Konsep Bahasa Pemrograman

Pokok Pembahasan 

  • Struktur Bahasa Pemrograman
  • Teknik Pemrograman (dasar)
  • Jenis Bahasa Pemrograman
  • Teknik Pemrograman (lanjutan)

Download Materi pertemuan I

Tugas Materi Kuliah:

Download Link Materi Pemrograman Java di Tutorials Point save dalam bentuk web dan kumpulkan di 1 folder.

Buat translate semua materi yang telah di download dan kumpulkan di 1 folder.

Buat file zip yang berisi kumpulan translate materi tutorial tersebut dan upload di e learning.binadarma.ac.id

MATERI LANJUTAN.

Silahkan unduh Materi ebook ini. Programming Language Concept

LISTING PROGRAM CONTOH PENGGUNAAN WHILE  LOOP

import java.util.Scanner;
public class luasbidang {
int luas;
float Luas;
float luaslingk;
String namabidang;
public luasbidang(String name){ // konstruktor nama luas bidang.
System.out.println(“Nama bidang :” + name );
namabidang=name;}
public int GetluasSegiEmpat( int panjang, int lebar ){
luas = panjang*lebar;
System.out.println(“Luas “+namabidang+” : “+luas );
return luas; }
public float HitLuasLingkaran(float r){
luaslingk=3.14f*r*r;
System.out.println(“Luas “+namabidang+” : “+luaslingk );
return Luas; }
//buat method utk luas segitiga disini !
public static void main (String [] args) {
int pilihan=1;
int input1, input2 ;
Scanner nilai1 = new Scanner (System.in);
Scanner nilai2 = new Scanner (System.in);
while (pilihan!=0){
System.out.println(“+———————————————–+”);
System.out.println(“|PROGRAM BERORIENTASI OBJ MENGHITUNG LUAS BIDANG|”);
System.out.println(“| Oleh ……. Nim : … |”);
System.out.println(“+———————————————–+”);
System.out.println(“MENU PROGRAM “);
System.out.println(“1. Menghitung Luas Segi Empat”);
System.out.println(“2. Menghitung Luas Lingkaran”);
System.out.println(“0. Keluar”);
System.out.print(“Ketikan Pilihan kamu = “);pilihan = nilai1.nextInt();
if (pilihan==1){
System.out.print(“Masukan panjang = “);input1 = nilai2.nextInt();
System.out.print(“Masukan lebar = “);input2 = nilai2.nextInt();
luasbidang bidang1 = new luasbidang(“Segi Empat”);
bidang1.GetluasSegiEmpat(input1,input2);
}else if (pilihan==2){
//ciptakan objek utk luas bidang segitiga disini !
System.out.print(“Masukan jari-jari = “);input1 = nilai2.nextInt();
//ciptakan objek utk luas bidang lingkaran !
luasbidang bidang2 = new luasbidang(“Lingkaran”);
bidang2.HitLuasLingkaran(input1);
}
}
}
}

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *