PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG

Sy. FATHIMAH

Magister Manajemen Bina Darma Palembang
Sy.Fathimah@gmail.com

 Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dalam perspektif Islam pada Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang.

Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? 2) Apakah terdapat pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang? 3) Apakah terdapat pengaruh Komunikasi dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru pada Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang.

Desain penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang sebanyak 60 orang, 30 orang untuk uji coba instrumen dan 30 orang untuk respoden penelitian. Alat analisa yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian ini di dapat persamaan regresi Y = 0,537 + 0,457 + 0,287.Selanjutnya berdasarkan uji hipotesis didapat: 1) Komunikasi Kerja berpengaruh signifikan dan positif (searah) terhadap Kinerja Guru baik secara parsial maupun simultan. 2) Motivasi Kerja berpengaruh signifikan dan positif (searah) terhadap Kinerja Guru baik secara parsial maupun simultan. 3) Variabilitas variabel Kinerja Guru dijelaskan oleh variabilitas variabel Komunikasi dan Motivasi Kerja sebesar 71,3% sedangkan sisanya 28,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dijelaskan dalam model regresi.

Kata Kunci: Komunikasi, Motivasi, Kinerja dalam perspektif Islam

 [ Journal ]

Tags:

Share |

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>