Komunitas Open Source di Universitas Bina Darma

Mendengar istilah Open Source dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang berhubungan langsung dengan atmosfir keterbukaan, rasanya sudah hal yang sewajarnya untuk dimasyarakatkan di komunitas kita. Perkembangan dari hari kehari akan ketertarikan terhadap software Open Source ini cukup menggembirakan, terutama untuk dikalangan dosen maupun mahasiswa. Ketertarikan terhadap sebuah piranti lunak yang betul-betul free, bebas untuk di copy maupun untuk didistribusikan, serta layanan dan performa yang ditawarkan dari perangkat lunak tersebut. Tentunya menjadikan daya tarik sendiri untuk layak dipikirkan dan digunakan. Sistem operasi open source yang saat ini ramai digunakan di komunitas ini adalah Ubuntu.

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika,  yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”.

Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli professional. Ubuntu selalu berkembang dari waktu ke waktu. Karena perkembangan itulah, menyebabkan Ubuntu memiliki nomor versi yang berbeda-beda. Perbedaan dari nomor versi Ubuntu adalah didasarkan oleh tahun dan bulan rilis dari masing-masing versi Ubuntu. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama adalah 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari 2 edisi, yaitu edisi Desktop dan Server. Perbedaan mendasar pada keduanya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *