. .

EVALUASI KINERJA HUMAN RESOURCE INFORMATION SYSTEM UNIVERSITAS BINA DARMA MENGGUNAKAN HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY FIT MODEL

1. Pendahuluan

1.1. Latar Belakang

Human Resources Information System (HRIS) adalah program aplikasi komputer yang mengorganisir tatakelola dan tatalaksana manajemen sumber daya manusia di perusahaan guna mendukung proses pengambilan keputusan dengan menyediakan berbagai informasi yang diperlukan. Universitas Bina Darma (UBD) telah mengembangkan Human Resources Information System (HRIS) guna mengorganisir tata kelola dan tata kelola manajemen sumber daya manusia di UBD. Berbagai fasilitas telah di kembangkan di dalam sistem informasi ini antara lain, penyajian informasi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen UBD yang menjadi data untuk menghasilkan nilai kinerja dosen dilingkungan UBD dan fasilitas lainnya. Dengan dibangunnya sistem ini diharapkan informasi tentang sumber daya manusia dapat lebih up to date karena civitas akademika UBD dapat mengentrikan sendiri data-data terbaru tentang kegiatan-kegiatan akademik dan non akademik yang telah dilakukannya.

Karena sistem ini baru dikembangkan, muncul pertanyaan yakni bagaimana tingkat penggunaan pengguna Human Resources Information System (HRIS). Evaluasi terhadap sistem ini dilakukan untuk melihat seberapa jauh sistem berfungsi sistem tidak hanya didukung oleh fungsionalitas yang baik akan tetapi harus mampu memenuhi kebutuhan user. Desain sistem memungkinkan pengguna melakukan tugas yang dibutuhkan dengan lebih mudah. Pada tahapan ini evaluasi yang dilakukan meliputi pengukuran kinerja dari pengguna pada sistem, untuk melihat keefektifan sistem dalam mendukung tugas. Hal ini penting agar investasi mahal terhadap fasilitas teknologi ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak menjadi investasi yang sia-sia. Berdasarkan penelitian terdahulu penyebab terbesar kegagalan penerapan teknologi informasi adalah aspek perilaku penggunanya bukan hanya kualitas teknik dari sistem maupun informasi yang dihasilkan.

Yusof et al. (2006) memberikan suatu kerangka baru yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi sistem informasi yang disebut Human – Organization – Technology (HOT) Fit Model. Komponen-komponen penting pada model evaluasi ini adalah human yang terdiri dari system use dan user satisfaction, organization terdiri dari structure dan environment, technology terdiri dari system quality, information quality dan service quality. Model ini relatif baru dikembangkan sehingga banyak peneliti yang menggunakan model ini untuk mengevaluasi sistem informasi. Pada penelitian ini akan dilakukan evaluasi kinerja Human Resources Information System (HRIS) UBD menggunakan Human Organization Technology Fit Model (HOT-Fit model).

1.2. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara human terhadap kinerja Human Resource Information System (HRIS) UBD ?
  2. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara organization terhadap kinerja Human Resource Information System (HRIS) UBD?
  3. Apakah ada pengaruh yang signifikan antara technology terhadap kinerja Human Resource Information System (HRIS) UBD ?

1.3. Hipotesis Penelitian

Hipotesis atau dugaan awal pada penelitian ini adalah :

  1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara human terhadap kinerja Human Resource Information System (HRIS) UBD.
  2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara organization terhadap kinerja Human Resource Information System (HRIS) UBD.
  3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara technology terhadap kinerja Human Resource Information System (HRIS) UBD.

1.4. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah mengukur keberhasilan penerapan Human Resource Information System (HRIS) yang baru diterapkan di Universitas Bina Darma dengan menggunakan tiga faktor yakni faktor manusia, faktor organisasi dan faktor teknologi.

1.5. Manfaat Penelitian

Dengan tercapainya tujuan penelitian, penelitian ini memberikan kontribusi untuk mengembangkan penerapan Human Resource Information System (HRIS) sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia UBD.

PDF Creator    Send article as PDF   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *