Meluncurnya OS terbaru Microsoft Windows 8 ke pasaran masih membuat pengguna komputer merasa penasaran dan ingin segera beralih ke  sistem operasi yang menjanjikan nuansa modern dan canggih itu. Dengan tampilan yang memang jauh berbeda dengan Windows sebelumnya, Windows 8 memang membuat orang tak sabar untuk segera mencicipinya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum benar-benar memutuskan untuk beralih ke windows 8. Sebab, meskipun menjanjikan kemudahan dan antar muka yang keren, Windows 8 bukan tanpa cacat. Perlu dipahami juga kalau Windows 8 mempunyai syarat minimum perangkat untuk menjalankannya, jangan sampai ketika menginstal OS yang harganya Rp. 600 ribuan ini malah membuat perangkat komputer Anda “ngehang”.

Berikut ini tips yang perlu diperhatikan sebelum beralih ke Windows 8:
Sesuaikan dengan kebutuhan
Jika Anda sudah terbiasa dan sudah nyaman dengan Windows sebelumnya, serta OS windows saat ini sudah mampu untuk memenuhi kebutuhan Anda, maka perlu dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya, sistem Windows 8 terbilang baru, belum banyak software yang mendukung pekerjaan Anda support dengan Windows 8. Namun, jika ingin sekadar merasakan sistem operasi terbaru ini ada baiknya menginstal pada komputer yang bukan untuk bekerja.
Perhatikan spesifikasi perangkat keras Anda
Hal terpenting ketika telah memutuskan untuk melakukan upgrade ke windows 8 adalah lihat spesifikasi komputer yang Ada. jangan sampai Anda memaksakan dengan spesifikasi yang pas-pas an namun tetap menginstal Windows 8. Sebab, bisa jadi hal itu akan mengjhambat kinerja komputer. syarat minimum komputer yang mendukung sistem operasi Windows 8 adalah
  • Prosesor dengan kecepatan 1GHz atau yang lebih cepat.
  • Memori RAM minimal 1GB untuk versi 32-bit dan minimal 2Gb untuk versi 64-bit.
  • Ruang hardisk sebesar 16 GB untuk Windows 8 32-bit atau 20GB untuk Windows 8 64-bit.
  • Kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX 9.
  • Monitor dengan resolusi minimal 1024 x 768 piksel dan dianjurkan 1366 x 768 piksel.
Backup Sistem Operasi Lama
Back up sistem operasi tentunya sangat penting Anda lakukan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. Anda bisa menggunakan software seprti Norton Ghost ataupun CloneZilla dengan sistem image bakup. Ketika Windows 8 gagal terinstal Anda bisa dengan mudah mengembalikan sistem operasi lama dengan file image tersebut.
Lakukan dual-boot Windows 8 dengan Windows lama
Jika Anda ingin mencoba Windows 8 tetapi tidak lantas meninggalkan OS lama karena sudah nyaman ataupun dukungan terhadap pekerjaan kita, dual boot adalah pilihan tepat. Dengan melakukan dual boot, kita bisa mencicipi windows 8 tanpa meninggalkan sistem lama. Dual boot juga bisa digunakan untuk terlebih dahulu mempelajari Windows 8 sebelum menggunakannya secara mutlak.
sumber : www.salingsharing.com

Tags: , , ,

Share |

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>