. .

KEAJAIBAN PEMIMPIN WILAYAH MENGEMBANGKAN POTENSI SUMBER DAYA PERUNTUKAN BAGI MASYARAKAT SUMATERA SELATAN

logo1Dikatakan dalam Kompasiana.com bahwa pertumbuhan ekonomi di Bumi Sriwijaya itu terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu empat tahun terakhir dimana laju pertumbuhan ekonomi provinsi ini pada tahun 2009 sebesar 4,1 persen, lalu pada tahun 2010 meningkat menjadi 5,4 persen. Hingga triwulan III tahun 2011 meningkat lagi menjadi 6,1 persen.  Sedangkan dari tingkat kemiskinan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga dikatakan cenderung menurun dapat dilihat pada Grafik.kemiskinan

Pertumbuhan semua ini tidak lepas berkat pemimpin-pemimpin Sumatera Selatan yang baik dengan senantiasa memiliki sikap adil dan menjunjung tinggi kebenaran, menjadi seorang pengayom dan pembela masyarakat, yang pada akhirnya masyarakat merasa aman dan terlindungi. Kehidupan menjadi tenteram dan bahagia. Kebijakan yang dikeluarkan pun tidak akan menjadi kebijakan yang merugikan rakyat. Ketika terjadi konflik antara kepentingan rakyat kecil, maka ia akan lebih memilih untuk membela kepentingan rakyat kecil. Selain itu berpihak dan berorientasi pada kesejahteraan rakyat [1].

Jika kita berbalik arah ke tahun sebelumnya (anggapan dimulai sejak tahun 1998 dimana terjadi rusuh besar-besaran oleh warga), pemimpin di Provinsi Sumatera Selatan mulai berpikir untuk kesejahteraan rakyat dengan membangun pusat pembelanjaan (adanya Palembang Square [PS], Palembang Trade Center [PTC]), membangun lokasi wisata (Benteng Kuto Besak [BKB], Kawasan Kambang Iwak [KI]), membangun area olahraga (GOR Sriwijaya), dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan karena potensi yang ada sangat banyak. Dan semua ini berkat pemimpin wilayah yang demokrasi. Saya akan sebutkan siapa pemimpin-pemimpin tersebut dari tahun kejadian rusuh (1998) hingga sekarang.

rosihan syahrialoesman 100px-Mahyuddin_ns 100px-Alex+Nurdin
H. Rosihan Arsyad Ir. Syahrial Oesman, MM dr H Mahyuddin NS, SpOG H. Alex Noerdin

Dalam hal ini juga selaku penulis mengucapkan Terima Kasih …. Thank You….. 谢谢 (XieXie)…شكرا (Syukron).. Namun permohonan maaf kepada pak Rosihan sebab fotonya yang dicantumkan beda dari pemimpin lain karena di search tidak ditemukan tapi senyummu membuat kami bangga.

Warga Sumatera Selatan mulai menikmati hidup terutama di Kota Palembang. Dan sebagai warga Sumatera Selatan bangga bahwa Sumatera Selatan masih mempunyai potensi alam yang cukup banyak dengan cadangan yang masih belum dikelola dan menuggu kedatangan para investor untuk mengelolahnya.  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui websitenya [2] menjelaskan ada beberapa peluang investasi yang di prioritaskan untuk ditawarkan antara lain :

  1. Minyak Bumi (Potensi minyak bumi di Sumatera Selatan memiliki cadangan sebesar 5.034.082 MSTB Produksi ekploitasi pertamina dan mitranya selama tahun 1998-2002 baru rata-rata 3.718.720 barrel perhari)
  2. Gas Alam (Cadangan gas alam yang ditemukan di kabupaten Lahat, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, dan Musi Rawas hingga mencapai 7.238 BSCF. Produksi ekploitasi pada 4 tahun terakhir rata-rata 2.247.124 MMSCF. Gas alam ini dapat dijadikan bahan pembangkit tenaga listik, pupuk dan produk plastik)
  3. Batubara (Cadangan batubara di Sumatera Selatan 18,13 milyar ton. Lokasi batubara terdapat di kabupaten Muara Enim, Lahat, Musi Banyuasin dan Musi Rawas. Mutu cadangan batubara pada umumnya berjenis lignit dengan kandungan kalori antara 4800-5400 Kcal/kg. Cadangan batubara tersebut baru dikelola PT Bukit Asam dam dan PT Bukit Kendi pada lokasi Kabupaten Muara Enim. ;Sedangkan cadangan sebanyak 13,07 Milyar Ton belum dikelola sama sekali.)
  4. Pembangkit Lenaga Listrik (Daya tampung saat ini 411,975 KW. Saat ini PLN masih defisit ;lebih kurang ;90 Mega Watts. Kebutuhan setiap tahun meningkat. Diprediksi tahu 2012 defisit PLN di Sumatera Selatan akan mencapai 291,91 Mega Watts.)

benteng-kuto-besakDan juga ada kenikmatan tersendiri dimana Benteng Kuto Besak atau disingkat BKB sebagai objek wisata dan menjadi tempat hiburan terbuka yang menjual pesona Musi dan bangunan-bangunan bersejarah. Jika dilihat dari daerah Seberang Ulu atau Jembatan Ampera, pemandangan yang tampak adalah pelataran luas dengan latar belakang deretan pohon palem di halaman Benteng Kuto Besak, dan menara air di Kantor Wali Kota Palembang. Di kala malam hari, suasana akan terasa lebih dramatis dimana cahaya dari deretan lampu-lampu taman menciptakan refleksi warna kuning pada permukaan sungai.

Dari cabang olahraga tak disangka dan tak diduga ada gedung olahraga semewah dan seindah gedung olahraga yang ada di dunia. Gedung ini terkenal sejak Sumatera Selatan mendapat Double Winner dari cabang olah raga Sepakbola (terima kasih pak Syahrial Oesman telah memperkenalkan Sriwijaya dimata provinsi lain), sampai perjuangan pak Alex Noerdin menjadikan GOR Sriwijaya sebagai pusat Lomba antar Asia (Sea Games 2011).

gorHingga dari pencapai Double Winner dan terselenggaranya Sea Games 2011, tempat ini menjadi potensi sumber daya yang sangat digemari warga, dimana warga bisa jogging, senam, menikmati sekitar wilayah, disamping itu juga warga bisa belajar Driver (Sopir mobil he…heh…hehehe…. sebab istri saya juga belajar disana).

Potensi sumber daya lainnya yang menjadi kebanggaan warga Sumatera Selatan terutama Kota Palembang yaitu adanya alat transportasi berstandar Internasional yang dimotori oleh Walikota Palembang (Ir. Eddy Santana, M.T.) yaitu Trans Musi. Kami senang dan bangga semua sudah dipikirkan oleh pemimpin yang punya talenta tinggi. Kalau dulu terbayang kapan kita punya transportasi yang nyaman seperti negara-negara lain… nah sekarang kami bisa menikmatinya.

transmusi2

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa Gubernur Sumatera Selatan bersama Dishubkominfo membangun Sumsel Wifi Free pada tanggal 1 Juni 2012 sebagai peduli masyarakat mengakses internet secara gratis di 14 titik, yakni di Jakabaring Sport City (JSC),halaman kantor gubernur, halaman Dishubkominfo provinsi, Griya Agung, Universitas Bina Darma,  Universitas Sriwijaya, Universitas IAIN Raden Fatah, Kambang Iwak, Taman Simpang Polda, stasiun kereta api,  Palembang Indah Mall (PIM), Palembang Trade Center (PTC), Palembang Square (PS),dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Dengan adanya  ini Warga Palembang dapat memanfaatkan potensi ini sebagai (1) media pengetahuan (knowledge access) yang digunakan siswa dan mahasiswa mencari literatur dalam rangka peningkatan pemahaman belajar secara langsung, (2) social network dimana saya dan teman-teman lain dapat menjalin hubungan silahturahmi sebagai manusia (hablumminannas), (3) berwiraswasta (entrepreneurship)  dengan melakukan transaksi jual beli secara online dengan meningkatkan pendapatan.

Dari potensi di atas, ada harapan-harapan lain selaku warga dari keajaiban pemimpin wilayah pemerintahan Sumatera Selatan terhadap potensi sumber daya yang ada antara lain:

  1. Terciptanya Pusat Pengelolaan Bio-solar di provinsi Sumsel dengan mendidik dan melatih Sumber Daya Manusia yang mampu mengelola dan menciptakan sehingga memberikan peluang kerja bagi warga Sumsel.
  2. Terciptanya Pusat Pembuatan Alat Transportasi (Darat, Laut, Udara) di Provinsi Sumatera Selatan, tidak hanya selaku pemakai namun bisa menjadi produktif.
  3. Terciptanya ICT Terdepan bagi Provinsi lain.
  4. Terciptanya Pusat Pengendalian Kesehatan Masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan yang terukur dari tingkat keberhasilan program kesehatan.

Referensi:

[1]Ajinatha. (2011, November 3). Inilah Ciri-ciri Pemimpin yang Baik. Dipetik Juni 1, 2012, dari Kompasiana Website: http://politik.kompasiana.com/2011/11/03/inilah-ciri-ciri-pemimpin-yang-baik

[2] Admin. (2012, Maret 2). Sumsel Lumbung Energi. Dipetik Juni 1, 2012, dari Pemerintah Sumatera Selatan Website: http://www.sumselprov.go.id/index.php?module=newsgamedetail&id=1

PDF Converter    Send article as PDF   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *