JURNAL

A. JUDUL                     :Analisis Pengaruh Lingkungan Internal dan Eksternal Perguruan Tinggi di Kota Palembang  Terhadap Strategi Pemasaran dan Dampaknya terhadap Kinerja Pemasaran Perguruan Tinggi.

B. BIDANG ILMU       :Ilmu Ekonomi – Manajemen 

C. PENDAHULUAN

Untuk menuju masyarakat Indonesia baru, dirasakan perlu untuk menata ulang tatanan kehidupan pendidikan di masa lalu dan tuntutan untuk mewujudkan suatu tatanan baru dalam memperoleh nuansa pendidikan yang lebih baik.  Dunia pendidikan (tinggi) sangat memerlukan adanya transformasi untuk memperoleh tatanan pendidikan nasional yang lebih bermakna sesuai dengan tuntutan zaman dan generasinya,  Untuk mengetahui dan memahami permasalahan lingkungan eksternal suatu organisasi, Dess Lumpkin dalam Kotler (2000:53) menyatakan dapat dikaji dari lingkungan makro, lingkungan persaingan dan lingkungan pasarnya.  Dari lingkungan makro, di antaranya dapat dikaji dari aspek ekonomi, kebijakan pemerintah, sosial-budaya, teknologi, dan globalisasi. Dari sisi lingkungan persaingan dalam industri pendidikan tinggi, dapat dipaparkan bahwa pelaksanaan pendidikan tinggi dikelola oleh pemerintah dan dibantu oleh pihak swasta. Dalam hal pelaksanaan pendidikan tinggi, ternyata jumlah PTN relatif sedikit, yaitu 48 PTN untuk seluruh Indonesia dengan daya tampung yang juga terbatas. Sementara institusi yang dikelola pihak swasta,  yang dikoordinasikan melalui Kopertis, untuk wilayah II Sumsel hingga 2008 terdapat 73 PTS (lihat tabel 1).     

      Tabel-1:  Jumlah PTS di Provinsi Sumatera Selatan Berdasarkan Jenis

Jenis PTS

Jumlah

Akademi                                                             Politeknik                                                                   SekolahTinggi                                                   Universitas

27

7

29

10

Jumlah PTS

73

                     Sumber : www.Kopertis2.org,  2009

         Dari sisi lingkungan pasar, dapat dijelaskan bagaimana calon mahasiswa lebih mengutamakan bersekolah di PTN apalagi dengan adanya BHMN seperti di atas. Selain masalah-masalah eksternal, masalah-masalah lingkungan internal juga akan mempengaruhi kualitas proses dan outcomes organisasi. Struktur organisasi yang dipilih, gaya kepemimpinan, dan sumberdaya yang dimiliki organisasi adalah tiga faktor inti yang mempengaruhi aspek internal. Agar suatu organisasi termasuk organisasi pendidikan tinggi dapat bertahan hidup dan terus berkembang dari waktu ke waktu untuk mencapai tujuannya sudah tentu memerlukan  strategi yang diformulasikan dan diimplementasikan secara baik pula. Implementasi manajemen strategik di dalam perguruan tinggi di Indonesia dapat dicontohkan melalui sistem BAN-PT. Kinerja pemasaran institusi yang terjadi secara meyakinkan salah satunya disebabkan oleh program pemasaran yang telah disusun dan direalisasikan, program pemasaran yang bermasalah inipun salah satunya merupakan dampak dari srategi pemasaran institusi yang juga bermasalah. Lalu, strategi pemasaranpun kualitasnya tergantung pada kualitas data dan informasi aspek internal dan eksternal institusi.

          Sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategi pemasaran yang disusun berdasarkan pemanfaatan maksimal atas informasi eksternal dan internal mempunyai peran yang penting dalam rangka peningkatan kinerja pemasaran yang diharapkan diterima oleh konsumennya.

 

D. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan fakta yang melatarbelakangi permasalahan penelitian ini, maka ditetapkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu :

1.  Bagaimanakah gambaran kondisi lingkungan eksternal dan lingkungan internal, serta strategi dan kinerja pemasaran  PTS di Kota Palembang ?

2. Adakah pengaruh yang signifikan dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal terhadap strategi pemasaran?

3.   Adakah pengaruh yang signifikan dari strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran PTS di Kota Palembang ?.

 

E. TINJAUAN PUSTAKA

1. Lingkungan Internal

       Jill Dixon dalam Kotler (2000: 56) memaparkan secara rinci mengenai aspek-aspek penting untuk mengetahui kondisi internal, khsusnya institusi pendidikan tinggi. Informasi utama dari lingkungan internal institusi pendidikan tinggi yang dijadikan masukan untuk penyusunan strategi pemasaran adalah aspek SDM, Keuangan, Kualitas Jasa, Strategi Korporasi dan Sistem Administrasi.

2.  Lingkungan Eksternal

        Seperti telah dijelaskan pada Latar Belakang Penelitian, lingkungan eksternal institusi yang informasinya penting dimanfaatkan dalam penyusunan strategi pemasaran adalah lingkungan makro, lingkungan persaingan, dan lingkungan pasar. Demikian Dess Lumpkin dalam  Kotler (2000:53).

3.   Strategi Pemasaran

       Pemasaran sebagai salah satu fungsi perusahaan, pada mulanya mempunyai definisi yang beragam. Menurut Michael J.Baker dalam Kartajaya (2002:3) terdapat 16 definisi tentang pemasaran. Perkembangan definisi ini terus terjadi, sehingga World Marketing Association (WMA) bermaksud untuk memiliki definisi yang menyeluruh. Kartajaya mengusulkan pada WMA definisi pemasaran adalah sebagai berikut: “Pemasaran adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan values dari satu inisiator kepada stakeholders-nya.” Strategi pemasaran sebagai salah satu strategi fungsional institusi penyusunannya  mengacu pada aspek eksternal dan internal organisasi termasuk menginduk pada strategi  korporat. Demikian menurut beberapa ahli yang di antaranya adalah Philip Kotler (2003: 113), Karen Fox dan Philip Kotler (1995:181), Dikatakan pula bahwa dalam penyusunan strategi pemasaran akan menghasilkan tiga strategi pokok, yaitu : market strategy, marketing mix strategy dan marketing mix program.

4.  Kinerja Pemasaran

       Dikaitkan dengan institusi pendidikan tinggi, jumlah mahasiswa baru yang dapat disaring dapat dikaitkan dengan aspek pangsa pasar maupun pendapatan (sales). Dengan asumsi bahwa jumlah calon mahasiswa adalah tetap, maka dengan bertambahnya jumlah mahasiswa baru berarti pangsa pasar meningkat, jumlah pendapatan (sales) pun meningkat. Akan tetapi, tidak hanya perihal jumlah yang menjadi tolok ukur, kualitas masukan (mahasiswa baru) pun perlu ditingkatkan agar mempermudah proses pembelajaran untuk menghasilkan kualitas akademik lulusan yang diharapkan terus meningkat. Peningkatan lulusan baik secara kualitas maupun kuantitas selain akan berdampak positif dari berkurangnya biaya operasional (finansial) juga berdampak positif bagi image institusi, di mana pasar kerja masih melihat nama perguruan tinggi untuk menilai alumni ketika mereka masuk ke pasar kerja.

Kerangka Pemikiran

       Kerangka Pemikiran dapat disusun suatu Kerangka Konseptual Penelitian ini seperti terlihat pada Gambar 1 berikut ini.    

 Gambar 1 Kerangka Konseptual Penelitian   

Lingkungan Internal Institusi

 

 

1. SDM

2. Keuangan

3. Kualitas Jasa

4. Sistem Administrasi 

5. Strategi Korporasi

Lingkungan Eksternal Institusi

 

Strategi  Pemasaran

 

1. Strategi  Produk

    Pasar

2. Strategi Bauran

    Pemasaran

3. Program Bauran

    Pemasaran

 

 

1.  Jml dan kualitas

     Mhs. Baru

2.  Jumlah dan

     kualitas Alumni

3.  Jml pendaftar,

     kesesuaiannya 

     dengan daya

     tampung dan jml

     yang diterima     

 

 

Kinerja Pemasaran

1. Lingkungan Makro :

    ekonomi, politik,

    sosial-budaya,

    teknologi, globalisasi

2. Lingkungan Persaingan

3. Lingkungan Pasar  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

F. TUJUAN PENELITIAN

      Dengan mengacu pada uraian di latar belakang penelitian dan identifikasi masalah, dapat ditentukan tujuan penelitian ini, yaitu untuk :

1. Mengetahui dan menganalisis secara deskriptif kondisi lingkungan eksternal dan lingkungan internal, strategi dan kinerja pemasaran institusi PTS di Kota Palembang. 

2. Mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor lingkungan eksternal institusi yang terdiri dari: Lingkungan Makro, Lingkungan Persaingan dan Lingkungan Pasar terhadap Strategi Pemasaran PTS di Kota Palembang.

3. Mengetahui dan menganalisis besar pengaruh Strategi Pemasaran institusi terhadap Kinerja Pemasaran.

 

G. KONTRIBUSI PENELITIAN

Kategori Penelitian III (Pengembangan Kelembagaan)

 

H. METODE PENELITIAN

Metode yang Digunakan

        Penelitian ini merupakan aplikasi dari ilmu manajemen, khususnya ilmu manajemen pemasaran jasa serta ilmu manajemen strategik. Penelitian ini mencoba untuk melihat peran lingkungan institusi terhadap strategi pemasaran, peran strategi pemasaran pada kinerja pemasaran institusi. Oleh karena variabel-variabel bebasnya tidak berada di bawah pengendalian langsung peneliti, akan tetapi sudah terjadi, maka penelitian yang sesuai adalah ex post facto. Sementara itu, dilihat dari horison waktu (time horizon) data yang digunakan didominasi dalam bentuk irisan melintang (cross-sectional) bukan dalam bentuk seri waktu (time series).   Bila melihat tujuan penelitian, yaitu melakukan uji hipotesis antara variabel-variabel penelitian dan mendeskripsikan variabel-variabel penelitian tertentu, maka tampak jelas bahwa jenis penelitiannya adalah penelitian verifikatif yang tentunya sudah mencakup penelitian yang bersifat deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang ciri-ciri suatu variabel, sementara penelitian verifikatif merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan-hubungan antara variabel melalui suatu pengujian hipotesis. Oleh karena penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan verifikatif, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory survey.    

Sebagai unit analisis dalam penelitian ini adalah para pejabat PTS yang berwenang yang dianggap mampu memberikan data dan informasi tentang strategi pemasaran serta kinerja pemasaran institusi mereka sesuai dengan kebutuhan penelitian ini melalui survei dengan menggunakan instrumen kuesioner.

Operasionalisasi Variabel dan Sumber Data

Keempat variabel penelitian yang telah didefinisikan dan tercantum pada model penelitian di atas, yaitu variabel Lingkungan Internal Institusi, Lingkungan Eksternal Institusi, Strategi Pemasaran dan Kinerja Pemasaran akan dioperasionalisasikan dan diukur.

Teknik Pengumpulan Data dan Metode Penarikan Sampel

      Penelitian akan dilakukan pada perguruan tinggi swasta yang berada di bawah  Kopertis wilayah II. Sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang akan didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada seluruh institusi yang memenuhi syarat melalui wakil dari manajemen institusi. Selain data primer, juga digunakan data sekunder dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II Palembang, Biro Pusat Statistik, jurnal, majalah, dan surat kabar. Dalam merencanakan pengumpulan data, konsepnya disesuaikan dengan latar belakang penelitian, identifikasi, serta tujuan penelitian yang telah diungkapkan. Jadi,  populasi obyek penelitian ini adalah institusi PTS yang telah diakreditasi oleh BAN-PT. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menyerahkan kuesioner kepada pejabat yang berwenang untuk menjadi koordinator dalam pengisian datanya. Kuesioner disusun berdasarkan hasil operasionalisasi variabel dan pengukurannya.  Metode penarikan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel yang diambil menggunakan model slovin dengan tingkat kesalahan 10% dari  populasi.

 

Rancangan Alat Analisis dan Uji Hipotesis

Statistik Deskriptif

       Untuk memberikan gambaran (deskripsi) mengenai variabel-variabel penelitian, sesuai dengan salah satu dari dua metode yang digunakan, maka metode statistika deskriptif akan dipakai, di antaranya adalah statistik rata-rata, persentase, simpangan baku, maksimum dan minimum (Boediono et. al. 2003). Alat bantu pengolahan datanya menggunakan komputer dengan perangkat lunak SPSS versi 14.0. Selain analisis kuantitatif dengan data dari kuesioner, kajian deskriptif ini juga dilengkapi dengan paparan kualitatif terhadap fakta-fakta yang bermasalah.

I. JADWAL PELAKSANAAN

K  e g i a t a n
   
Agt

Sep

Okt

Nov

Des

 
Studi Kepustakaan Lanjut            
Penyusunan Design Penelitian            
Penyusunan Instrumen            
Pengambilan Data            
Pengolahan Data            
Analisis Data            
Penyusunan Laporan            

 

K. PERKIRAAN BIAYA PENELITIAN

  1. Bahan Habis Pakai (Material Penelitian)                     Rp.   .700.000,-
  2. Biaya Perjalanan                                                           Rp.   1.500.000,-
  3. Biaya Pengeluaran Lain-lain, meliputi :              

° Biaya Pemotretan /Scanning Sampel              Rp.      750.000,-

° Biaya Dokumentasi, Laporan dan seminar       Rp.   .500.000,-

° Fotokopi dan Penjilidan                                              Rp.    950.000,-

° Administrasi, Surat, Komunikasi                                 Rp.      600.000,-

JUMLAH                                                                          Rp.  5.000.000,-

L. DAFTAR PUSTAKA

 

APTISI,2002, Akreditasi Program Studi, Dit. Jend. Dikti, http//www.dikti.org.

   

Boediono, 2003, Statistika (Pengantar Metode Penelitian Ekonomi), Yogyakarta: Penerbit BPFE.

                

Buchari Alma, 1991, Strategi Alternatif Perguruan Tinggi Swasta dalam Menarik calon Mahasiswa: Penelitian Strategi Bauran Pemasaran pada Universitas Swasta di Jawa Bara”, Bandung: IKIP Bandung, Disertasi Doktor, mimeographed. 

 

———-. 2003, Manajemen Strategik Jasa Pendidikan, Bandung: PT. Alfebeta.

       

Fandi Tjiptono, 2000, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi.

 

——–, 2002, Manajemen Jasa, Yogyakarta: Penerbit Andi.

 

Keegan, J. Warren, 2002, Global Marketing Management, 7th edition, Ne Jersey: Prentice-Hall.

 

Kertajaya, Hermawan, Michael Hermawan, Yuswohady, Taufik, 2002, MarkPlus on Strategy, Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

 

Kotler, Philip and Karen F.A. Fox, 1995, Strategic Marketing for Educational Institution, 3rd edition, New Jersey: Prentice-Hall.

 

Kotler, Philip.2000, Marketing Management: Millenium Edition, New York: Prentice Hall Int. Inc.

 

Porter, E. Michael, 1980, Competitive Strategy, New York: The Free Press.

 

Robbins, P. Stephen, 2002, Organizational Behavior, edisi 9, Prentice-Hall International.

 

 

 

 

 

 

 

 

         

BIO DATA

Nama   : Heriyanto., S.E.,M.Si

Alamat : Jl Seruni Buana Gardenia Blok A/ 15  RT/1 RW/1 Bukit lama Palembang

Telpon  : 08127862440

e-mail   : heriyanto@mail.binadarma.ac.id

LATAR BELAKANG TERAHIR PENDIDIKAN FORMAL

Program Pascasarjana Universitas Andalas Padang Ilmu Ekonomi lulus tahun 2000.

Pengalaman Riset TERAKHIR yang Relevan

1. Analisis Strategi Pemasaran Songket di Provinsi Sumatera Selatan, (2005).

2. Analisis Perilaku UMKM di Kota Palembang, (2004).

3. Budaya Nafkah Pedagang Kaki Lima di Kota Palembang, (2003).

4. Penelitian Potensi kawasan/ Hinterlend Kabupaten lahat 2001

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply