. .

Website Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan dengan Menerapkan Content Management System (CMS)

Kurniawan, S.Kom., M.M.

kurniawan@mail.binadarma.ac.id

Abstract : This research results the website which aim to help the spreading information for the width of relevant possible problem not yet made available of inwrought information system provincially which can be accessed every moment by client of about information and legislation of national land. This development Website applied the Content Management System (CMS) with the Joomla. As for methodologies performed within this research cover the survey, where will be analyzed a development requirement, hereinafter website design, where will be made by device website of inclusive of customize, continued with the development website and its implementation. Information submitted/sent cover the greeting lead on duty, meaning of logo and device, vision and regional mission BPN Office in South Sumatra Province, organization chart, energy, regional work the BPN, program the job BPN, facility, and gallery.

Keyword: CMS, information, website, internet

Abstrak : Penelitian ini menghasilkan website yang bertujuan untuk membantu penyebaran informasi seluas mungkin terhadap permasalahan dimana belum tersedia sistem informasi terpadu di tingkat propinsi yang dapat diakses setiap saat oleh pengguna tentang informasi dan perundangan pertanahan. Pengembangan situs ini menerapkan Content Management System (CMS) dengan Joomla. Adapun metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi survei, dimana akan dianalisa kebutuhan pembangunan, selanjutnya desain website, di mana akan dibuat oleh situs rancangan termasuk menyesuaikan, dilanjutkan dengan situs pengembangan dan implementasinya.  Informasi yang disampaikan meliputi sambutan pimpinan, sambutan, arti logo dan lambang, Visi dan Misi BPN Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan, struktur organisasi, ketenagaan, wilayah kerja kanwil, program kerja BPN, fasilitas, dan gallery.

Kata Kunci : CMS, informasi, website, internet

Download

1. PENDAHULUAN
Peran teknologi internet telah membawa dampak yang cukup besar bagi unit kerja, instansi negeri maupun swasta. Langkah awal munculnya teknologi internet ini membuat segenap instansi untuk membangun website guna penyebaran informasi selain media televisi maupun media masa. Penggunaan website sebagai salah satu media penyebaran informasi sudah sedemikian luasnya dengan faktor biaya yang murah, kemudahan akses dan efisiensi karena dapat diakses dalam waktu 24 jam. Menurut Sudarso (2008) Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Website static adalah website yang bersifat non update dengan pengertian sederhananya adalah website yang isi dan tampilannya tidak diubah-ubah sedangkan website dynamic adalah website yang bersifat user friendly yang bisa juga dikatakan website yang up to date atau website yang dapat diubah-ubah isinya oleh administrator / webmaster kapan saja (Aguk, 2008).
Menurut Aguk (2008) menjelaskan kelebihan dari website sebagai berikut:
1. Sebagai media advertisement tak terbatas yang dapat menampilkan atau mempromosikan jasa layanan dan perdagangan secara keseluruhan.
2. Dapat diakses dari seluruh dunia dimana dengan iklan yang dipasang melalui majalah, surat kabar ataupun brosur hanya dapat di baca/dilihat oleh kawasan tertentu saja.
3. Dapat melakukan transaksi jual beli secara online (langsung) melalui internet.
4. Sistem lebih mudah: cukup sekali untuk mempersiapkan bahan dengan minimum penampilan selama 1 tahun kecuali ada penambahan gambar text (update isi website).
5. Total harga lebih murah : dihitung dengan minimum periode 1 tahun, karena iklan akan terpasang full / nonstop selama 1 tahun.
Badan Pertanahan Nasional (disingkat BPN) Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen di Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pertanahan secara nasional, regional dan sektoral yang memiliki visi terwujudnya pelayanan pertanahan yang prima yang didukung oleh partisipasi masyarakat sumatera selatan. Untuk mendukung visi tersebut BPN Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan berupaya membangun website. Tujuan utama dari pembangunan website ini dimaksudkan untuk lebih mudah penyebaran infomasi seluas mungkin terkait masalah belum tersedianya sistem informasi yang terpadu secara provinsial yang dapat diakses setiap saat oleh pelanggan tentang informasi dan perundang-undangan pertanahan nasional. Dampak dari pembangunan dan instalasi website ini nantinya terhadap proses dan kegiatan administrasi lembaga dapat dilakukan secara otomatis dan terintegrasi melalui jaringan internet yang telah dimiliki serta dapat menyediakan informasi secara instan bagi masyarakat luas terutama kalangan pemerintah dan dunia usaha yang membutuhkan informasi tersebut dengan menerapkan Content Managemen System (disingkat CMS).
Menurut Antonius (2003) CMS dapat diartikan sebagai berikut: “Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penyusun maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster”.
Beberapa macam manfaat yang didapat dari sistem CMS diantaranya sebagai berikut : (Sadat, 2008)
1. Manajemen Data yang dapat mendukung format HTML, XML, PDF dan lain sebagainya karena semua proses berjalan secara otomatis.
2. Web Template yang dapat memberikan acuan ke seluruh isi situs yang telah ditetapkan sehingga tidak dapat diubah-ubah seenaknya.
3. Memisahkan antara desain dan isi yang dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari penggunanya.
4. Format data yang didukung secara variatif dari rss, rdf, xml hingga backend scripting.
5. Membuat Portal (situs komunitas), Forum, Galeri foto, e-Commerce, e-Learning, dan lain-lain.
Sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen dan gambaran model CMS dapat dilihat pada Gambar 1 (Sadat, 2008):
1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA]), dimana elemen CMA ini memperbolehkan si manajer isi yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML, untuk mengatur pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu situs Web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster.
2. Aplikasi pengiriman isi (Content Delivery Application [CDA]), dimana elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si pemilik situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.

model_cms

Gambar 1. Model CMS

CMS yang akan dibangun memiliki beberapa komponen diantaranya Menu Utama, Kategori Halaman, Halaman dan beberapa modul tambahan seperti Berita, Buku Tamu dan Jajak Pendapat. Selain itu tersedia pula keperluan untuk konfigurasi profil dan informasi websie pengguna. Setiap pengguna yang telah memiliki akses login user selain admin akan masuk ke interface user area, di user area pengguna dapat dengan leluasa mengelola database untuk websitenya (Antonius, 2003). Berikut ini merupakan gambar pembentukan CMS.

komponen_cms

Gambar 2. Diagram Komponen Halaman Pembentuk CMS

2. METODOLOGI PENELITIAN
Adapun metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi survey, dimana akan dianalisa kebutuhan pembangunan dan instalasi termasuk kesiapan sumber daya manusia yang akan menjalankan dan memanfaatkan website. Setelah tahap ini selesai, dilanjutkan dengan desain, dimana akan dibuat rancangan website termasuk customize-nya, diteruskan dengan pembangunan website dan implementasinya, yaitu pelaksanaan instalasi dan pelatihan website. Terakhir akan dilakukan updating dan maintenance terhadap data yang ada sebagai sumber dalam penyebaran informasi melalui internet.

2.1 Analisa Kebutuhan Pembangunan
Asumsi dasar tentang kondisi saat ini di lingkungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan yang beralamat di Jalan Kampus Palembang dengan waktu penelitian yaitu bulan Februari sampai dengan Maret 2008 bahwa lokasi sudah ada komputer yang terkoneksi dengan internet. Website yang dibangun adalah berbasis internet atau aplikasi yang dapat diakses melalui jaringan komputer yang berskala besar dari sisi aksesnya yaitu interconnection network (internet). Selain akses yang menggunakan jaringan LAN/WAN, untuk pengaksesan perangkat lunak ini diperlukan sebuah browser seperti keluaran dari Microsoft yaitu Microsoft Internet Explorer (IE) min. versi 5 akan tetapi alangkah lebih baik menggunakan versi selanjutnya. Selain itu juga dapat diakses dengan browser keluaran dari vendor lainnya, misalkan: Netscape Navigator, Mozilla, dan Opera. SDM yang berperan untuk menggunakan website ini minimal harus mengerti tentang internet.

2.2 Rancangan Website (Web Design)
Pembangunan Website BPN Kanwil Propinsi Sumatera Selatan yang diusulkan/dirancang meliputi dua bagian:
a. Frontpage (Halaman Depan)
Adalah halaman yang berada di depan dan bisa lihat serta diakses oleh anggota ataupun masyarakat yang ingin mengetahui tentang BPN Provinsi Sumatera Selatan sebagai pusat informasi pertanahan nasional. Halaman depan website ini terdiri dari beberapa modul, yaitu:
1) Beranda
Berisikan link Peraturan Pertanahan, Berita, Pengumuman, Download, dan Pengelola Situs. Pada bagian berita berisikan informasi yang berhubungan dengan berita seputar kegiatan lembaga, seminar atau yang lainnya. Pada bagian pengumuman berisikan informasi yang berhubungan dengan kegiatan lembaga. Pada bagian Peraturan Pertanahan berisikan tentang berbagai peraturan-peraturan pemerintah. Bagian download berisikan data-data dalam bentuk dokumen, dan arsip. Sedangkan pada bagian pengelola situs berisikan orang-orang yang terkait dalam pembangunan dan pengupdate-an data website.
2) Profil
Berisikan link Sambutan Kepala Dinas yang berisikan informasi tentang pernyataan sikap terhadap website yang dibangun, Visi dan Misi, Sejarah, Fasilitas, Ketenagaan, Struktur Organisasi, Wilayah Kerja BPN, Galery, Program Kerja BPN.

b. Administrator Page (Halaman WebAdmin)
Adalah halaman yang dipergunakan oleh web admin untuk melakukan up dating dan maintenance data meliputi: pemasukan data, penghapusan data, perbaikan data berupa teks dan gambar. Untuk melakukan hal ini administrator harus melakukan login dengan proses seperti Gambar 3 berikut:

diagram_cms

Gambar 3. Diagram Form Login Ke CMS

Adapun sitemap yang dirancang bagi pengguna untuk meningkatkan pelayanan jasa informasi BPN Kanwil Prop. Sumatera Selatan dapat dilihat pada Gambar 4 berikut:

sitemap_bpn

Gambar 4. Rancang Sitemap Website BPN Kanwil Prop. Sumatera Selatan

4. PEMBAHASAN
Adapun hasil dari penelitian ini adalah membangun dan menghasilkan sebuah website Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan dengan nama domain adalah http://ww.bpn-sumsel.org. Berikut tampilan hasil pembangunan website dapat dilihat pada Gambar 5 berikut.

web_bpn

Gambar 5. Tampilan Utama Website BPN Kanwil Prop. Sumatera Selatan

Gambar di atas memiliki 4 frame (bingkai) yang meliputi: Kop gambar BPN Kantor wilayah Propinsi Sumatera Selatan, Menu – sebagai pemanggil (link) ke informasi yang ditujukan bagi pengguna (user), Layar informasi/ content, dan Jejak pendapat. Content dalam menu Beranda disajikan dalam bentuk informasi rubrik, peraturan pertanahan, file berbentuk format .doc/.ppt/.pdf/.xls yang dapat didownload sebagai informasi berbasis document, serta disajikan informasi pengelola situs. Berikut tampilan beberapa Menu Beranda Badan Pertanahan RI Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan.
Sedangkan profil organisasi memberikan informasi tentang sambutan, arti logo dan lambang, Visi dan Misi BPN Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan, struktur organisasi, ketenagaan, wilayah kerja kanwil, program kerja BPN, fasilitas, dan gallery.
Untuk melakukan pengisian data, administrator harus terlebih dahulu memasukan username dan password, Jika benar username dan password akan tampil area admin (lihat Gambar 6 dan Gambar 7).

login_cms

Gambar 6. Login dan Area Administrator

Berikut skema pengisian data yang dilakukan administrator dalam melakukan peng-update-an data sehingga informasi yang ditampilkan dapat melayani pihak-pihak yang membutuhkan data.

skema

Gambar 7. Skema Pengisian Data

5. KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan :
a. Website yang dibangun dengan menerapkan CMS menghasilkan sistem informasi yang terpadu secara provinsial yang dapat diakses setiap saat oleh pelanggan tentang informasi dan perundang-undangan pertanahan nasional.
b. Dampak dari pembangunan dan instalasi website ini dapat menyediakan informasi secara instan bagi masyarakat luas terutama kalangan pemerintah dan dunia usaha yang membutuhkan informasi Peraturan Pertanahan.
c. Pihak yang terkait lebih mudah mendapatkan informasi secara uptodate tanpa harus datang ke lokasi karena informasi yang disampaikan nonstop selama 24 jam.

DAFTAR RUJUKAN

Aguk. 2008. Web Design (Online). http://aguk.indorayaprinting.com/2008/ index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=12. diakses tanggal 24 Mei 2008.

Antonius, Kemas Yunus. 2003. Pengantar Content Management System (CMS). Kuliah Umum Ilmukomputer.com.

Desantara, dkk. 2007. Modul Joomla, Peningkatan Teknologi Informasi (online). www.malangkab.go.id/kabmalang/galeri-ti/Modul%20Tutorial %20CMS%20Joomla.pdf. Diakses tanggal 27 Mei 2008.

Sadat ar Rayyan. 2008. Content Management System (online). http://akhsa. wordpress.com/2008/02/14/content-management-system-cms/. Diakses tanggal 24 Mei 2008.

Sudarso, Yos., 2008. Pengertian dan Unsur-unsurnya (online). http:// webmaster.sman1ciawigebang.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=20. diakses tanggal 20 Mei 2008.

   Send article as PDF   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *