Orang-orang Sirkus yang Aneh dan Menakjubkan

 

Sebuah sirkus adalah sekelompok orang berkelana untuk menghibur penonton dengan ataraksi, badut, binatang terlatih, aksi ketrampilan. Tapi tak jarang juga sebuah sirkus menampilkan orang-orang yang dianggap aneh dan menakjubkan.

Chang and Eng, “The Chinese Twins”

Lahir di Siam (kini Thailand) pada tahun 1811, Eng dan Chang  yang terhubung di dada oleh saluran lima inci seperti daging. Lokasi dari sambungan ini setelah diperiksa oleh beberapa dokter dan pengamat lain ternyata merupakan jantung atau berfungsi sebagai alat pernafasan. Menurut biografi mereka, si kembar siam ini relatif “normal” , mereka dapat berjalan dan bermain dengan anak lain, melakukan pekerjaan rumah, dan membantu  orang tua dan saudara dengan mengumpulkan dan menjual telur itik di desa kecil mereka.

Charles Sherwood Stratton, “General Tom Thumb”

Charles Sherwood Stratton lahir hari ini di 1838. berat lahir-Nya adalah 9,ons 2. saat 6 bulan pertama hidupnya, Charles terus berkembang secara normal. Kemudian, tiba-tiba, ia berhenti tumbuh. Pada ulang tahun pertama, orang tua Charles menyadari bahwa pertumbuahan anaknya hanya  satu inci. Mereka membawanya ke dokter, dari hasil analisa dokter, mereka mengatakan bahwa pertumbuhan Charles berhenti ( besar kemungkinan menderita malfungsi kelenjar pituitari).

Johnny Eck, “The Half Boy”

Dua puluh menit setelah saudara kembarnya lahir, Johnny Jr Eckhardt memasuki dunia. Saat itu 27 Agustus 1911, lahir dengan hanya setengah tubuh, Saudaranya Robert normal, Johnny dilahirkan dengan tubuh yang hanya setengah dan kaki apendikularis merupakan kondisi langka yang disebut agenesis sakral. Johny yang beratnya 20 kg dan diukur kurang dari delapan inci saat lahir. Pada usia yang sama seperti anak-anak lain ia mulai berjalan tegak, ia belajar berjalan di tangannya. Dia sangat pintar di sekolah yang tepat di samping kakaknya. Dia ingin menjadi pendeta, namun tuhan berkehendak lain.

Carl Hermann Unthan

Carl adalah seorang anak manusia yang dilahirkan tanpa tangan, namun akhirnya dia nejadi seorang motifator yang hebat. Sebuah sukses besar bagi  Carl Unthan menjadi pemain vaudeville dan mengunjungi Amerika Serikat, Kuba, Meksiko dan Amerika Selatan. pekerjaan sehari-hari dapat dilakukan di atas panggung seperti menuangkan minuman, mengocok kartu dan melakukan trik kartu, berenang dalam sebuah tangki, menembakkan senapan, merokok dan bermain biola. Sering kali dia sengaja akan memotong string pada biola, dan kemudian memperbaikinya dengan jari-jari kakinya. Selama Perang Dunia I, Carl bergabung dengan Tentara Jerman dan melakukan perjalanan ke berbagai rumah sakit, memberikan pidato motivasi kepada orang-orang yang telah kehilangan anggota tubuh dalam perang.

Schlitze Surtees

Schlitzie dilahirkan dengan mikrosefali, gangguan perkembangan neuro yang membuat kondisi otak yang luar biasa kecil dan tengkorak yang kecil juga.  Schtze menderita keterbelakangan mental yang berat sehingga dalam berbicara Schlitzie hanya dapat mengucapkan beberapa suku kata saja. Namun ia masih mampu melakukan tugas sederhana dan diyakini bahwa ia bisa mengerti sebagian besar dari apa yang dikatakan kepadanya,  ia memiliki  reaksi yang sangat cepat dan kemampuan untuk meniru. Schlitzie merupakan  sebagai orang yang  penyayang, riang, mudah bergaul, mencintai tarian, dapat menyanyi dan menjadi pusat perhatian.

Jack Earle, ”The Texas Giant”

Yakub Rheuben Ehrlich lahir di Denver pada tahun 1906 sebagai imigran Yahudi Jerman dan dibesarkan di El Paso, Texas. awalnya dia tumbuh sebagai anak yang normal, pada suatu hari Yakub jatuh dari truk pada usia 14 dan mengalami cedera kepala, tidak itu saja setelah diperiksa dokter ternyata yakup juga menderita tumor pada kelenjar pituitary-nya. Dia menjadi buta selama empat bulan setelah cedera dan kemudian badannya mulai tumbuh tak terkendali, akhirnya mencapai 7’4 “(meskipun ia mengaku sebagai 8’6”).

Joseph Carey Merrick ” Manusia Gajah”

Joseph Carey Merrick lahir di Leicester, Inggris pada tahun 1862. Saat kecil tumbuh tumor sehingga mebuat kondisinya memburuk dengan cepat, sehingga salah satu tangannya benar-benar tidak dapat berfungsi secara normal. Namun demikian, ia merupakan sebagai seorang anak laki-laki sangat imajinatif dan cerdas. Ketika Yusuf berumur 11 tahun, ibunya, Mary Jane, yang juga cacat fisik, meninggal, dan ayah Yusuf menikah lagi. ibu tiri Yusuf tidak sayang seperti ibunya, Ibu tirinya bahkan memberi ultimatum kepada ayah Yusuf “Yusuf, atau saya” .Joseph muda itu kemudian diusir dari rumah dan pergi untuk tinggal di rumah sosial dan menjadi gelandangan dan bekerja sebapai penyemir sepatu di jalan. Namun, ia selalu diejek oleh  anak-anak, sehingga dia memutuskan untuk bekerja di sirkus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *