Daily Archives: October 11, 2013

Pemanfaatan Basis Data

Secara umum, seluruh sistem dalam kehidupan bisa menggunakan konsep basis data dalam pengelolaan informasi, karena semua sistem tersebut tak bisa lepas dari fakta.

Bidang-bidang fungsional yang memanfaatkan basis data dalam hal efisiensi, akurasi dan kecepatan operasi antara lain adalah:

1. Kepegawaian, untuk berbagai perusahaan yang memiliki banyak pegawai

2. Pergudangan (inventory), untuk perusahaan manufaktur (pabrik),  grosir (reseller), apotik dll

3. Akuntansi, untuk berbagai perusahaan

4. Akuntansi, untuk berbagai perusahaan Layanan pelanggan (Customer care),  untuk perusahaan yang berhubungan dengan banyak pelanggan (bank, konsultan dll)

5. Perbankan, dalam melakukan pengelolaan data nasabah, tabungan,    pinjaman, pembuatan laporan akuntansi, pelayanan informasi  pada nasabah dll

6. Pendidikan / sekolah, dalam melakukan pengelolaan data siswa, penjadwalan kegiatan, perkuliahan, nilai dll.

7. Rumah Sakit, dalam melakukan pengelolaan histori penyakit / pengobatan pasien, menangani pembayaran perawatan dll.

8.Telekomunikasi, dalam melakukan pengelolaan data administrasi kabel / data pelanggan, menangani gangguan dll.

 

Klik Slide Pengenalan Basis Data untuk mendownload slide

Komponen Basis Data

Komponen Sistem Basis Data terdiri dari 6 (enam) Komponen , yakni :

1. Hardware

2. Operating System

3. Database

4. DBMS (Database Management System)

5. User ( Pengguna Sistem Basis Data )

6. Optional Software

Definisi Basis Data

PENGERTIAN BASIS DATA

Basis dapat diistilahkan sebagai markas/gudang/wadah atau tempat berkumpul sebuah objek. Diumpamakan “basis tentara” maka dapat dikatakan “markas tentara”, sedangkan basis data dapat dikatakan sebagai gudang data.  Data merupakan representasi dari fakta dunia yang mewakili suatu obyek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.  Misalkan ada 40 siswa mengikuti ujian mata pelajaran matematika, data yang dapat disampaikan adalah berapa jumlah frekuensi dari nilai mata pelajaran tersebut dimana terdapat 10 siswa yang memperoleh nilai 8, siswa yang memperoleh nilai 9 terdapat 23 siswa, sedangkan 7 siswa memperoleh nilai 10.  Dari contoh kasus di atas obyek yang direkam adalah nama siswa (berbentuk huruf), dan nilai siswa (berbentuk angka).

Ada beberapa pengertian Basis Data secara umum ;

  • Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah
  • Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan
  • Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan tertentu
  • Basis Data adalah suatu kumpulan data terhubung (interrelated data) yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, tidak perlu kerangkapan data (controlled redundancy) dengan cara-cara tertentu sehingga mudah untuk digunakan atau ditampilkan kembali, dapat digunakan oleh satu atau lebih program aplikasi secara optimal, data disimpan tanpa mengalami ketergantungan pada program yang akan menggunakannya, data disimpan sedemikian rupa sehingga penambahan, pengambilan dan modifikasi data dapat dilakukan dengan mudah dan terkontrol.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa basis data mempunyai beberapa kriteria yang penting, yaitu :

  1. Bersifat data oriented  dan bukan program oriented.
  2. Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.
  3. Dapat berkembang dengan mudah, baik volumenya maupun strukturnya.
  4. Dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan sistem baru secara mudah.
  5. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.
  6. Kerangkapan data (data redundancy) minimal

 

Sistem Basis Data adalah sekumpulan basis data dengan para pemakai yang menggunakan basis data secara bersama-sama, personel-personel yang merancang dan mengelola basis data, teknik-teknik untuk merancang dan mengelola basis data, serta sistem komputer untuk mendukungnya.