Analisis Forensik pada Platform Android

ANALISIS FORENSIK PADA PLATFORM ANDROID
Ilman Zuhri Yadi, Yesi Novaria Kunang
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma
Jalan Jenderal Ahmad Yani No.3 Plaju Palembang
e-mail: ilmanzuhriyadi@mail.binadarma.ac.id
yesi_kunang@mail.binadarma.ac.id

ABSTRAKS

Teknologi smartphone sangat populer belakangan ini terutama dengan berbagai fitur, fungsi yang sangat mendukung produktivitas. Dengan semakin kompleknya kemampuan yang dimiliki oleh ponsel pintar memberikan tantangan baru di bidang Forensik. Android sebagai salah satu sistem operasi ponsel pintar terkini, muncul sebagai kekuatan yang sangat kompetitif di pasar ponsel pintar. Ponsel Android dapat menyimpan sejumlah besar data yang dapat disimpan baik lokal ataupun remote yang memberikan tantangan bagi analis forensik untuk memperoleh data dan bukti, serta mengumpulkan informasi berharga pada ponsel android. Beberapa tool forensik baik open source dan
closed source tersedia untuk mengekstrak data dari perangkat Android. Tujuan utama dari penelitian adalah untuk mengevaluasi kinerja tool ekstraksi yang mendukung ponsel Android. Dengan menggunakan berbagai literatur di bidang forensik digital dan metode ekstraksi data serta kriteria dan metodologi yang bisa digunakan untuk bisa melakukan evaluasi. Tiga perangkat lunak yang berbeda dievaluasi serta dibandingkan dengan proses ekstraksi manual pada dua perangkat ponsel Android. Data forensik aktual dalam perangkat mobile kemudian diidentifikasi dan dihitung. Kemudian dibandingkan dengan hasil ekstraksi data dari tiga tools forensik android yang diuji serta dievaluasi berdasarkan
kelengkapan data yang bisa dikumpulkan serta fitur masing-masing tool. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran tahapan yang bisa diterapkan di bidang analisis forensik android serta kriteria evaluasi tool yang bisa digunakan sebagai referensi pemilihan tool forensik android.

Kata Kunci: Forensic, Mobile Forensic, Android Platform.

(Tulisan ini telah dipublikasikan pada Konferensi Nasional Ilmu Komputer 2014 (KONIK 2014) Makassar, 05 Desember 2014. Makalah lengkap bisa didownload ANALISIS FORENSIK PADA PLATFORM ANDROID)

Link Terkait :

(* Tulisan juga ada di eprints.binadarma.ac.id. Makalah lengkap bisa didownload ANALISIS FORENSIK PADA PLATFORM ANDROID)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *