Membuat WordPress anda bisa YM Pingbox

Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.
Yahoo! telah mengumumkan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan .NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006. Per Februari 2009, versi terbaru Yahoo! Messenger untuk Microsoft Windows adalah 9.0.0.2136.
Salah satu terobosan yang diberikan Yahoo adalah Yahoo! Messenger Pingbox dimana orang dapat ber-chat ria secara pribadi dengan pengunjung profil jaringan sosial, blog, atau situs web Anda melalui Yahoo! Messenger. Nah berikut ini akan diajarkan cara-cara untuk membuat YM Pingbox di blog anda, sebagai contohnya kita gunakan WordPress.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Ketikan URL ini di browser anda http://id.messenger.yahoo.com/pingbox, selanjutnya akan tampil di browser anda seperti ini, dan dilanjutkan dengan klik command button Buat Pingbox.
  2. 01-07-2009 8-42-58

  3. Selanjutnya browser anda akan me-loading halaman baru untuk membuat YM Pingbox sesuai dengan kreasi anda. Sebagai contoh pada tema latar belakang dipilih Profesional pada menu drop down. Kemudian nama tampilan diisi dengan nick name anda, misalnya diisikan Ilman, sedangkan pengaturan yang lainnya bisa anda biarkan dalam kondisi default-nya. Apabila sudah yakin dengan tampilan seperti ini, dilanjutkan dengan mengklik command button Simpan. Tampilannya seperti berikut ini :
  4. 01-07-2009 10-17-17

  5. Setelah itu YM akan membawa anda untuk mengisikan ID YM anda. Usahakan untuk urusan ID ini harus sudah ada lebih dulu, dan YM yang digunakan harus versi 9 ke atas. Dimisalkan ID YM-nya adalah tikus_makan_sabun@yahoo.com dan sandinya ********, selanjutnya klik command button Masuk. Maka Yahoo akan mengarahkan ke halaman Pingbox Test siap ditambahkan ke situs web, pilihlah WordPress. Silahkan di copy kode yang akan dikaitkan ke WordPress, pada bagian bawahnya ada petunjuk untuk dikaitkan di WordPress. Tampilannya seperti berikut ini :
  6. 01-07-2009 10-37-08

  7. Setelah itu anda masuk ke login WordPress anda, dilanjutkan dengan meng-klik menu Appearance dan sub-menu Widgets. Apabila pada sidebar-nya belum terpasang Text, maka pada bagian Available Widgets khususnya widgets Text, anda tekan kemudian ditarik dan diletakan pada bagian Sidebar1 seperti gambar dibawah ini. Nah untuk meletakan kode YM Pingbox yang sudah kita copy tadi, anda harus klik menu Text-nya sehingga akan tampil seperti gambar dibawah ini. Pada bagian title anda isikan judul text-nya, dimisalkan Pernak-pernik. Kemudian kode tersebut anda paste-kan dibagian kotak yang kosong dibawahnya. Dilanjutkan di save, kemudian klik close. Tampilannya seperti berikut ini :
  8. 01-07-2009 11-12-23

    01-07-2009 11-13-45

  9. Nah apabila semua langkah diatas telah kita lakukan, langkah selanjutnya adalah kita cek YM Pingbox di WordPress kita. Ketikan URL WordPress anda, misalkan http://blog.binadarma.ac.id/ilmanzuhriyadi. Maka tampilan YM Pingbox sudah ada di WordPress anda.
  10. 01-07-2009 11-15-06

┬áSelamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *