Research Basic Concepts

Assoc. Prof. Leon Abdillah

Research Basic Concepts

Lecturer: Leon Andretti Abdillah
 
 

Berfikir Logis

  • —Proses berpikir yang terjadi pada saat menarik kesimpulan dari pernyataan-pernyataan yang diketahui benar atau dianggap benar biasanya disebut dengan penalaran atau (reasoning).
  • —Proses berpikir logis dan sistematis ini berguna untuk: 1) —membentuk dan mengevaluasi keyakinan kita terhadap suatu pernyataan, 2) —Penalaran juga berguna untuk menentukan secara logis dan objektif apakah suatu pernyataan valid (benar atau salah) sehingga pantas untuk diyakini atau dianut.
  • —Struktur penalaran itu sendiri terdiri atas masukan (input), proses (process) dan keluaran (output).

Logika

—Logika merupakan suatu studi tentang metode-metode dan prinsip-prinsip yang digunakan dalam membedakan penalaran yang tepat dari penalaran yang tidak tepat (Hayon, 2000)——

Logika tidak hanya menyangkut soal pengetahuan, tetapi juga terkait dengan kemampuan dan keterampilan. Yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua penalaran merupakan hasil dari pemikiran namun tidak semua pemikiran adalah penalaran.

Penalaran (Reasoning)

—Penalaran (reasoning, jalan pikiran) adalah suatu proses berpikir yang berusaha menghubung-hubungkan fakta-fakta atau evidansi-evidansi yang diketahui menuju kepada suatu kesimpulan (Keraf, 1994)
—
—Penalaran dibagi menjadi 2:
  1. —Deduktif
  2. Induktif

Metode Penelitian dan Metodologi Penelitian

—Metodologi merupakan suatu formula dalam penerapan penelitian dimana dalam melakukan penelitian tersebut terdapat langkah-langkah dan juga hasil penelitian. Sedangkan metodologi penelitian dalam ilmu komputer/sistem informasi/teknologi informasi merupakan “langkah-langkah/tahapan perencanaan dengan bantuan beberapa metode, teknik, alat (tools) dan dokumentasi dengan tujuan untuk membantu peneliti dalam meminimalkan resiko kegagalan dan menekankan pada proses/sasaran penelitian di bidang CS/IS/IT ” (Maddison, 1985).

References

Abdillah, L. A. (2014). Research Methods.  Retrieved from http://blog.binadarma.ac.id/mleonaa/teaching/research-methods-metode-penelitian/

Hayon, Y. P. (2000). Logika, Prinsip-Prinsip Bernalar Tepat, Lurus, Dan Teratur. Jakarta: ISTN.

Keraf, G. (1994). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *