Sebuah Model Simultan untuk Kategori Produk yang Inovatif Difusi Penjualan dan Dinamika Persaingan

Sebuah Model Simultan untuk Kategori Produk yang Inovatif

Difusi Penjualan dan Dinamika Persaingan

Namwoon Kim, Eileen Bridges, Rajendra K. Srivastava

 

Abstrak

Teori Difusi Inovasi telah menjadi fokus dari seluruh penelitian dalam pemasaran, dan keputusan akanmasuk dan keluarnyaperusahaan dalam persaingan pasar telah diselidiki oleh para pemasar, strategis, dan ekonom. Namun, hanya sedikit perhatian yang ditumpahkanterhadap hubungan antara perubahan permintaan dengan perilaku masuk dan keluarnya para pesaing di persaingan pasar.Memahami hubungan ini sangatlah penting dalam membuat komitmen terhadap sumber daya yang ada, seperti pilihan keuntungan tidak hanya tergantung pada ukuran dan pertumbuhan pasar, tetapi juga pada jumlah pesaing yang mungkin ditemui. Hal ini sangat penting dalam berinovasi, di mana perubahan terjadi dengan cepat dan seseorang tidak bisa berasumsi bahwa baik kebutuhan pelanggan atau pesaing yang dihadapi besok akan sama seperti hari ini. Kami secara bersamaanmembentuk modeltentang permintaan dan jumlah pesaing, termasuk hubungan interaktif antara dinamika yang terjadi di pasar, dan secara empiris menyelidiki teknologi intensif tiga pasar-Video Kaset Recorder, Komputer Pribadi, dan Workstation. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa persaingan dan permintaan memberi dampak terhadap keputusan perusahaan untuk tetap berada di persaingan pasar atau keluar dari persaingan pasar, tapi bahwa sifat dampak yang terjadi mungkin akan tergantung pada terjadinya ‘shakeout’ atau tidak pada pasar. Lebih jauh lagi, meningkatnya jumlah pesaing dapat menyebabkan peningkatan penawaran pasar, sehingga menghasilkan ekspansi permintaan.