The utilization of social networking as promotion media (Case study: Handicraft business in Palembang)

Assoc. Prof. Leon Abdillah

The utilization of social networking as promotion media (Case study: Handicraft business in Palembang)

Dedi Rianto Rahadi, Leon Andretti Abdillah

Abstrak: Saat ini media sosial (Twitter, Facebook, etc.), tidak hanya sebagai media komunikasi, tapi juga untuk promosi. Media jejaring sosial menawarkan banyak keuntungan bisnis bagi perusahaan dan organisasi. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan model pemanfaatan media jejaring sosial sebagai media promosi untuk usaha kerajinan di kota Palembang.desain penelitian kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menegetahui bisnis kerajinan tangan di Plaembang memanfaatkan jejaring sosial media sebagai media promosi. Hasil penelitian menunjukkan 35% bisnis kerajinan telah memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Media sosial yang digunakan adalah pengembangan blog 15%, facebook 46%, dan twitter dll 39%. Alasa mereka menggunakan media sosial adalah: 1) ongkos yang minimal, 2) mudah dikenali, 3) wilayah distribusi yang global. Media sosial menekankan pada keterlibatan langsung dengan pelanggan lebih baik. Sehingga metode pemasaran dapat lebih personal melalui komunikasi langsung dengan pelanggan.

Recommended Citation:

 D. R. Rahadi and L. A. Abdillah, “The utilization of social networking as promotion media (Case study: Handicraft business in Palembang),” in Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO), Bali, December 2013.

References

[1]  CORREA, T., HINSLEY, A. W. & DE ZUNIGA, H. G. 2010. Who interacts on the Web?: The intersection of users’ personality and social media use. Computers in Human Behavior, 26, 247-253.

[2]  SOCIALBAKER.COM. 2013. March 2013 Social Media Report: Facebook Pages in Indonesia [Online]. Available: http://www.socialbakers.com/blog/1598-march-2013-social-media-report-facebook-pages-in-indonesia [Accessed].

[3]  MCQUAIL, D. 2010. McQuail’s mass communication theory, London, SAGE Publications Limited.

[4]  OWYANG, J., TRAN, C. & WEBBER, A. 2010. The 8 Success Criteria for Facebook Page Marketing. Whitepaper.

[5]  HARRIS, L. & DENNIS, C. 2011. Engaging customers on Facebook: Challenges for e‐retailers. Journal of Consumer Behaviour, 10, 338-346.

[6]  DENNIS, C., MORGAN, A., WRIGHT, L. T. & JAYAWARDHENA, C. 2010. The influences of social e-shopping in enhancing young women’s online shopping behaviour. Journal of Customer Behaviour, 9, 151-174.

[7]  HARRIS, L. & DENNIS, C. 2011. Engaging customers on Facebook: Challenges for e‐retailers. Journal of Consumer Behaviour, 10, 338-346.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *