SEKILAS CERITA PENGALAMAN STUDI BANDING PROGRAM STUDI FKIP OLAH RAGA UNIVERSITAS BINA DARMA KE BANDUNG, BALI, YOGYAKARTA, DAN JAKARTA

Artikel ini sengaja saya tulis untuk berbagi cerita ke teman-teman khususnya yang ada di civitas akademika Universitas Bina Darma. Di fakultas FKIP Universitas Bina Darma khususnya Program Studi Fkip Olah Raga, di dalam kurikulumya ada mata kuliah pendidikan rekreasi dan mata kuliah ini adanya di semester 4 jadi setiap mahasiswa yang sudah masuk semester 4 diwajibkan untuk ikut studi banding. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap satu tahun sekali dan kebetulan pada keberangkatan tanggal 29 Juni 2012 kemaren saya di ikut sertakan untuk mendampingi mahasiswa dalam studi banding tersebut. Jadwal keberangkatan kali ini dimulai tanggal 29 Juni sampai 9 Juli 2012, diperkirakan tanggal 9 Juli malam senin saya dan rombongan sudah tiba kembali di Palembang.

Setelah semua jadwal studi banding dipersiapkan dengan menggunakan jasa travel agent, pada tanggal 29 Juni jam 8.00 wib hari jumat kita berangkat dari Palembang menuju tempat kunjungan pertama yaitu ke kota bandung. Keberangkatan kali ini menurut ketua program studi Fkip Olah Raga merupakan keberangkatan yang paling banyak jumlahnya pesertanya lebih kurang sekitar 200 orang. Bus yang digunakan sebanyak lima bus dengan jumlah setiap busnya sekitar 40 orang.

Pada jam 12.00 wib saya dan rombongan tiba di rumah makan teluk gelam, karena hari itu adalah hari jumat sebelum makan siang kita melakukan sholat jumat dulu disana, kebetulan di rumah makan teluk gelam ini dekat dengan masjid yang cukup besar sehingga bagi rombongan yang beragama islam bisa melakukan sholat jumat. Setelah kita melakukan sholat jumat, kemudian saya dan rombongan langsung menuju ke dalam rumah makan untuk makan siang bersama.

Selama di perjalanan dari teluk gelam menuju bandung saya dan rombongan asyik bersenda gurau dan ada pula adik-adik mahasiswa yang asyik mengobrol ke teman sebangkunya. Terkadang suasana di dalam bus terasa sunyi dari obrolan dan senda gurau mahasiswa tinggal yang terdengar suara musik yang di putar sopir bus untuk menemani perjalanan kita. Ternyata dosen pembimbing yang satu bus dengan saya adalah pak Lusdi. Beliau orangnya supel, jadi asyik ngobrol dengan beliau karena banyak bahan ceritanya dan satu lagi yang saya suka dari pak Lusdi yaitu orangnya gaul hehehe :)

Tak terasa hari sudah mulai gelap dan kita pun sudah mendekati pelabuhan penyeberangan dari bakauheni ke merak. Sampainya di bakauheni sekitar jam 23.00 wib tapi karena untuk bisa masuk kapal penyeberangan masih harus mengantri, kita baru bisa masuk ke kapal jam 2.00 wib. Tibanya di dalam kapal saya langsung mencari tempat istirahat untuk tidur karena tubuh saya sudah terasa letih di tambah lagi mata sudah sangat mengantuk…kan lumayan bisa istrahat selama 2 jam menunggu kapal tiba di pelabuhan merak hehehe :) sekitar jam 4.00 wib saya sudah terbangun. Saya lihat pak Lusdi masih tidur dengan lelapnya diatas kursi peristirahatan dikapal, kemudian saya langsung cuci muka dan pesan kopi untuk sarapan pagi. Matahari sudah mulai menampakan tanda-tanda kemunculannya dari upuk timur dan kapal sudah mulai mendekati dermaga pelabuhan merak. Saya langsung membangunkan pak Lusdi untuk memberi tahukan kalau sudah sampai di pelabuhan merak agar langsung menaiki lagi bus kita untuk menuju kota bandung.

Sekitar jam 14.00 wib saya dan rombongan sampai di kota bandung dan langsung menuju ke daerah Ciater. Disana dijadwalkan hanya sampai jam 17.00 wib karena kita tidak akan menginap di kota bandung dan sekitar jam 20.00 wib habis sholat isya’ setelah makan malam kita akan langsung melanjutkan perjalanan menuju Bali.

Perjalanan menuju Bali cukup melelahkan sampai-sampai posisi yang enak duduk di kursi bus sudah habis hehehe :) Tepat jam 5.15 pagi WIB hari senin tanggal 2 Juli 2012 saya dan rombongan sampai di rumah makan Madina untuk istirahat mandi pagi dan sarapan disana. Dibawah ini foto saya dan rombongan sedang makan pagi di rumah makan Madina, disana menu masakannya cukup bervariasi dan tentunya Halal. Jadi tidak ada salahnya kalau teman-teman yang mau ke Bali melewati jalan darat untuk mampir sejenak disana 😀

Tepat jam 9.00 pagi WIB kami melanjutkan perjalanan lagi, rasanya fresh sekali setelah mandi dan sarapan, karena kita sudah sehari satu malam di perjalanan tidak tersentuh oleh air hehehe :) soalnya selama di perjalanan kita tidak begitu lama istirahat di rumah makan jadi tidak cukup waktu untuk mandi. Selain itu juga karena kita rombongannya lumayan banyak, terkadang kalau mau mandi air yang ada di rumah makan tempat kita singgah sudah kehabisan sedangkan yang belum mandi masih banyak. Jadi terpaksa deh…saya dan pak Lusdi hanya bisa gosok gigi dan cuci muka aja hehehe :(

Setelah perjalanan cukup jauh saya pikir tempat kita istirahat dan mandi tadi sudah dekat dengan pelabuhan gilimanuk tempat penyeberangan ke bali tapi ternyata masih lumayan jauh. Baru sekitar jam 12.00 siang waktu Indonesia tengah kita sampai di pelabuhan penyeberangan Gilimanuk ke Bali. Sampainya di pelabuhan kita langsung bisa masuk ke kapal karena yang akan menyeberang lumayan sepi.

Pada saat menyeberang menuju kota Denpasar Bali…pas kapal berada di tengah-tengah laut anatara pelabuhan gilimanuk dan pelabuhan di bali, waktu langsung berubah mundur satu jam dari waktu Indonesia Barat. Jam 14.00 WITA barulah saya dan rombongan mengijakan kaki di tanah Bali tapi masih kurang lebih 6 jam lagi untuk sampai di Kota Denpasar Bali.

Sesampainya di Kota Denpasar Bali sekitar jam 17.00 WITA saya dan rombongan langsung menuju pantai pasir putih untuk menikmati keindahan pantai dan pasir putih disana.

Tidak begitu lama kita di pantai pasir putih saya dan rombongan langsung menuju rumah makan yang sudah di pesan oleh travel agent. Disana kami langsung makan malam sebelum menuju hotel tempat peristirahatan di Bali. Selama 2 malam kita menginap di Bali, kita akan mengunjungi tempat-tempat pariwisata terbaik di Bali. Dibawah ini foto saya dan teman-teman dosen pendamping sebelum berangkat ke Pantai Tanjung Benoa jadi kita foto dulu…bergaya sudah seperti foto boyband tempo dulu kecuali saya hahaha 😀

Hari pertama kita di Bali, jadwal pertama kita akan mengunjungi Pulau Tanjung Benoa dan mengunjungi Pulau Penyu yang letaknya tidak jauh dari Pulau Tanjung Benoa cukup kita menyeberang menggunakan speedbord selama 10 menit sudah sampai. Tentunya selama perjalanan menyeberang ke Pulau Penyu tidak lupa saya abadikan mulai dari masih di speedbord sampai setelah tiba di Pulau Penyu.

Setelah mengunjungi Pulau Tanjung Benoa dan mengunjungi Pulau Penyu sekitar jam 12.30 WITA sehabis makan siang kita langsung melanjutkan perjalanan mengunjungi Pantai Dreamland yang jaraknya cukup jauh juga dari Pulau Tanjung Benoa menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Sesampainya di Pantai Dreamland sekitar jam 14.30 WITA, kita dijadwalkan berada disana sampai 17.00 WITA dan kemudian kita kembali ke Hotel.

Hari kedua kita berada di Bali jadwal kunjungan kita ke tempat pariwisata Tanah Lot dan mengunjungi Pantai Kuta. Jarak Tanah Lot dari tempat kita menginap tidak begitu jauh sekitar 1 jam perjalanan apabila jalan tidak macet tapi karena pas kita berada di Bali lagi musim liburan jadi jalanan lumayan macet :( dan kita baru sampai di Tanah Lot sekitar jam 10.30 WITA. Ternyata Tanah Lot sangat indah karena di pinggir pantainya terdapat bebatuan yang menyerupai seperti bukit. Tempat itu juga di gunakan oleh masyarakat umat agama Hindu Bali untuk melakukan ritual sembahyang sesuai dengan kepercayaan mereka. Jam 12.00 WITA kita melanjutkan kembali perjalanan kunjungan kita menuju Pantai Kuta yang merupakan salah satu icon Bali setelah istirahat dulu untuk makan siang dan sholat dzuhur.

Perjalanan dari Tanah Lot menuju Pantai Kuta Bali cukup jauh sekitar 4 jam. Pantai Kuta Bali sangat terkenal bagi wisatawan lokal maupun internasional kalau kita ingin menikmati keindahan pantainya dan sambil menikmati sunset. Dari beberapa pantai yang kita kunjungi mungkin Pantai Kuta Bali yang paling banyak di kunjungi wisatawan. Tak heran kalau disana paling banyak bulenya hehehe 😀 Jadwal kita disana sampai jam 19.00 WITA setelah habisnya sunset, kemudian kembali ke penginapan dan esok harinya kita akan melanjutkan kembali perjalanan menuju Yogyakarta.

Dibawah ini foto kita sebelum keberangkatan menuju Yogyakarta hari kamis jam 8.00 WITA. Jadi sebelum berangkat sempat eksis dulu hehehe 😀

Tepat jam 9.00 WITA kita berangkat menuju Yogyakarta, disana jadwalnya kita akan menginap satu malam. Selama di Yogyakarta selain kita akan mengunjungi UNY kita juga akan singgah ke jalan Malioboro dan apabila masih cukup waktu kita juga akan mengunjungi Candi Borobudur. Selama di perjalanan sebelum kita meninggalkan Kota Denpasar Bali kita juga singgah ke tempat oleh-oleh khas Bali.

>>BERSAMBUNG 😀 Tunggu kelanjutan ceritanya…