Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Bidik Misi

Assoc. Prof. Leon Abdillah

Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Bidik Misi

Pesos Umami, Leon Andretti Abdillah, Ilman Zuhri Yadi

Abstracts

Sistem pendukung keputusan (SPK) memiliki banyak terapan yang digunakan dalam membantu mempercepat pengambilan keputusan. Artikel ini akan membahas implementasi SPK untuk pengambilan keputusan pemberian beasiswa bidik misi. Dalam hal pengolahan data-data yang berhubungan dengan beasiswa bidik misi sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh Bidik Misi pada UBD Palembang. Untuk memudahkan seleksi penerima beasiswa bidik isi tersebut maka dibuatlah sebuah sistem pendukung keputuan yang menggunakan metode SAW, serta dikembangkan dengan pendekatan waterfall model. Hasilnya berupa sistem pendukung keputusan yang dapat membantu mengambil keputusan dengan cepat dan sesuai dengan ketentuan beasiswa bidik misi.

Conclusions

  1. Sistem yang dibangun untuk mengolah data pemohon beasiswa menjadi informasi yang dapat digunakan oleh Universitas Bina Darma dalam pengambilan keputusan untuk menentukan penerima beasiswa.
  2. Sistem Penunjang Keputusan yang dibangun ini dapat mempercepat proses penyeleksian beasiswa, karena proses seleksi dilakukan secara otomatis. Dimana mahasiswa mengisi data-data pada formulir pendaftaran sicara online dengan benar dan sesuai dengan ketentuan yang ada selanjutnya data mahasiswa tersebut akan langsung masuk dalam sistem untuk tahap penyeleksian dengan metode FMADM dan SAW sehingga mendapat-kan hasil penerima beasiswa dari hasil proses sistem tersebut.

Recommended Citation:

P. Umami, L. A. Abdillah, I. Z. Yadi, “Sistem penunjang keputusan pemberian beasiswa bidik misi,” in Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI), STMIK Dipanegara Makassar, Sulawesi Selatan, 2014. 

References

[1]    L. A. Abdillah and Emigawaty, “Analisis laporan tugas akhir mahasiswa Diploma I dari sudut pandang kaidah karya ilmiah dan penggunaan teknologi informasi,” Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 11, pp. 19-36, April 2009.

[2]     L. A. Abdillah, “Students learning center strategy based on e-learning and blogs,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SNST) ke-4 Tahun 2013, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang 2013, pp. F.3.15-20.

[3]    U. Supardi, “Arah pendidikan di Indonesia dalam tataran kebijakan dan implementasi,” Jurnal Formatif, vol. 2, pp. 111-121, 2012.

[4]    H. Wibowo, et al., “Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMADM (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia),” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2009, pp. B62-B67.

[5]    F. Antoni, “Analisis IPK Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi IPB dengan Pendekatan Metode CHAID,” 2012.

[6]    I. Arfyanti and E. Purwanto, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kelayakan Kredit Pinjaman pada BRI Unit Segiri Samarinda dengan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (MADM) menggunakan Simple Additive Weighting (SAW),” in Semantik, Semarang, 2012.

[7]    S. A. Baruadi, et al., “Pengaruh bimbingan kelompok teknik permainan simulasi terhadap keterampilan sosial mahasiswa bidik misi di asrama puteri Rusunawa Universitas Negeri Gorontalo,” KIM Fakultas Ilmu Pendidikan, vol. 1, 2013.

[8]    B. Arifin and H. Syahrudin, “Penggunaan beasiswa bidik misi pada mahasisiwa FKIP UNTAN,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2, 2013.

[9]    A. Ariani,  L. A. Abdillah, F. Syakti, “Sistem pendukung keputusan kelayakan TKI ke luar negeri menggunakan FMADM,” Jurnal Sistem Informasi (SISFO), vol. 4, pp. 336-343, September 2013.

[10]  S. Kusumadewi, et al., Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

[11]  R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th ed. New York, US: McGraw-Hill, 2010.

[12]   L. A. Abdillah, “Perancangan basisdata sistem informasi penggajian,” Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 8, pp. 135-152, Agustus 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *