Jeritan (lukisan) karya Edvard Munch “yang Melambangkan Kecemasan Manusia Modern”

Jeritan dalama bahasa Norwegia : Skirik dan judul dalam bahasa Inggris : The Scream adalah sebuah lukisan ekspresionis oleh seniman Norwegia Edvard Munch, yang menjadi sumber inspirasi bagi banyak pelukis lainnya dalam aliran ini.

Lukisan ini dianggap oleh banyak seniman sebagai karyanya yang Paling Penting, Sebagian lagi mengatakan lukisan ini melambangkan manusia modern yang tercekam oleh serangan kecemasan eksistensial, dengan cakrawala yang di ilhami oleh senja yang merah, yang dilihat setelah letusan gunung krakatau pada tahun 1883

Lahir pada tanggal 12 Desember, 1863 di desa Ådalsbruk di Løten, Norwegia, Edvard Munch adalah seorang pelukis simbolis, pegrafis dan penggambar, dan diakui sebagai pendahulu penting dari gerakan ekspresionis.

Pada 1879 Munch  belajar di Technical College Kristiania di mana dia belajar skala dan gambar perspektif. Di jarang hadir dalam belajarnya, karena Munch sering sakit. Pada tahun 1881, Munch memutuskan untuk menjadi seorang pelukis dan belajar selama satu tahun di Royal School of Design. Setelah meninggalkan sekolah, Munch menyewa sebuah studio dengan sekelompok rekan-rekan di Karl Johan Street, di pusat kota.

Pada tahun-tahun awal, Munch bereksperimen dengan gaya yang berbeda, termasuk Naturalisme dan Impresionisme. Pada tahun 1889, ia solo pertamanya acara dan pengakuan dia menerima beasiswa menyebabkan keadaan dua tahun untuk belajar di Paris di bawah pelukis Prancis Léon Bonnat.

Beberapa karya Edvard Munch

” anxiety ”

 

” ashes “

 

” death in the sickroom “

 

” workers returning home “

” self portrait between clock and bed “

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *