Archive for October 2012

Apa yang harus dipahami Desainer Grafis?

Desainer grafis setidaknya adalah individu menguasai suatu keterampilan dan pemahaman konsep yang luas. Pada lazimnya, desainer bekerja dengan cara berbeda-beda dalam mempraktekkan proses desain dan biasanya bertindak sesuai dengan ikhtisar yang berasal dari latar belakang masing-masing pengalaman dan pendidikan. Maka wajarlah jika seorang praktisi tidak mengembangkan semua aspek keahlian desain grafis, tapi biasanya hanya memilih satu atau dua spesifikasi saja. Misal, praktisi desain grafis yang suka terhadap media cetak, biasanya memiliki spesifikasi kerja yang berkaitan dengan mass media seperti majalah, koran atau buku. Didalam lingkup pendidikan desain, juga tidak semua aspeknya dapat dipelajari secara menyeluruh. Idealnya sebuah pendidikan desain dirancang dalam format yang memiliki kompetensi dan disesuaikan dengan masing-masing spesifikasi praktek kerja desain.

Institusi atau Program pendidikan tertentu yang berbasis desain grafis biasanya memiliki beragam kategori dalam materi pembelajaranya dan pada setiap kategori akan dikemas dalam bentuk kurikulum. Namun tidak semua kategori tersebut dipelajari oleh siswa atau mahasiswa, tergantung pada fokus atau kompetensi dari kurikulum itu sendiri, bahkan ada beberapa program pendidikan desin grafis yang menekankan materi pembelajarannya pada materi-materi tertentu secara mendalam dan spesifik.

Berikut adalah suatu ikhtisar dari sembilan kategori yang dapat ditemukan dalam kebanyakan program pendidikan desain grafis.

1. Pemahaman terhadap Persepsi, Visual Organisasi dan Estetika

Desainer bekerja dengan format visual dan bagaimana format itu diaplikasikan untuk menyampaikan suatu maksud. Format ini dikenal dengan Bahasa Visual. Bentuknya sangat beragam, dapat berupa titik, garis, bentukan, wahana, volume, ruang, area, teksture, warna dan sebagainya yang berwujud secara riil berupa type, image, photo maupun teks, baik dalam tampak dua dimensi maupun 3 dimensi. Pemahaman aspek dasar kosa kata visual bagi desainer dibangun dengan memperkuat persepsi pada format-format tersebut. Selanjutnya, desainer akan mengorganisasikan semuanya dengan kemampuannya mengeksekusi visual berdasarkan pengalaman dan pemahaman estetik yang dimilikinya. Beberapa hal konkret yang perlu dipahami misalnya:

  • Pemahaman Struktur Format; mengkaji aspek positif dan negatif dari beragam format.
  • Analisa dan Uji Coba Format; bagaimana suatu format 2 dimensi atau 3 dimensi dapat ditempatkan pada sebuah ruang atau media.
  • Pertimbangan terhadap Struktur dan Sistem; merupakan suatu upaya keteraturan dalam melakukan proses kerja desain. Misal: menggunakan grid system/sistem garida dalam menciptakan aspek harmonis dalam sebuah rancangan.
  • Ekplorasi Gejala Visual; menangkap respon intuitif terhadap format, warna, bentuk, tekstur dan sebagainya.
  • Komposisi dan Kerangka Visual; mengambil keputusan mengenai apa yang harus ditampilkan pada sebuah image dan bagaimana unsur-unsur dalam image-image tersebut jika dibandingkan atau disandingkan antara satu dengan yang lain.
  • Abstraksi Visual; mengidentifikasi tampilan suatu obyek dan tahapan dalam proses penyederhanaannya.
  • Kesatuan Format; suatu upaya yang dilakukan dengan melihat hubungan pada setiap bagian-bagian desain seperti proporsi, skala dan dimensi, simetri atau asimetri, contrast, balance dan sebagainya.

Materi-materi pendidikan diatas merupakan materi basic yang harus dipahami sejak awal. Aplikasi pembelajarannya berbeda-beda pada setiap institusi, misal: nirmana dua dimensi/tiga dimensi, estetika, studi seni rupa dasar dan masih banyak lagi.

2. Pemahaman terhadap Teknik Visualisasi

Desainer harus familiar dengan perangkat dasar pekerjaannya juga dengan proses dan teknik dalam memproduksi karya, mulai dari sketsa, model hingga ke final artwork. Tentunya perangkat-perangkat tersebut digunakan dengan sensitifitas dan skill yang memadai. Apapun alat yang digunakan baik photography, model making, diagram, drawing dan sebagainya, adalah bertujuan untuk membangun gagasan. Ada banyak ragam teknik visualisasi, dan berikut ini adalah beberapa gambarannya:

  • Fhotography
  • Translasi Visual
  • Model Making
  • Menggambar
  • Typography

LIHAT PEMBAHASAN LENGKAP…….klik….. pemahaman_tentang_desainer

Manipulasi Foto yang Menakjubkan

Manipulasi merupakan suatu pekerjaan atau  tindakan yang dilakukan agar berbeda dengan tangan atau dengan alat teknis agar berbeda dari bentuk aslinya, yang jelas berbeda dengan manipulasi para KORUPTOR….!!

Manipulasi berikut ini merupakan suatu tindakan dari orang-orang yang sangat kreati dalam mengembangkan idenya untuk mengsilkan sesuatu yang sangat nyata dan seperti dunia khayal..!

 

 

Materi Kuliah Multimedia Pertemuan Ke Tiga

SUARA DAN AUDIO

SUARA (SOUND)
Suara adalah

  • fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda
  • getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu

Suara berhubungan erat dengan rasa “mendengar”. Suara/bunyi biasanya merambat melalui udara. Suara/bunyi tidak bisa
merambat melalui ruang hampa.

KONSEP DASAR
Suara dihasilkan oleh getaran suatu benda. Selama bergetar, perbedaan tekanan terjadi di udara sekitarnya. Pola osilasi yang terjadi dinamakan sebagai “GELOMBANG”.
Gelombang mempunyai pola sama yang berulang pada interval tertentu, yang disebut sebagai “PERIODE”.

  • Contoh suara periodik : instrument musik, nyanyian burung, dll
  • Contoh suara nonperiodik : batuk, percikan ombak, dll

Suara berkaitan erat dengan:
1. Frekuensi

  • Banyaknya periode dalam 1 detik
  • Satuan : Hertz (Hz) atau cycles per second (cps)
  • Panjang gelombang suara (wavelength) dirumuskan = c/f

Dimana c = kecepatan rambat bunyi
Dimana f = frekuensi
Contoh:
Berapakah panjang gelombang untuk gelombang suara yang memiliki kecepatan rambat 343 m/s dan frekuensi 20 kHz?
Jawab:
WaveLength = c/f = 343/20 = 17,15 mm.
Berdasarkan frekuensi, suara dibagi menjadi:
Infrasound 0Hz – 20 Hz
Pendengaran manusia 20Hz – 20 KHz
Ultrasound 20KHz – 1 GHz
Hypersound 1GHz – 10 THz
Manusia membuat suara dengan frekuensi : 50Hz – 10KHz.
Sinyal suara musik memiliki frekuensi : 20Hz – 20Khz.
Sistem multimedia menggunakan suara yang berada dalam range pendengaran manusia.
Suara yang berada pada range pendengaran manusia sebagai “AUDIO”, dan gelombangnya sebagai “ACCOUSTIC SIGNALS”.
Suara diluar range pendengaran manusia dapat dikatakan sebagai “NOISE” (getaran yang tidak teratur dan tidak berurutan
dalam berbagai frekuensi, tidak dapat didengar manusia).

 

DOWNLOAD FILE LENGKAP……..klik……… multimedia3

Download & Pembahasan Game Balapan Mobil Burning Tires For Android

 Burning Tires

Bermain game balap mobil sangatlah menyenangkan apalagi kalo bermainnya bisa dimana saja, tifdak terkecuali dengan games yang satu ini. yang suka Adrenalain harus coba ini Game

Pembakaran Ban adalah permainan balap mobil 3D, Anda bertempuran melawan 3  komputer, yang dikendalikan oleh mekanik AI. Mereka semua sudag mengikuti rute yang sudah di tentukan dengan kecepatan yang sama sehingga peluang anda untuk menang sangatlah terbatas cuma itu semua tergantung dari skill pemain itu sendiri. Tidak ada mekanik rubberband, tidak ada peluang, tidak ada centang AI. Ada satu yang yang sangat menarik dan indah, jika Anda menyentuh mobil yang lain, mobil Anda akan berputar/uncontrollaby dan Anda kemungkinan besar akan perlu untuk mengatur ulang balapan. Anda benar-benar tidak punya kendali atas kecepatan? Anda hanya bisa berbelok ke kiri atau kanan dengan baik kemudi per accelerometer atau tombol sentuh dua di sebelah kiri dan kanan. Tidak ada tambahan dalam permainan, tidak ada item, dorongan, tidak apa-apa. Anda hanya berkendara sepanjang tiga tahap dengan bukit-bukit dengan hamparan bayangan di tanahdan hamparan butiran salju yang licin. Anda berkendara sepanjang 3 tingkat dengan 12 program, total 7 mobil yang berbeda. Dengan tampilan mobil yang 3D maka games gratisan ini janganlah untuk Anda lewatkan..!

DOWNLOAD GAME………klik…….. BurningTires3Dboey

Download & Pembahasan Game Olah Raga For Android

Olah raga memang kegiatan yang sangat baik untuk tubuh kita, apalagi kalo olah raganya di temani oleh orang yang membuat kita berbunga-bunga, begitu juga dengan game yang berbau olah raga karna, selain dapat menambah kelincahan tangan dapat juga menambah daya ingat. Selamat bermain……!!!

DOWNLOAD GAME OLAH RAGA………….. Klik……. gamessportBOEY

1. Baseball Superstars 2009

Pertandingan bisbol terbaik yang anda dapat mainkan, dengan tepukan nyata penonton yang dapat menambah semangat bermain yang sangat menyenangkan.

Pernah bermimpi tentang menjadi seorang MLB, NFL, NBA superstar atau atlet olahraga? Sekarang adalah kesempatan Anda untuk melangkah ke lapangan dan menjadi Superstars berikutnya!

Features

Full baseball simulation sports RPG
• Create and customize your pitcher and batter.
• Purchase items and equipments.
• Manage your team and trade players.
• Train your players and enhance their abilities.

Choose from
• 10 competitive teams
• 4 unique stadiums
• 12 hidden players to unlock
• 5 different game modes

2. Chess for Android

Bermain vs komputer atau bermain Vs teman, maka game Chess merupakan pilihan yang sangat tepat, selain dengan tampilan yang cukup apik, serta didukung dengan suara yang mengalun merdu, tentunya akan semakin membuat anda bermain catur semakin asik dan indah.

3. Cricket T20 Super Sixers

Swipe, tebang dan geser jari Anda dalam permainan aksi yang dikemas dengan menampilkan dua mode menarik dari permainan yang akan Anda mainkan, untuk masa yang akan datang! permainan T20 cricket memberi Anda ketepanan waktu sehingga Anda akan menyukai mode ini. Bermainlah untuk mendapatkan nilai tertinggi ingat Waktu dan kepercayaan diri sangat penting.