Konteks Metode Analisis dan Desain Sistem

Kerangka untuk Analisis Sistem dan Desain

Sistem adalah sekelompok komponen yang saling terkait yang berfungsi bersama untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Sistem Informasi adalah pengaturan orang, data, proses, dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan sebagai output informasi yang dibutuhkan untuk mendukung sebuah organisasi.

Teknologi Informasi adalah istilah kontemporer yang menggambarkan kombinasi teknologi komputer (hardware dan software) dengan teknologi telekomunikasi (jaringan data, gambar, dan suara).

Jenis Sistem Informasi

transaction processing system (TPS) adalah sistem informasi yang menangkap dan proses data tentang transaksi bisnis.

management information system (MIS) adalah sistem informasi yang menyediakan untuk pelaporan manajemen yang berorientasi berdasarkan proses transaksi dan operasi organisasi.

decision support system (DSS) adalah sistem informasi yang baik akan membantu mengidentifikasi peluang pengambilan keputusan atau menyediakan informasi untuk membantu membuat keputusan.

An expert system adalah sistem informasi yang menangkap keahlian pekerja dan kemudian mensimulasikan keahlian yang untuk kepentingan non-ahli.

communications and collaboration system adalah sistem informasi yang memungkinkan komunikasi lebih efektif antara pekerja, mitra, pelanggan, dan pemasok untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk berkolaborasi.

An office automation system adalah sistem informasi yang mendukung berbagai kegiatan kantor bisnis yang memberikan alur kerja yang meningkat antara pekerja.

Stakeholder

stakeholder adalah setiap orang yang memiliki kepentingan dalam suatu sistem informasi yang ada atau yang diusulkan. Stakeholder dapat teknis atau nonteknis pekerja. Mereka juga termasuk baik internal dan eksternal pekerja.

Information workers adalah orang-orang pekerja yang pekerjaannya melibatkan penciptaan, pengumpulan, pengolahan, distribusi, dan penggunaan informasi.

Knowledge workers adalah subset dari tanggung jawab pekerja informasi yang didasarkan pada tubuh pengetahuan khusus.

Sistem Pengguna

System users – “pelanggan” yang akan menggunakan atau dipengaruhi oleh sistem informasi secara teratur – menangkap, validasi, memasukkan, merespon, menyimpan, dan pertukaran data dan informasi.

Internal Sistem Pengguna

•Clerical and service workers
•Technical and professional staff
•Supervisors, middle managers, and executive managers

External Sistem Pengguna

•Customers
•Suppliers
•Partners
•Employees

Remote users – pengguna yang tidak secara fisik terletak di lokasi tapi yang masih membutuhkan akses ke sistem informasi.

Mobile users – pengguna yang tidak secara fisik terletak di lokasi tapi yang masih membutuhkan akses ke sistem informasi.

Sistem Desainer dan Pembangun Sistem

Desainer Sistem – spesialis teknis yang menterjemahkan sistem bisnis pengguna persyaratan dan kendala dalam solusi teknis. Dia atau dia desain database komputer, input, output, layar, jaringan, dan software yang akan memenuhi kebutuhan pengguna sistem.

Pembangun Sistem/System builders – spesialis teknis yang membangun sistem informasi dan komponen berdasarkan spesifikasi desain yang dihasilkan oleh para perancang sistem.

Sistem Analis

Sistem Analis – spesialis yang mempelajari masalah dan kebutuhan organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses, dan teknologi informasi dapat mencapai perbaikan terbaik untuk bisnis.

programmer/analyst (or analyst/programmer) termasuk tanggung jawab dari kedua programmer komputer dan sistem analis.

business analyst hanya berfokus pada aspek non-teknis dari sistem analisis dan desain.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*