PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN POLA INTERAKSI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBANG DANGKU

Posted by admin
Nov 23 2012

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN POLA INTERAKSI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBANG DANGKU

  

Oleh : MUHAMAD RIFAI

UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG

rasniel_falesy@yahoo.co.id

  

ABSTRAK

 Pengaruh Kompetensi Guru dan Pola Interaksi Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Rambang Dangku

Tujuan penelitian. 1). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi Guru terhadap  Prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Rambang Dangku. 2). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kompetensi Guru terhadap  Pola Interaksi Pembelajaran. 3). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pola Interaksi Pembelajaran terhadap Prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Rambang Dangku. 4). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tidak langsung Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Rambang Dangku melalui Pola Interaksi Pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan hasil 1) terdapat pengaruh langsung kompetensi guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Rambang Dangku dengan parameter estimasi antara variabel menunjukan hasil nilai signifikan dengan C.R=3.140 dan dengan nilai probabilitas <0.05. 2) terdapat pengaruh langsung kompetensi guru terhadap pola interaksi pembelajaran di SMA Negeri 1Rambang Dangku dengan parameter estimasi antara variabel menunjukan hasil nilai signifikan dengan nilai C.R=9.347 dan dengan nilai probabilitas < 0.005.  3) terdapat pengaruh pola interaksi pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Rambang Dangku, dengan parameter estimasi antara variabel menunjukan hasil nilai signifikan C.R=2.424 dan dengan nilai probabilitas < 0.005. 4) terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar pserta didik di SMA Negeri 1 Rambang Dangku melalui pola interaksi pembelajaran, dengan memprediksi baris pada tabel indirect effect.

 

Kata Kunci : Kompetensi Guru, Pola Interaksi Pembelajaran dan Prestasi belajar

 

 ABSTRACT

The Teacher Competency Influences and the Learning Interaction Pattern against Student Learning Achievement in Senior High School 1 Rambang Dangku.

The purpose of the research 1) To know and analyze the teacher competency effect against student learning achievement in State Senior High School 1 Rambang Dangku 2) To know and analyze the teacher competency effect against the interaction learning pattern 3) To know and analyze the effect of the learning interaction pattern against student learning achievement in Senior High School 1 Rambang Dangku 4) To know and analyze the indirect effect of the teacher competency against student learning achievement in Senior High School 1 Rambang Dangku through learning interaction pattern.

The results from this research are 1) There is direct effect of the teacher competency against student learning achievement in Senior High School 1 Rambang Dangku with the estimation parameter between variable indicates the significance value are C.R = 3.140 and probabilitas value  < 0.05. 2) There is direct effect of the teacher competency against learning interaction pattern in Senior High School 1 Rambang Dangku with the estimation parameter between the variable indicates significance value is C.R = 9.347 and the probability value < 0.0005. 3) There is learning interaction pattern influence against student learning achievement in Senior High School 1 Rambang Dangku, with estimation parameter between variable indicate significance value C.R = 2.424 and probability value < 0.005. 4) there is teacher competency influence against student learning achievement in Senior High School 1 Rambang Dangku through learning interaction pattern, predict the row of the table indirect effect.

 

Keyword : Teacher Competency, Learning Interaction Pattern and Learning Achievement.

Jurnal rifai

 


Trackback URL for this entry