. .

Perancangan dan Pemrograman Internet

Perancangan web (web design) adalah kegiatan untuk merancang halaman web (web page), situs web, Wweb atau aplikasi multimedia untuk Web. Istilah ini umum digunakan karena mencakup bagaimana isi web ditampilkan yang  biasanya dikombinasikan dengan hypertext atau hypermedia) dan selanjutnya dikirimkan ke pengguna akhir (end user) melalui World Wide Web (www), Untuk menggunakan atau menampilkan hasil web ini dibutuhkan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web.

Adapun tujuan dari perancangan web adalah untuk membuat dan membangun website yang terdiri beberapa kumpulan isi web secara online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web (server).  Sebuah website dapat berupa sekumpulan teks, gambar (.jpg, .png, .gif), suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif ataupun statis.

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Bahasa dan database yang digunakan dengan merancang sebuah web dapat dilihat pada point-point berikut:

PDF Freeware    Send article as PDF   

One Response to Perancangan dan Pemrograman Internet

  1. Dunia Internet berkembang sangat pesat mengikuti perkembangan kecepatan komputer.sebagai tempat yang sangat komplek dan sangat membantu kerja manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *