MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT

(Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  Kelas XI Madrasah Aliyah (MA) Miftahul Jannah Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu)

 

Oleh : Rofiqoh

 

Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana

Universitas Bina Darma

Email : Rofiqohchichik@yahoo.Com

ABSTRAK

Rofiqoh, Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament: (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  Kelas XI Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu).

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan ini menggunakan prosedur kerja Kemmis dan Taggart. Setiap siklus mempunyai langkah-langkah sebagai spiral yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi serta revisi. Siswa dikatakan tuntas belajar secara individu apabila telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75, dan tuntas secara klasikal apabila siswa memperoleh nilai ≥75 telah 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Miftahul Jannah Peninjauan Ogan Komering Ulu. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa. Peningkatan rata-rata skor sebesar 68 pada prasiklus, menjadi 71,69 pada siklus I dan 77,85 pada siklus II dan rata-rata 79,4 pada siklus III.

 

Kata Kunci: hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Team Game Tournament

 

ABSTRACT

Rofiqoh, Improving Student Learning Outcomes Through Cooperative Learning Model Study Team Games Tournament: (Studies in Subjects Indonesian Madrasah Aliyah Xi Class Miftahul Jannah directions Ogan Komering Ulu).

 

The purpose of this study is to improve student learning outcomes through cooperative learning type Team Game Tournament in Indonesian Language. This action research using work procedures Kemmis and Taggart. Each cycle has a spiral steps that include planning, action, observation, reflection and revision. Students are said to be thoroughly studied if the individual has reached the minimum completeness criteria (KKM) 75, and finished in the classical style when students get value ≥ 75 was 80%. The results showed that application of the type of cooperative learning Team Game Tournament (TGT) may increase students’ class XI A review of Madrasah Aliyah Miftahul Ogan Komering Ulu Jannah. It is characterized by the increasing value of the average student learning outcomes. Increase in the average score was 68 on prasiklus, to 71.69 in 77.85 in cycle I and cycle II and averaged 79.4 on the third cycle.

 

Keywords: Results of Learning, Cooperative Learning Model, Team Game Tournament

JURNAL ]

Tags:

Share |

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>