Program Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah II tahun 2012

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Bina Darma untuk dapat berkompetisi mengikuti seleksi mahasiswa yang telah mencapai prestasi akademik dan kegiatan ko-ekstrakurikuler, yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah II. Sesuai dengan surat edaran dari Kopertis Wilayah II nomor 1270/K2/KM/2012 tanggal 19 Maret 2012 tentang Program Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tahun 2012.

Adapun kriteria untuk pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2012 ini, Kopertis Wilayah II menetapkan sebagai berikut :

  1. Peserta adalah Mahasiswa Beprestasi Terbaik I tingkat Perguruan Tinggi Swasta yang izin penyelenggaraannya masih berlaku, status terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa program S1/D-IV maksimal semester VIII, dan belum dinyatakan lulus serta berusia tidak lebih dari 24 tahun pada saat pemilihan Tingkat Nasional, yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku.

  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) rata-rata minimal 2,75.

  3. Surat Pengatar dari pimpinan PTS yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang hasil seleksi.

  4. Belum pernah menjadi finalis pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat nasioanl pada tahun sebelumnya.

  5. Aspek Penilaian meliputi prestasi akademik (IPK), karya tulis ilmiah, kegiatan ko dan ekstrakurikuler, kemampuan berbahasa Inggris / Asing dan kepribadian.

  6. Penulisan karya tulis ilmiah mengacu pada Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana dengan tema “Mahasiswa Indonesia Cerdas dan Berkarakter“.

  7. Mengisi formulir Daftar Kegiatan Ko dan Ekstrakurikuler, seperti terlampir.

  8. Berkas dilengkapi dengan: (a). IP Kumulatif, (b). Biodata Mahasiswa, (c). Karya Tulis Ilmiah (4 rangkap), (d). Ringkasan Karya Ilmiah (Bukan Abstrak) dalam bahasa Indonesia dan Inggris / Asing (Perancis / Jerman / Spanyol / Arab / China / Rusia) terdiri dari 500 – 750 kata. (e). Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 4 (empat) lembar.

  9. Seluruh berkas ditujukan ke Panitia Mawapres Kopertis Wilayah II, beralamatkan Jalan Srijaya 883 Km. 5,5 Palembang, diterima paling lambat tanggal 30 April 2012 pukul 16.00 WIB.

  10. Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah II direncanakan awal bulan Mei 2012

  11. Setiap PTS hanya dapat mengirimkan 1 (satu) orang peserta.

  12. Panitia akan menetapkan 3 (tiga) orang Mahasiswa Terbaik Tingkat Kopertis Wilayah II yang akan diikutsertakan pada Pemilihan Mawapres Tingkat Nasional pada bulan Juni 2012.

Bagi mahasiswa Universitas Bina Darma yang berminat dan memiliki prestasi sesuai dengan kriteria diatas, segera mendaftar di Bidang Kemahasiswaan setiap hari kerja. Berkas kalian kami terima paling lambat tanggal 25 April 2012, dan untuk melancarkan pekerjaan kalian disilahkan untuk memilih dosen pembimbingnya sendiri. Demikianlah pemberitahuan ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Kepala Bagian Kemahasiswaan
Universitas Bina Darma

ttd

Ilman Zuhri Yadi, M.M., M.Kom.

Unduh Pedoman Mawapres :
Formulir Pendaftaran Peserta Mawapres tahun 2012.pdf
Panduan Mawapres Universitas-Institut-Sekolah Tinggi tahun 2012.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *