Cara Login & Trend Hot Spot di Universitas Bina Darma

Perkembangan Internet

Internet saat ini benar-benar telah merubah cara pandang dan hidup manusia, dari hanya melakukan kirim surat, membaca surat, mendownload dan upload file ke web, sampai dengan melakukan transaksi perbankan yang saat ini bisa dilakukan dengan ”one click”. Belum lagi dengan perkembangan koneksi Broadband Internet yang cepat yang semakin mendukung content-content web 2.0 dan content yang ”honger” dengan bandwidth seperti Video/Radio Streaming, Telecomutters, dan lain-lain Internet adalah sebuah jaringan yang sangat besar yang mengkonesikan computer dan server diseluruh dunia dalam satu jaringan yang terpusat. Dengan Internet kita dapat mengakses data dan informasi kapan saja dan dimana saja. Dengan internet dapat membuat bias jarak, ruang dan waktu yang merupakan suatu jaringan komunikasi tanpa batas yang melibatkan jutaan komputer yang tersebar diseluruh dunia.

Penggunaan Internet

Ada beberapa alasan mengapa Internet sangat cepat perkembangannya yang melebihi perkembangan teknologi lainnya seperti perkembangan radio, tv, dan Handphone, yaitu:
1. Tidak tergantung pada suatu teknologi dan bersifat cross platform,
2. Biaya yang dibutuhkan relatif murah,
3. Teknologi Protocol yang semakin berkembang,
4. Aplikasi / content yang semakin beragam,
5. Mengakses informasi dapat kapan saja dan dimana saja,
Ada banyak sumber daya di intenet, kalau kita bicara Internet ada banyak sekali sumber daya yang dapat dimanfaatkan di Internet baik berupa content, aplikasi atau suatu system, diantaranya adalah E-Mail, newgroups, chating, phone call, Internet telephony (VOIP), real player streaming, internet radio broadcasting, streaming video, video conferencing, dsb.

Wi-Fi HotSpot

HotSpot bukan kata yang ”ditakuti” pada saat kemarau tiba di Indonesia, karena menghasilkan asap yang terekspor ke negara tetangga, tetepi HotSpot Kata kuncinya adalah Mobile Communications, dimana saat ini dikenal era Broadband Connections, adalah sebuah koneksi yang mencapai 384 kbps sampai dengan 1,5 Mbps yang tidak lagiharus menunggu lama dengan koneksi seperti dial-up terdahulu, dan kecenderungan para pengguna yang ingin mengakses dari mana saja dan kapan saja informasi dan data baik yang bekerja dari rumah (telecommuters) atau para pekerja dari luar kantornya misalnya di cafe-cafe atau di jaringan publik lainnya.
Saat ini banyak sekali dijumpai dipasaran perangkat-perangkat yang telah mendukung komunikasi secara wireless atau nirkabel atau sering disebut Wireless Fidelity (Wi-Fi) adalah standar yang dibuat oleh sebuah konsorsium perusahaan-perusahaan produsen peranti LAN dan W-LAN, Wireless Ethernet Communications Alliance untuk mempromosikan kompatibilitas perangkat 802.11. Ditambah dengan Perkembangan dari perangkat Wi-Fi (notebook, PC) dan gadget (ex : PDA, Smart Phone, etc.) yang
saat ini menjadi keharusan setiap vendor perangkat tersebut untuk mengintegratedkan Wi-Fi enabled didalamnya.

Gambar logo perusahaan konsursium Wi-Fi

HotSpot adalah definisi untuk daerah yang dilayani dengan coverage area tertentu oleh satu layanan akses yang biasa disebut Access Point (AP) Wireless LAN yang menggunakan suatu standar 802.11 a/b/g, dimana pengguna dapat masuk ke dalam
Access Point secara bebas dan mobile menggunakan perangkat sejenis notebook, PDA atau lainnya. Koneksi bisa berupa koneksi ke internet, ke server, sharing file, sharing perangkat dan sebagainya seperti layaknya menggunakan media kabel.
Perangkat AP ini biasa yang dijual dipasaran berupa ”Box” seperti produk dari Linksys, D-Link, Senao, Netgear, Compex, dan lain-lain. Perangkat inilah yang berfungsi untuk receive dan trasmit dalam coverage area dalam lokasi tertentu.

Gambar AP yang diakses pada sebuah area HotSpot

Kelebihan Wi-Fi HotSpot

Ada beberapa kelebihan mengapa teknologi ini menjadi trend diantaranya ;

  • Banyaknya disediakannya koneksi di tempat umum, seperti café, lobi hotel,
  • restoran, executive lounge bandara dll.
  • User bisa bekerja secara mobile tanpa harus mencari plug koneksi
  • Membuang kerumitan kabel dan membuat perusahaan bisa konsentrasi ke busines
  • processnya
  • Transfer data bisa mencapai 11 mbps dengan troughput yang besar dan tergantung
  • standart yang digunakan
  • Kompabilitas dengan banyak devices yang sudah terdapat Wi-Fi enabled
  • Trend dan branding

Cara Penggunaan

  1. pada saat mendeteksi adanya HotSpot area, maka aktifkan WiFi devicesnya dengan
    tombol tertentu atau dengan software tertentu, tergantung dari perangkatnya.
  2. Jika tidak terdapat Wifi Devicesnya pada perangkat notebook atau gadget, maka
    harus ditambah seperti USB,PCMCIA, CF, SD …
  3. klik Wireless Network Connection lalu click Refresh Network List….maka akan
    terlihat semua perangkat Wi-Fi HotSpot.

 

 

 

 

 

 

Setelah Jaringan dihubungkan makan Anda akan masuk kedalam Login :

 

 

 

 

 

 

 

Aturan Penggunaan HotSpot Universitas Bina Darma

  1. Fasilitas Hotspot ini ditujukan bagi seluruh civitas Akademika Universitas Bina Darma yang meliputi mahasiswa aktif (D1, D3, S1 dan S2), Dosen dan Karyawan.
    Fasilitas ini digunakan untuk menunjang kelancaran proses Belajar Mengajar di Lingkungan Universitas Bina Darma.
  2. Bagi user dosen dan mahasiswa S1, D1, dan D3 user dan password yang digunakan sama dengan user dan password untuk mengakses http://www.binadarma.ac.id
    Password otomatis akan diupdate dari server akademis (http://www.binadarma.ac.id) setiap harinya. Perubahan password di sistem akademis (http://www.binadarma.ac.id) otomatis akan merubah password untuk hotspot login yang akan diupdate keesokan harinya.
  3. Untuk user mahasiswa S2 user id berupa nim dan password berupa tanggal lahir dengan format YYYYMMDD . Contoh 17 Agustus 1945 : 19450817
  4. Bagi user karyawan akses bisa dilakukan dengan mendaftar ke administrator.
  5. Untuk akses seluruh mahasiswa (D1, D3, S1 dan S2) dalam satu sesi koneksi setiap harinya maksimal 6 jam, jika melebihi dari batas waktu tersebut maka sesi login akan terputus otomatis.
  6. Pada saat masa registrasi (pembayaran SPP) maka sistem akan mengupdate data user mahasiswa secara otomatis setiap harinya sehinggahanya mahasiswa yang telah melakukan registrasi (entri KRS) yang bisa mengakses fasilitas hotspot.
  7. Pada saat login akan tampil jendela pop-up berikut:

Jika login anda diterima seperti gambar diatas maka, Anda sudah siap untuk melakukan Surffing kedunia maya, Selamat Mencoba…..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *