JAMUR TIRAM SEBAGAI BAHAN MAKANAN PENGGANTI DAGING AYAM DAN DAGING SAPI DAGING SAPI

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JAMUR TIRAM SEBAGAI BAHAN MAKANAN PENGGANTI
DAGING AYAM DAN DAGING SAPI

BIDANG KEGIATAN:
PKM-GT

DI USULKAN OLEH :
FAHRI ROZI 11 173 009 (KETUA)
RIZAL NOVRIASYAH 09.173.018 (ANGGOTA)
DANIEL GUNTUR A. 11.173.026 (ANGGOTA)

UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG
PALEMBANG
2012

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nya jualah, sehingga penulis dapat menyelesaikan artikel ini.
Adapun maksud dan penyusunan artikel ini adalah untuk sarana pencetus ide-ide kreatif dalam suatu kegiatan berupa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Penulis menyadari bahwa penyusunan artikel ini tidak dapat diselesaikan oleh penulis sendiri tanpa melibatkan pihak-pihak untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1. Allah SWT yang memberikan kesehatan serta kesempatan untuk membuat karya tulis ini.
2. Orangtua yang sangat membantu pemberian motivasi serta nasehat yang bermanfaat dalam proses penulisan yang cukup banyak menyita waktu.
3. Ibu Yanti Pasmawati, ST. MT. dan Ibu Ch. Desi Kusmindari, ST, MT dari Jurusan Teknik Industri Universitas Bina Darma Palembang yang selalu membimbing kami.
4. Teman-teman lain yang telah memberi motivasi bagi penulisan karya tulis ini.

Palembang, Maret 2012

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN DEPAN i
HALAMAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
DAFTAR TABEL v
RINGKASAN vi

A. PENDAHULUAN 1
B. GAGASAN 2
1. Kondisi Kekinian Pencatus Gagasan 2
2. Solusi yang Pernah di Tawarkan 4
3. Memperbaiki Kondisi Kekinian Pencatus Gagasan 4
4. Pihak-pihak Implementasi Gagasan 5
5. Langkah-langkah Implementasi Gagasan 6

C. KESIMPULAN 6
1. Inti gagasan 6
2. Teknik Implementasi Gagasan 6
3. Prediksi Keberhasilan Gagasan 7

D. DAFTAR PUSTAKA 7
E. DAFTAR RIWAYAT HIDUP 8

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Strategi Pengembengan Pengolahan Jamur Tiram ……………………………….. 4

Tabel 2. Identifikasi pelaksana dan sumber dana 5

Tabel 3. Peranan elemen terkait dalam pengembangan pembudidayaan jamur tiram 5

download

RINGKASAN

Tingkat konsumsi daging masyarakat Indonesia terbilang rendah. Betapa tidak, perkapita per tahunnya hanya sekitar 2 kilogram. Sementara, tingkat impor daging cukup tinggi mencapai 30 persen per tahunnya. Dalam setiap harinya, manusia makan untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi. Selain faktor kuantitas, kualitas makanan merupakan hal yang sangat penting agar tubuh dapat tumbuh dengan optimal. Makanan yang berkualitas tentu mengandung bermacam-macam gizi. Salah satu gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh adalah protein. Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh di samping untuk perbaikan sel-sel yang rusak. Kebutuhan standar protein manusia dewasa sehari-hari ialah sebanyak 0.8 g protein per kg berat badan.
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%. Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 persen lemak, 0.20 mg thiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin, dan 314.0 mg kalsium. Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh. Serat jamur sangat baik untuk pencernaan. Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet.
Untuk optimalisasi penggunaan protein, maka konsumsi makanan sumber protein juga harus optimal, artinya bahwa asupan protein sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang tidak lebih. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori yang dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jamur timar dapat digunakan sebagai bahan pengganti daging ayam dan daging sapi.

selengkapnya

This entry was posted in Hibah Mahasiswa, PKM, PKM GT dan AI, Program mahasiswa, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *