. .

Dampak teknologi dalam kehidupan masyarakat

Teknologi merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita, masyarakat modern makin bergantung pada keberadaan teknologi. Tak hanya dikota, di desapun teknologi bukan hal yang aneh dan jarang ditemui, dari yang usia anak-anak, remaja, bahkan orang yang berusia pun tak ketinggalan berlomba-lomba menikmati kecanggihan teknologi. Tanpa inisiatif yang tinggi untuk menyambut datangnya era informasi ini, maka kita hanya akan menjadi penonton, atau bahkan jadi korban. Namun jika kita mampu berada dan ikut menjadi pelaku di dalamnya, maka kita akan dapat ikut menikmati dan merasakan sisi positif dari era informasi ini. Dan tentu saja hal ini tidaklah mudah, walaupun bukannya tidak mungkin.

Sekarang ini semua sudah serba online, akan sangat mudah melihat dan menerima informasi dari berbagai belahan dunia tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak, dan berbagai  media interaktif yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, yang tentunya lebih spesifik dan beragam, itu artinya keberadaan teknologi merupakan  “supleyr” bagi masyarakat karena kemampuannya dalam memberikan informasi yang up-date dan lengkap. ada satu ungkapan menarik yang sering diungkapkan oleh guru-guru. Yaitu, ungkapan “membaca adalah kunci ilmu, sedangkan gudangnya ilmu adalah buku.” Sepintas ungkapan itu sederhana, namun di dalamnya terkandung makna penting. Namu di zaman era digitalisasi sekarang ini rasanya buku hanya dijadikan bahan pelengkap saja.

Akan tetapi, ternyata teknologi memiliki sisi lain yang sangat berdampak bagi kehidupan, yaitu implikasi dari keberadaan teknologi itu sendiri yang dewasa ini telah merubah banyak hal dalam kehidupan masyarakat. Ketergantungan pada teknologi semakin merajai kehidupan masyarakat kita, rasanya kiamat jika jauh ataw tak memiliki alat canggih yang mampu membuat masyarakat kita benar-benar mendewakannya.

Keberadaan teknologi sadar atau tidak telah memberikan jembatan dan menewaskan jarak, dengan mudah dan cepatnya kita dapat mengetahui dan berinteraksi langsung dengan orang lain yang memiliki jarak yang jauh dengan kita. Kita dipertemukan dengan sekian banyak manusia di berbagai belahan dunia. Kita menjadi kebanjiran informasi yang kadang membuat kita menjadi terbuka bahkan tak dapat menelaah lagi mana informasi yang baik atau yang sebaliknya.

Dampak positif  lainnya adalah teknologi dapat membuat kita bebas berexpresi, menyalurkan bakat sampai berbisnis dan menghasilkan uang. Tanpa sadar juga mau tak mau kita mulai berkenalan dengan bahasa inggris yang menjadi bahasa internasional.

Dampak kemajuan teknologi informasi yang tidak sehat akan berdampak jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan keunggulan dan kemanfaatannya, terutama dikalangan remaja.

Akibat derasnya informasi yang masuk mengakibatkan masyarakat kita khususnya para remaja semakin  sedikit rentang perhatiannya terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, kurang fokus, mengalami kecendrungan perubahan emosi jiwa. Hal yang dengan hanya di klik kita mampu mendapatkan apa saja membuat mental anak dalam dunia nyatanya menjadi cendrunga apa yang mereka inginkan harus terlaksana saat itu juga, akibatnya mereka menjadi kurang tekun dan menghindari hal-hal yang kurang disenangi dan hal-hal yang tidak mereka sukai.

Beberapa kasus yang terjadi akibat dampaknya teknologi benar-benar menjadi PR besar bukan hanya untuk orang tua, pemerintah, guru, masyarakat sekitar, dan kita semua.  Adanya kasus pelecehan sex, narkoba, hamil diluar nikah, kemerosotan prestasi anak, KDRT,perselingkuhan,  bahkan  perceraian pada  rumah tangga.

Dari  beberapa segi positif dan negatif yang ada, bukan berarti kita harus menunda perubahan dikarenakan dampak negatif  yang  mungkin dan pasti terjadi. Tidak ada waktu untuk menunda perubahan itu apalagi menolaknya. Lagi pula perubahan itu tidak hanya dalam satu atau dua fase kehidupan melainkan menyeluruh, bersifat global. Menghadapi perubahan masa depan, perlu antisipasi secara ketat. Antisipasi yang dimaksudkan agar masyarakat masa depan dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Dapat menghindari dampak negatif dari perubahan, bahkan menciptakan perubahan secara konstruktif bagi diri dan lingkungannya. Karena sebagai mahluk Allah yang sempurna di banding mahluk lainnya, mari pertebal iman, pupuk terus rasa empati, dan dapat menelaah terlebih dahulu segala sesuatunya.

   Send article as PDF   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *