KEBUTUHAN PASAR TERHADAP SARJANA TEKNIK INDUSTRI DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCY PROCESS

Ch. Desi Kusmindari, Renilaili
Dosen Fakultas Teknik Universitas Bina Darma, Palembang
Jalan Jenderal Ahmad Yani No.12, Palembang
desi_christofora@yahoo.com

Abstract : The fundamental purpose of a university is to answer the needs of the community in many aspects of life. Competencies provided by the College must support graduates have skills that can be absorbed by market and create new jobs. To achieve this goal, the university needs to get information as possible about the needs of today’s market. This research was done to the Industrial Technology Studies Program Bina Darma University in an effort to meet market demands. This research using descriptive statistical analysis and implement Analytical Hierarchy Process and decision making. The results of this research is a priority of the selected 14 factors is the leadership factor with a value of 4.98. Strategy 1 (certification of technical ability) has a priority value of 2.81; strategy 2 (improvement of curriculum and syllabus) 3:00 priority values and strategy 3 (Learning Process Improvement) has a priority value of 2.74

Key word : Analytical Hierarcy Process, needs analysis, strategy of achieving

Abstrak : Tujuan yang mendasar dari suatu Perguruan Tinggi adalah untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini dimaksudkan agar kemantapan ekonomi selalu seimbang sesuai dengan kebutuhan pasar. Untuk itu Perguruan Tinggi dituntut untuk lebih terlibat aktif dalam membentuk apa yang seharusnya dibutuhkan oleh masyarakat. Kompetensi yang diberikan oleh Perguruan Tinggi terhadap lulusannya diharapan memiliki keahlian yang dapat terserap oleh pasar serta mampu menciptakan lapangan kerja baru. Untuk mewujudkan hal tersebut maka Perguruan Tinggi perlu mendapatkan informasi seluas-luasnya tentang kebutuhan pasar saat ini. Penelitian ini dilakukan terhadap Program Studi Teknologi Industri Universitas Bina Darma dalam upaya memenuhi kebutuhan pasar. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan mengimplementasikan Analytical Hieracry Process dan pengambilan keputusan. Hasil dari penelitian ini adalah prioritas dari 14 faktor yang dipilih adalah faktor kepemimpinan dengan nilai sebesar 4,98. Strategi 1 (sertifikasi kemampuan teknis) memiliki nilai prioritas 2,81; strategi 2 ( perbaikan kurikulum dan silabus) nilai prioritasnya 3.00 dan strategi 3 ( Perbaikan proses Belajar Menegajar ) memiliki nilai prioritas 2,74

Key word : Analytical Hierarcy Process, analisis kebutuhan, strategi pencapaian
download

This entry was posted in Artikel, jurnal, jurnal nasional and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *