. .

Konfigurasi Jaringan Wireless

Untuk melakukan kofigurasi jaringan wireless semua PC yang akan dihubungkan dengan jaringan wireless harus memiliki wireless adapter atau untuk laptop sudah dilengkapi dengan wireless adapter dan diperlukan juga perangkat Access Point. Access Point berfungsi seperti Hub atau Switch pada jaringan kabel, sehingga Access Point akan menjadi pusat dari jaringan Wireless.

Pemasangan Access Point


Pemasangan Acces Point harus ditempatkan di tempat yang benar-benar membutuhkan agar dapat di jangkau oleh client, Acces Point dihubungkan pada Swit/Hub dengan menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ45 dan Acces Point dihubungkan melalui adaptor sebagai sumber tegangan.

Konfigurasi Access Point

Untuk dapat melakukan konfigurasi Access Point dapat menggunakan Web Browser (Internet Explorer, Mozilla Fire Fox, Opera, atau Web browser yang lain). Sebagai contoh Access Point yang digunakan adalah Blue-Link BL-R31N. Lihat Gambar 1.

Gambar 1. Mengakses Access Point

Mengatur Alamat IP Access Point

Untuk mengatur alamat IP Access Point, pilih alamat IP Acces Point yang telah ada dan tertera pada Access Point sebagai contoh IP 192.168.2.254 dan Subnet Mask 255.255.255.0. Jika menginginkan Alamat IP dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan. Lihat Gambar 2.

 

Gambar 2. Alamat IP pada menu Network

Mengatur  konfigurasi Jaringan Wireless

Untuk mengatur konfigurasi Jaringan Wireless pilih menu yang telah disediakan diantaranya terdapat menu SSID, Region, Chanel, Authentication. Isi menu-menu tersebut sesuai dengan kebutuhan. Lihat Gambar 3.

Gambar 3. Tampilan Wlan Setting

Mengatur DHCP Server

Pada bagian ini digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Apabila terpilih DHCP Server protection maka DHCP Server akan dinonaktifkan. Semua PC klien yang terhubung dengan jaringan melalui Access Point harus menggunakan alamat IP Static. Sedangkan apabila terpilih Enable internet access only for PCs allocated by DHCP Server maka DHCP Server akan diaktifkan. Semua PC klien yang terhubung dengan jaringan melalui Access Point dapat menggunakan alamat IP otomatis yang telah disediakan oleh DHCP Server. Lihat Gambar4.

 Gambar 4. Tampilah DHCP Server

Konfigurasi PC Klien

Untuk mengkonfigurasi PC klien pada Windows 7, pastikan perangkat wireless adapter telah dikenali oleh sistem windows 7.

1.   Pilih jaringan yang telah tersedia. Lihat Gambar 5

Gambar 5. Menampilkan jaringan wireless yang tersedia

2.     Akan ditampilkan proses menghubungkan dengan jaringan. Lihat gambar 6.

Gambar 6. Proses menghubungkan dengan jaringan SMK_Utama Bakti

3.   Apabila   proses      telah selesai,   akan    di tampilkan PC Klien telah terhubung dengan jaringan. Lihat gambar 7.

Gambar 7. Terhubung dengan SMK_Utama Bakti

 4.   Untuk memastikan bahwa antara PC Klien telah terhubung dengan jaringan, lakukan cek koneksi antara PC Klien dengan Access Point. Lihat Gambar  8.

Gambar 8. Tampilan cek koneksi apabila terhubung

   Send article as PDF   

One Response to Konfigurasi Jaringan Wireless

  1. Joko says:

    Informasi yang berharga. Terima kasih. Memang untuk melakukan konfigurasi jaringan wireless agak sulit, namun dengan petunjuk ini mudah-mudahan bermanfaat terutama bagi saya pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *