BERHENTI MEROKOK ITU MENULAR

Kebiasaan merokok itu menular. Ternyata berhenti merokok juga menular. Hal itu terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti dari fakultas kedokteran Harvard University, AS. Seseorang berpeluang besar menghentikan kebiasaannya merokok jika jika pasangannya (suami atau istri), teman kerja, atau rekan kerja, atau saudara kandung juga melakukan hal yang sama. Dilaporkan pula, para perokok cenderung berhenti merokok dalam suatu kelompok dan siapa yang tidak merokok akan terpinggirkan dari kelompoknya.
“Perilaku merokok Anda tidak hanya tergantung pada perilaku merokok orang yang Anda kenal, tapi juga pada orang yang mengenal Anda,” kata Dr.Nicholas Christakis, sosiolog medis pada Fakultas Kedokteran Harvard University dan juga penulis utama laporan ini.
Temuan itu mendukung penelitian-penelitian sebelumnya yang menunjukkan pengaruh kelompok sebaya (peer group) berperan penting dalam pengambilan keputusan merokok. “Sistem pertemanan” itu terbukti membawa hasil dalam upaya seseorang untuk berhenti merokok, juga menurunkan berat badan ataupun mengubah perilaku kecanduan alkohol.

Para peneliti mengamati kehidupan sosial 12.067 warga pinggiran kota Boston,AS, yang kondisi kesehatannya sudah dipantau sejak 1971 – 2003. Agar tidak kehilangan jejak warga yang diamati, mereka diwajibkan membuat daftar kontak dengan sanak famili, teman, rekan kerja, dan tetangga. Jumlah perokok di pinggiran Boston itu selama ini mencerminkan tren jumlah perokok nasional AS.
Pengaruh terkuat datang dari hubungan yang dekat. Apabila suami atau istri berhenti merokok, 67% pasangannya kemungkinan akan berhenti merokok. Jika temannya stop merokok, kemungkinan melanjutkan kebiasaan merokok akan turun 36%, sama dengan pengaruh oleh teman kerja maupun saudara kandung.
sumber:msnbc.msn.com/hk

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*