Archive for June, 2012

PENGARUH MEDIA KOMUNIKASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus pada Dinas Tata Kota, Kota Palembang)

Saturday, June 2nd, 2012

Hardiyansyah
Dosen PNS dpk pada Universitas Bina Darma
Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 12 Palembang
Pos-el: hardiyansyah@mail.binadarma.ac.id. dan hardi1966@gmail.com

Abstract. The problem in this study is the low quality of public services, especially services building permit (IMB) at the Department of City Planning Palembang. The problem is thought to be caused by the use of communication media that is not optimal. To know and to find solutions to those problems, then do research using quantitative design through explanatory survey methods, namely: explaining and analyzing the magnitude of the effect on Quality of Service Communication Media Building permit on the City Planning Office of Palembang. Based on the results of research, analysis and discussion, the conclusions that can be presented in this study are: that a communication medium significantly affect the quality of building permit (IMB) at the Department of City Planning, City of Palembang.

Keywords: media, communication, quality of service

Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kualitas pelayanan publik, terutama pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) pada Dinas Tata Kota Palembang. Masalah tersebut diduga disebabkan oleh pemanfaatan media komunikasi yang tidak optimal. Untuk mengetahui dan mencari solusi terhadap permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan desain kuantitatif melalui metode explanatory survey, yakni: menjelaskan dan menganalisis besarnya pengaruh Media Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan pada Dinas Tata Kota Palembang. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan, maka kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah: bahwa media komunikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan izin mendirikan bangunan (IMB) pada Dinas Tata Kota, Kota Palembang.

Kata kunci: media, komunikasi, kualitas pelayanan

selanjutnya