Seiring dengan maraknya pembicaraan mengenai teknologi Cloud Computing (Komputasi Awan) , maka semakin banyak pula perusahaan-perusahaan yang mengaku mereka menyediakan layanan ini. Padahal pada kenyataannya sebagian dari mereka masih belum sepenuhnya menyediakan layanan ini. Malah ada juga yang hanya menyediakan layanan tradisional VPS tapi mempromosikan diri sebagai penyedia layanan cloud computing. Maka dari itu, akan sangat membingungkan bagi customer untuk mengidentifikasi bahwa provider yang mereka pilih benar-benar menyediakan layanan cloud computing atau bukan.

Berikut adalah 5 karakteristik yang idealnya dimiliki oleh suatu layanan cloud computing :

  1. On-Demand Self-Service
    Idealnya pengguna layanan cloud computing bisa secara swalayan mencukupi kebutuhan mereka sendiri, dan aplikasi yang diinginkan bisa langsung ada saat dibutuhkan. Disini campur tangan provider cloud computing seharusnya sangat minim sekali.
  2. Broad Network Access
    Layanan cloud computing yang baik harus bisa diakses dari manapun, kapanpun, dengan alat apapun, selama kita masih terhubung dengan jaringan layanan tersebut.
  3. Resource Polling
    Tersedia secara terpusat, tersentralisasi. Sebuah layanan cloud computing yang yang baik harus mampu secara efisien membagi sumber daya yang ada, karena layanan ini digunakan oleh berbagai pelanggan secara bersama-sama, sehingga sumber daya yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal.
  4. Rapid Elasticity
    Cloud computing yang baik harus fleksibel dalam menaikkan atau menurunkan kapasitas penggunaan sesuai kebutuhan. Karena memang inilah salah satu kelebihan layanan cloud computing. Customer bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan resource yang dipakai, dan ini akan mempengaruhi cost yang mereka keluarkan.
  5. Measured Service
    Cloud Computing provider harus bisa mengukur kapasitas yang diberikan dalam layanan ini. Misal untuk resource yang ada, hanya bisa digunakan oleh 10 client, maka jika client telah mencapai batas maksimal , resource harus segera ditambah. Jadi layanan yang diberikan harus benar-benar terukur.

Dengan mengetahui karakteristik-karakteristik dari layanan cloud computing tersebut, diharapkan kita tidak terjebak oleh provider abal-abal yang mengaku menyediakan layanan cloud computing.

Sumber: CloudComputer

Tags: ,

Share |

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>