Logo Design by FlamingText.com

Archive for October 17th, 2012

Sejarah Lahirnya Kecamatan Gumay Ulu

Pada awalnya gumay ulu adalah nama sebuah daerah yang terletak di kecamatan pulau pinang kabupaten lahat sumatera-selatan. Selain sebagai sebuah nama daerah, nama gumay juga sering dipakai sebagai penyanding sebuah nama baik di depan ataupun di belakang yang biasanya walaupun orang tersebut tidak tinggal di gumay kalau ada pada namanya terdapat kata gumay pastilah orang itu asli masih keturunan gumay. Karena seiringnya perkembangan zaman keturunan asli suku gumay sudah banyak yang merantau ataupun hijrah ke tempat lain dan akhirnya menetap disana, dan anak cucunya sering ditambahkan kata gumay pada namanya untuk mengingatkan akan tempat asal mereka.

Suku gumay dan sejarahnya

Menurut cerita dari tetuah-tetuah dusun, serta beberapa catatan suku Gumay  merupakan keturunan  anak cucu dari Puyang Diwe Gumay yang mendiami daerah yang cukup luas dalam bentuk dusun. Yang akhirnya tumbuh menjadi tiga marga sebagai sub dari suku Gumay, antara lain :
1. Gumay Lembak, yang terletak di kecamatan Pulau Pinang. Tepatnya berkedudukan di Lubuk Sepang
2. Gumay Ulu, terletak di kecamatan Pulau Pinang. Berkedudukan di Tinggi Hari.
3. Gumay Talang, terletak di kecamatan Kota Lahat, tepatnya di Langu-Endikat.
Meskipun demikian, sejarah menunjukan ketiga marga Gumay ini tetap dalam satu kesatuan keluarga Gumay dibawah pimpinan adat Jurai Tue (Jurai Kebalikan).

Metode Distribution Requirements Planning (DRP)

Distribution Requirements Planning (DRP) memiliki dua pengertian yang berbeda, yaitu: distribution requirements Planning dan distribution resource planning. Distribution Requirements Planning berfungsi menentukan kebutuhan-kebutuhan untuk mengisi kembali inventori pada branch warehouse. Sedangkan Distribution Resource Planning merupakan perluasan dari distribution requirements planning yang mencakup lebih dari sekedar sistem perencanaan dan pengendalian pengisian kembali inventori, tetapi ditambah dengan perencanaan dan pengendalian dari sumber-sumber yang terkait untuk meningkatkan performansi sistem. (Vincent Gaspersz, 2004:12)

(more…)

Powered by WordPress | New Best Free WordPress Themes | Thanks to New WordPress Themes, Best MLM and Free WP Themes