Analisis dan perancangan e-supply chain management ada distribusi karet olahan

Assoc. Prof. Leon Abdillah

Analisis dan perancangan e-supply chain management ada distribusi karet olahan

E. Sudianto, Leon Andretti Abdillah, R. Andryani

Abstrak
Koperasi mupakat jaya adalah salah satu koperasi distribusi karet olahan pada Kota Prabumulih. Seiring dengan perkembangan koperasi kearah yang lebih besar dan kompleks, sistem pengelolaan informasi yang ada di koperasi menjadi salah satu penghambat kelancaran kegiatan pembelian dan penjualan. Pencatatan data yang masih rawan kesalahan serta proses bisnis yang belum terintegrasi dapat menimbulkan kesalahan dalam pendataan barang yang diperlukan dalam produksi. Penimbunan barang, biaya produksi tinggi serta mungkin barang kurang pada saat dibutuhkan. Keseluruhan tersebut mengakibatkan kegiata pemasaran barang yang tidak efektif dan tidak efisiensi. Koperasi mupakat jaya Kota Prabumulih membutuhkan sebuah solusi agar proses antar bagian di dalam perusahaan dapat terintegasi, transaksi dengan pemasok dan konsumen dapat berjalan baik. Dari latar belakang diatas maka peneliti mengambil judul “Analisis dan Perancangan E-Supply Chain Management pada Distribusi Karet Olahan”.

Kata kunci: Analisis dan Perancangan, e-SCM, Distribusi, Koperasi Karet, OOAD.

Citation:

E. Sudianto, L. A. Abdillah, R. Andryani, “Analisis dan perancangan e-supply chain management pada distribusi karet olahan,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (Semnastik) V, Hotel Aryaduta, Palembang, 2013 

References

Abdillah, L. A. & Emigawaty. 2009. Analisis laporan tugas akhir mahasiswa Diploma I dari sudut pandang kaidah karya ilmiah dan penggunaan teknologi informasiJurnal Ilmiah MATRIK, 11, 19-36.

Fathoni, 2006. Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Renika Cipta.

Imam. 2011. Supply Chain Management (SCM), Sekolah Tinggi Manajemen dan Komputer, Yogyakarta.

Indrajit, Richardus Eko dan Djokopranoto.(2003). Konsep Manajemen Supply Chain: Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan Bagi Perusahaan Modern di Indonesia, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Kadir, Abdul, 2002. Analisis dan desain sistem informasi, Andi, Yogyakarta.

Nugroho, Andi. 2004. Rational Rose Untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Octavia, Nancy. 2008. Analisis dan perancangan E-SCM (studi kasus: Pt. Multi Megah Mandiri), Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat lunak. Andi, Yogyakarta.

Ross, David F. (2003). Introduction to e-Supply Chain Management , St.lucie Press, USA.

Rudy, 2008. Analisis dan perancangan e-supply chain management (studi kasus: PT. Prima Rezeki Pertiwi), Universitas Bina Nusantara, Jakarta

Sutabri, Tata, 2004. Analisa Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *