelajaran yang rumit dan teliti

 

 

 

 

 

DOWNLOAD FILE…………klik……… MULTIMEDIA_DALAM_PENDIDIKAN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *