Archive for October 2012

Perkembangan Multimedia dalam Bidang Pendidikan

Perkembangan Multimedia dalam  Bidang Pendidikan

PENDAHULUAN

Dulu sebelum komputer belum begitu dikenal di Indonesia, Guru atau Dosen dalam menyampaikan materinya masih menggunakan tulisan atau lisan kepada siswa atau muridnya, apalagi kalo kita melihat kembali kebelakang sekitar 10 yang lalu, saya juga masih mengalami dan menikmati penyampaian guru dalam memberikan materinya dengan kapur tulis dan kata-kata lisan.

Perkembangan teknoloagi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam  merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainnya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal.

Demikian juga bagi pelajar, dengan multi media diharapkan mereka akan lebih mudah  untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada teks dari buku semata mata tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi multimedia yang telah terhubung internet akan semakin menambah kemudahan dalam mendapatkan informasi yang diharapkan.

Pada dasarnya penggunaan komputer atau yang disebut sebagai teknologi informasi   dalam menyampaikan bahan pengajaran memungkinkan untuk melibatkan pelajar  secara aktif serta dapat memperoleh umpan balik secara cepat dan akurat. Komputer menjadi popular sebagai media pengajaran karena komputer memilki keistimewaan  yang tidak dimilki oleh media pengajaran lain sebelum adanya komputer (Munir,2005). Diantara keistimewaan komputer sebagai media, yaitu :

  • Hubungan interaktif : komputer menyebabkan terwujudnya hubungan antara stimulus dan resfons, menumbuhkan inspirasi dan meningkatkan minat.
  • Pengulangan : komputer memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengulang materi atau bahan pelajaran yang diperlukan, memperkuat proses pembelajaran dan memperbaiki inagtan, memiliki kebebasan dalam memilih materi atau bahan pelajaran.
  • Umpan balik dan peneguhan : media komputer membantu pelajar memperoleh umpan balik (feedback) terhadap pelajaran secara leluasa dan dapat memacu motivasi pelajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila pelajar memberikan jawaban.
  • Simulasi dan uji coba : media komputer dapat mensimulasikan atau menguji coba penyajian bahan pelajaran yang rumit dan teliti

 

 

 

 

 

DOWNLOAD FILE…………klik……… MULTIMEDIA_DALAM_PENDIDIKAN

 

Foto Olah Raga Terbaik

Dunia olah raga menjadi objek foto yang sangat menarik, dengan banyaknya cabang yang dipertandingkan dan banyaknya rupa-ruanya, maka dengan kejelian dan keterampilan Fotografer, menjadikan foto-foto berikut ini layak untuk dijadikan refenrensi bagi fotografer pemula.

 

PERENCANAAN JARINGAN AKSES MOBILE WIMAX 2,6 GHz UNTUK WILAYAH KOTA PALEMBANG

PERENCANAAN JARINGAN AKSES MOBILE WIMAX 2,6 GHz UNTUK WILAYAH KOTA PALEMBANG

ABSTRAK

Standar IEEE 802.16e yang dikenal dengan mobile WiMAX adalah standar broadband wireless access (BWA) yang beroperasi pada frekuensi 2—6 GHz. Standar ini merupakan pengembangan dari standar WiMAX sebelumnya untuk mendukung mobilitas pengguna. Pada tugas akhir ini, penulis melakukan perhitungan untuk memprediksi kebutuhan bandwidth untuk pelanggan mobile WiMAX di wilayah Palembang untuk jangka waktu tiga tahun sejak WiMAX diimplementasikan. Kebutuhan bandwidth ini akan digunakan untuk menentukan jumlah base station yang dibutuhkan dari sisi kapasitas. Penulis juga melakukan perhitungan jumlah base station dari sisi coverage menggunakan model propagasi. Dari hasil perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada tiga tahun pertama penetrasi WiMAX di Palembang, kebutuhan jumlah base station dari sisi coverage lebih besar daripada perhitungan dari sisi kapasitas.

 Kata Kunci: mobile WiMAX, bandwidth, base station, kapasitas, coverage

 

 

PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal ini terlihat pada era tahun 80-an jaringan komputer masih merupakan teka-teki yang ingin dijawab oleh kalangan akademisi, dan pada tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas, perusahaan-perusahaan, sekarang memasuki era milenium ini terutama world wide internet telah menjadi realitas sehari-hari jutaan manusia di muka bumi ini. Selain itu, perangkat keras dan perangkat lunak jaringan telah benar-benar berubah, di awal perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari  kabel koaxial, kini banyak telah diantaranya dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel.

Kebutuhan akan kapasitas yang lebih besar dan kualitas layanan yang lebih baik pada sistem komunikasi wireless meningkat tajam beberapa tahun ini. Faktor pendukungnya adalah mobilitas dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh sistem komunikasi wireless. WiMAX (Worldwide Interoperablity for Microwave Access) merupakan standar yang dikembangkan oleh grup IEEE 802.16 untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pada mulanya, standar ini hanya fokus pada pemenuhan kebutuhan kapasitas yang besar dan hanya ditujukan untuk layanan fixed. Pada tahun 2004, standar IEEE 802.16 diamandemen sehingga mendukung akses nomadic. Pada bulan Desember 2005, IEEE mengeluarkan standar IEEE 802.16e yang dikenal sebagai mobile WiMAX yang merupakan amandemen standar sebelumnya untuk mendukung aplikasi mobile.

Salah satu wilayah yang membutuhkan layanan komunikasi dengan kapasitas besar dan mobilitas tinggi adalah kota Palembang  yang merupakan salah satu propinsi yang perkembangannya cukup cepat. Mobile WiMAX yang bersifat non line of sight (NLOS) dan mendukung mobilitas memungkinkan penggunanya untuk mengakses data secara lebih leluasa, tidak harus berada di dalam gedung. Oleh karena itu, dibutuhkan perencanaan jaringan yang tepat agar WiMAX dapat mengakomodasi kebutuhan trafik masyarakat Palembang.

METODOLOGI PENELITIAN

Alat Analisis

 Formula Mobile WiMAX merupakan solusi broadband wireless yang memungkinkan konfergensi jaringan mobile dan fixed broadband melalui satu teknologi akses radio yang luas dan arsitektur jaringan yang fleksibel. Air interface pada Mobile WiMAX menerapkan Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA) untuk memperoleh performa multi-path yang lebih baik pada lingkungan yang Non Line Of Sight (NLOS). Untuk mendukung bandwidth kanal yang berkembang (scalable) dari 1,25 MHz ke 20 MHz, IEEE 802.16e mengenalkan Scalable-OFDMA (SOFDMA), Mobile Technical Group (MTG) pada WiMAX Forum sedang mengembangkan profil sistem Mobile WiMAX yang memungkinkan sistem mobile dikonfigurasikan.

DOWNLOAD FILE LENGKAP………….. klik……….. PERENCANAAN_JARINGAN_AKSES_MOBILE_WIMAX

Kenakalan dan Kelucuan Anak-anak

Masa anak-anak adalah sebuah masa yang paling Uenak..! kerjanya makan, main dan tidur, tapi namanya juga anak-anak. Dunia anak-anak tak lepas dari hal-hal yang membuat kita tersenyum…!

 

 

 

 

 

 

 

Download & Review 4 Games Pesawat yang Seru Untuk Android

1. Heli Rescue

Sekarang anda bisa memainkan permainan Penyelamatan dengan menggunakan pada ponsel Android. Permainan menggunakan sistem kontrol ‘Garis Menggambar’ sebagai dipopulerkan oleh Flight Control oleh Firemint pada iPhone.

Dikembangkan dengan menggunakan Android SDK terbaru & NDK 1.6 permainan ini adalah kode asli 95% yang memberikan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan yang lebih tua berbasis Java Android games.

Permainan ini memiliki lima peta untuk bermain melalui jangkauan yang mudah dari titik awal, tabel highscore secara online, gabungan sehingga Anda tidak pernah kehilangan nilai Anda, dan Anda dapat memiliki profil pemain pada satu ponsel.

2. Helicopter 3D

Anda harus menyelesaikan 30 misi: Pada awalnya, hanya ada misisons mudah, seperti lepas landas dari tempat tidur dan mendarat di meja. Tapi langkah demi langkah, misi akan menjadi lebih dan lebih rumit, dan banyak mainan baru akan muncul, seperti rangkaian mobil-atau kereta elektronik-…
Ketika Anda menyelesaikan permainan, Anda menjadi seorang pilot nyata!

3. Pilot Lines

Permainan ini menawarkan, skill untuk menjadi pilot dengan menggunakan pesawat klasik, tapi pada intinya permainan ini mengutamakan kesabaran dan kemampuan utuk menganalisa jalur dan landasan yang akan dipilih untuk menjalankan pesawat.

4. Space Invaders

Space Invaders – Planet Bumi sedang diserang oleh alien. Sebagai Defender terakhir, tugas Anda adalah untuk menghentikan invasi. Berperang di angkasa, langit dan di bumi.

TUJUAN:
Ruang Pertempuran  (Easy): Tembak 100 Aliens
Sky Pertempuran     (Medium): Tembak 500 Aliens
Bumi Pertempuran   (Lanjutan): Shoot 1000 Aliens

 

DOWNLOAD GAME…………….klik……….. games_pesawat_boey