ANALISIS PENGUKURAN KERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING PADA PT KARYA MAKMUR ARMADA PALEMBANG

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
ANALISIS PENGUKURAN KERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING PADA PT KARYA MAKMUR ARMADA PALEMBANG

BIDANG KEGIATAN:
PKM-AI

Diusulkan oleh:

Ketua : Riwanto NIM : 08173039 Angkatan 2008

UNIVERSITAS BINA DARMA
PALEMBANG
2012

ANALISIS PENGUKURAN KERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING PADA PT KARYA MAKMUR ARMADA PALEMBANG

Riwanto, ,
Program Studi S1 Teknologi Industri
Universitas Bina Darma
ABSTRACT

Productivity of workers is one key element in determining the successful implementation of a construction project, but often not effective use of labor, such as idle, talking, eating, drinking, and smoking outside at recess, and others. To that end, management must be aware of ways to measure the productivity of workers prior to further improve productivity. The purpose of this study include: (1) to calculate the percentage of productive and non productive percentage (2) to test the uniformity of data (3) calculate penyusuaian factor (4) calculate the leeway factor, and (5) to calculate the workload of the operator. The method used in this study is the method of work sampling. Sampling or analytical work is often referred to as work sampling, Ratio delay or random observation study method is one technique had a number of observations on the work activities of the machine, process or service. Measurement of work in this way is also classified as direct measurement of the work. From the observation that the workload generated by the operator of 92.98%, this means the employees working within normal limits. Because, according to the workload Suma’mur very mild 3%, 7% mild, 25% moderate, 35% by weight, and above 50% is so severe, it can be said that the operator is working very hard and need improvement in order to reduce the level of the holding of the workload the operator.
Key words: productivity, work sampling, work load.

ABSTRAK
Produktivitas pekerja merupakan salah satu unsur utama dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan suatu proyek konstruksi, tapi seringkali penggunaan tenaga kerja tidak efektif, seperti menganggur, mengobrol, makan, minum, dan merokok di luar jam istirahat, dan lain-lain. Untuk itu, pihak manajemen harus dapat mengetahui cara-cara untuk mengukur produktivitas pekerja sebelum melakukan upaya peningkatkan produktivitas. Tujuan dari penelitian ini antara lain; (1) untuk menghitung persentase produktif dan persentase non produktif (2) melakukan pengujian keseragaman data (3) menghitung faktor penyusuaian (4) menghitung faktor kelonggaran dan (5) menghitung beban kerja operator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode work sampling. Analisis sampling kerja atau sering disebut sebagai work sampling, Ratio delay study atau random observation method adalah salah satu teknik mengadakan sejumlah besar pengamatan terhadap aktivitas kerja dari mesin, proses ataupun operator. Pengukuran kerja dengan cara ini juga diklasifikasikan sebagai pengukuran kerja secara langsung. Dari hasil pengamatan beban kerja yang dihasilkan oleh operator sebesar 92,98%, ini berarti pekerja bekerja dalam batas ambang normal. Karna, menurut Suma’mur beban kerja 3% sangat ringan, 7 % ringan , 25% sedang, 35% berat, dan diatas 50% sangat berat sehingga, dapat dikatakan bahwa operator tersebut bekerja sangat berat dan perlu diadakannya perbaikan guna mengurangi tingkat beban kerja operator tersebut.
Kata kunci : produktivitas, work sampling, beban kerja.

PENDAHULUAN
Kurang diperhatikannya produktivitas pekerja pada suatu proyek konstruksi dapat menghambat pekerjaan konstruksi tersebut. Ada berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas dalam proyek konstruksi, dimana salah satunya adalah faktor tenaga kerja yang berkaitan langsung dalam pembangunan konstruksi di lapangan. Produktivitas pekerja merupakan salah satu unsur utama dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan suatu proyek konstruksi, tapi seringkali penggunaan tenaga kerja tidak efektif, seperti menganggur, mengobrol, makan, minum, dan merokok di luar jam istirahat, dan lain-lain. Untuk itu, pihak manajemen harus dapat mengetahui cara-cara untuk mengukur produktivitas pekerja sebelum melakukan upaya peningkatkan produktivitas.
Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengukur produktivitas pekerja. Namun pengukuran ini sulit untuk dilakukan secara akurat. Oleh karena itu, metode-metode pendekatan biasanya dilakukan untuk mengukur produktivitas pekerja. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisa produktivitas pekerja dengan metode work sampling. Analisis sampling kerja atau sering disebut sebagai work sampling, Ratio Delay Study atau Random Observation Method adalah salah satu teknik mengadakan sejumlah besar pengamatan terhadap aktivitas kerja dari mesin, proses atau pekerja/oprator. Pengukuran kerja dengan cara ini juga diklasifikasikan sebagai pengukuran kerja secara langsung.
Metode sampling kerja dikembangkan berdasarkan hukum probabilitas atau sampling, oleh karna itu pengamatan terhadap obyek yang ingin diteliti tidak perlu di laksanakan secara menyeluruh (populasi) melainkan cukup dilaksanakan secara mengambil sampel pengamatan yang di ambil secara acak (rondom) atau sampel yang diambil secara rondom dari suatu gerup populasi yang besar. Metode work sampling juga dapat digunakan untuk mengetahui distribusi pemakaian waktu kerja oleh pekerja atau mesin.
Pengamatan yang tidak perlu dilakukan pada keseluruhan jumlah populasi, cukup dengan menggunakan sampel yang diambil secara acak dari populasi. Selain digunakan untuk mengetahui distribusi pemakaian waktu pekerja selama melakukan pekerjaan, work sampling juga digunakan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan mesin yang baik serta menentukan waktu baku dan kelonggaran bagi para pekerja. Hal ini bertujuan agar dapat diketahui perbaikan apa saja yang dibutuhkan perusahaan dalam memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik.

TUJUAN

Penelitian di PT Karya Makmur ini bertujuan untuk mengetahui besarnya beban kerja operator dalam upaya meningkatkan efektifitas, efisiensi dan produktifitas para pekerja.

selengkapnya download

This entry was posted in Artikel, Hibah Mahasiswa, Kewirausahaan, PKM, PKM GT dan AI, Program mahasiswa and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *