Install Winamp di OS Ubuntu 10.04

Pertama, Anda akan perlu untuk meletakkan beberapa dasar. Anda harus menginstal paket ubuntu-restricted-extras, sehingga Winamp akan dapat memutar MP3 dan file AAC. Anda dapat melakukannya dengan perintah Terminal :

sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Masukkan password Anda untuk mengotentikasi, dan apt-get akan men-download dan menginstal paket ubuntu-restricted-extras untuk Anda. Selanjutnya, Anda harus menginstal aplikasi Wine ke sistem Ubuntu, ini jika aplikasi Wine belum ada di OS Ubuntu kalian. Apabila aplikasi Wine belum ada, maka tulis perintah ini di terminal :

sudo apt-get install wine

Setelah aplikasi Wine terpasang di OS Ubuntu kalian, langkah selanjutnya adalah download file installer Winamp di link berikut ini http://www.winamp.com/media-player/all. Setelah file tersebut selesai di download atau di unduh. Langkah selanjutnya adalah kalian perlu untuk menandai file installer agar dapat dieksekusi oleh Wine untuk menjalankannya. Perintah yang ditulis di terminal adalah :

sudo chmod 755 ~ / Downloads /winamp563_full_emusic-7plus_en-us.exe

(Perhatikan ! nama file sering berubah dikarenakan menyesuaikan versi update dari Winamp, jadi nama filenya disesuaikan dengan nama sebenarnya dari file pada saat anda download)

Setelah perintah selesai, pergi ke folder Downloads Anda, klik kanan pada file installer (atau klik mouse sebelah kanan pada file tersebut) dan pilih “Open With Wine Windows Program Loader”. Program Setup untuk Winamp kemudian akan berjalan. Ikuti petunjuk standar, dan Winamp akan terpasang dalam waktu singkat. Setelah instalasi selesai, kalaian dapat memulai Winamp dengan menuju icon di Aplikasi, Wine, ke Program, Winamp, dan mengklik ikon Winamp.

Selamat mencoba.

Berikut tampilan WinAmp yang berjalan di OS Ubuntu 10.04 :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *